9 Cara Mendapatkan Backlink Untuk SEO Terbaik [Update 2021]

Cara mendapatkan backlink SEO

Jika anda ingin mendapatkan peringkat teratas di SERP Pencarian Google atau mesin pencari lainnya, maka backlink adalah salah satu faktor utama yang website anda harus miliki. Dan seharusnya, 9 cara mendapatkan backlink terbaik untuk SEO ini, topik menarik untuk Anda.

Pasalnya, backlink ini sendiri merupakan salah satu dari ranking factor yang digunakan oleh Google untuk menentukan halaman website mana yang pantas mendapatkan tempat teratas di SERP nya.

Semakin banyak backlink berkualitas yang dimiliki sebuah website, maka hal tersebut akan meningkatkan peluang website tersebut untuk mendapatkan posisi atas di SERP Google.

Namun masalahnya tidak sesederhana itu..

Seiring dengan update Algoritmanya, saat ini Google dapat dikatakan menjadi cukup ketat dalam menyeleksi dan menilai kualitas algoritma. 

Selayaknya pedang bermata dua. Jika website anda memiliki banyak backlink berkualitas rendah di dalamnya, hal tersebut justru akan memberikan pengaruh buruk pada SEO website anda dan membuat peringkatnya di SERP terjun bebas.

Yang paling buruk, website anda juga dapat saja mendapatkan hukuman dari Google.

Oleh karena itu, mengetahui strategi cara mendapatkan backlink (link building) berkualitas tinggi adalah pengetahuan wajib yang harus diketahui oleh seorang praktisi SEO dan juga webmaster.

Pada ulasan kali ini, saya akan sedikit berbagi ulasan mengenai strategi link building terbaru di tahun 2021 yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan backlink berkualitas ke website anda. Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya.

Strategi Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Saat ini terdapat beberapa strategi link building baru yang populer di kalangan webmaster dan praktisi SEO Profesional di luar negeri. Adapun beberapa strategi tersebut meliputi:

Menjadi Narasumber Untuk Website/Blog Lain

Jika anda ingin mendapatkan peringkat di halaman pertama Google, membangun backlink dari website ber authority tinggi yang relevan dengan niche website anda.

Hal ini memang terdengar sulit, namun sebenarnya dapat dilakukan. Salah satu metode yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan backlink dari situs website ber authority tinggi ini adalah dengan menjadi penyedia informasi bagi mereka.

Anda dapat menjadi narasumber untuk website relevan yang membutuhkan informasi tentang isu tertentu. Sebagai contoh:

Misalnya anda adalah salah satu expert di bidang SEO. Kemudian anda menemukan terdapat website yang membahas tentang SEO membutuhkan suatu opini terkait isu SEO tertentu. Maka anda dapat mencoba menjadi narasumber untuk menyediakan informasi yang mereka butuhkan.

Ketika website tersebut mendapatkan informasi atau opini dari anda, maka kemungkinan besar mereka akan memberikan tautan ke halaman website anda.

Masalahnya, bagaimana cara mencari kesempatan menjadi narasumber ini?

Menggunakan situs HARO

Salah satu cara untuk mendapatkan kesempatan menjadi narasumber ini adalah dengan memanfaatkan situs bernama HARO (Help A Reporter Out). Situs HARO ini dapat dijelaskan sebagai situs yang mempertemukan antara pencari informasi/data dengan narasumber.

Anda dapat mendaftar sebagai narasumber di situs HARO ini dan kemudian menjawab pertanyaan yang relevan dengan niche website anda. Sebagai contoh:

Misalnya anda memiliki website yang membahas mengenai blogging, anda dapat mencoba memberikan jawaban untuk pertanyaan seputar blogging yang ada di situs HARO ini.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan nama website anda ketika anda menjawab pertanyaan di situs ini. Sehingga pencari informasi yang pertanyaannya anda jawab dapat memberikan tautan kepada 

Jika jawaban yang anda berikan sebagai narasumber sekiranya memuaskan, maka pencari informasi akan mencantumkan link website anda, sehingga penanya akan mengetahui link website anda dan juga latar anda sebagai narasumber.

Jika jawaban anda sekiranya dapat memenuhi kebutuhan informasi dari penanya, maka kemungkinan besar bahwa penanya tersebut akan memberikan link ke website anda ketika konten yang memuat jawaban anda dimuat.

Menggunakan Twitter

Alternatif lainnya yang dapat anda gunakan selain memanfaatkan situs HARO adalah dengan menggunakan media sosial twitter. Melalui fitur hashtag yang ada di twitter, anda dapat menggunakan hastag tertentu yang relevan dengan niche website anda untuk menemukan kesempatan menjadi narasumber. 

Dalam hal ini, sama seperti di situs HARO, anda dapat mencoba untuk menjawab pertanyaan seputar niche atau industri yang terkait dengan website anda. 

Jika anda beruntung, anda juga akan menemukan sejumlah brand yang menawarkan kesempatan untuk disebutkan di dalam artikel yang mereka akan buat. Seperti yang sebelumnya sempat saya temukan di twitter.

Menggunakan Quora

Situs Quora juga dapat tempat dimana anda dapat menemukan kesempatan menjadi narasumber. Quora ini sendiri adalah situs tanya jawab (diskusi) yang memuat banyak pertanyaan dengan berbagai topik.

Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa Quora ini menawarkan banyak peluang untuk anda menjadi narasumber dan mendapatkan backlink ke website anda.

Anda dapat memulainya dengan aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan niche website anda. Jika penanya menjadikan jawaban anda sebagai referensi dalam konten yang mereka buat, maka link website anda kemungkinan besar akan dicantumkan di dalam konten mereka.

Dalam hal ini, anda juga harus memastikan menambahkan link halaman website anda di profil akun quora anda. Sehingga ketika anda menjawab pertanyaan, penanya akan dapat mengetahui latar anda sebagai penjawab dan juga link website anda.

Menerbitkan Skyscraper Content 

Pernah mendengar tentang Skyscraper Content?

Skyscraper content adalah salah satu strategi cara mendapatkan backlink yang sangat sering digunakan oleh praktisi SEO hari ini. Strategi link building menggunakan skyscraper ini sendiri memang harus diakui sangat efektif untuk mendatangkan banyak backlink ke suatu website. Sebagai contoh:

Backlinko sempat merilis sebuah konten skyscraper bertajuk SEO Tools: The Complete List, konten ini berhasil menghasilkan lebih dari 13.500 backlink ke halaman konten tersebut. Namun sebenarnya apa skyscraper content ini?

Jika dijelaskan dengan singkat, skyscraper content adalah konten artikel yang memiliki kualitas dibandingkan dengan yang disajikan di peringkat teratas di SERP. Sebagai contoh:

Misalnya, jika anda menelusuri pencarian dengan keyword “cara mendapatkan backlink”. Kemudian pada peringkat teratas di SERP untuk penelusuran tersebut, anda menemukan bahwa konten teratas di SERP tersebut menyajikan 14 cara menghasilkan backlink.

Untuk mengalahkan konten tersebut, anda harus menyajikan konten artikel yang memuat lebih banyak informasi, misalnya seperti 50, 100 atau bahkan 200 cara mendapatkan backlink.

Jika anda membuat konten yang lebih baik dari yang mendapatkan peringkat 1 di SERP Google untul keyword yang anda targetkan, maka konten anda tersebut dapat dikatakan sebagai skyscraper content.

Untuk selengkapnya, berikut checklist cara membuat skyscraper content yang dapat anda jadikan panduan:

Telusuri Konten Yang Berada di Peringkat Atas Untuk Keyword Target 

Checklist pertama yang dapat anda lakukan adalah menelusuri terlebih dahulu konten yang berada di peringkat atas untuk keyword yang anda targetkan. Sebagai contoh:

Misalnya anda menargetkan keyword link building, maka anda dapat menelusuri konten kompetitor anda melalui penelusuran menggunakan keyword tersebut.

Produksi Konten Yang Lebih Baik

Jika anda telah menelusuri dan mengamati kualitas konten kompetitor yang berada di peringkat atas SERP untuk keyword yang anda targetkan, maka checklist selanjutnya yang menjadi pekerjaan rumah anda adalah memproduksi konten yang lebih baik.

Buatlah artikel yang 5 kali atau bahkan 10 kali lebih baik dari pada konten kompetitor anda yang berada di peringkat atas SERP Google untuk keyword target anda.

Jangan lupa untuk mengoptimasi konten anda dengan baik dengan menerapkan keyword, LSI Keyword dan juga menautkan link sumber yang terpercaya. 

Promosikan Konten Anda

Setelah anda memproduksi skyscraper content dan menerbitkannya di website anda. Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah mempromosikan konten anda tersebut di akun media sosial anda seperti di twitter, facebook, twitter, reddit dan lainnya.

Selain itu, anda juga dapat mempromosikan skyscraper content anda melalui email ke subscriber website anda (newsletter).

Membangun Backlink Dari Outdated Resource (The Moving Man Method)

Outdated resource dapat menjadi kesempatan besar untuk anda mendapatkan backlink berkualitas dari website berotoritas tinggi. 

Dalam dunia SEO sendiri, Outdated Resources in sendiri adalah istilah yang diberikan pada situs website yang yang melakukan pergantian nama atau URL dan juga berhenti beroperasi. 

Halaman outdated resource sendiri tentunya memiliki banyak backlink dari sejumlah website yang menjadikannya referensi. 

Anda dapat mencuri backlink dari outdate resource ini dan mengarahkannya ke website anda. Namun bagaimana caranya?.

Sebenarnya cara untuk mendapatkan backlink dari outdate resource ini sangat mirip dengan strategi broken link building. Untuk lebih jelasnya, berikut checklist cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan backlink dari outdated resource.

Menemukan Outdated Resource

Checklist langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mendapatkan backlink dari outdated resource adalah dengan menemukan situs dengan niche relevan dengan website anda yang berstatus:

  • Mengganti nama website
  • Pindah ke URL Baru
  • Tidak lagi menawarkan layanan 
  • Tidak lagi mengupdate resource nya (konten lama)
  • Ditutup (tidak dapat diakses lagi)

Untuk checklist yang satu ini, anda dapat menggunakan Google search operator untuk menemukan daftar situs tersebut. Anda hanya perlu menggunakan beberapa string berikut di pencarian Google:

  • “page no longer exists”
  • “service not available”
  • “this website is no longer updated”
  • “this page is no longer updated”
  • “service no longer available”
  • “no longer available”
  • “website closed”

Telusuri Website Yang Terhubung Dengan Outdated Resource

Setelah mendapatkan halaman outdated resource yang anda targetkan. Selanjutnya, anda dapat membedah informasi website mana saya yang terhubung dengan outdated resource tersebut. 

Dalam hal ini, anda dapat menggunakan tools backlink checker seperti Ahrefs site explorer. Dengan menggunakan tools tersebut, anda akan mendapatkan daftar website relevan yang terhubung dengan outdated resource tersebut.

Mengirimkan Email Pitch

Langkah terakhir, anda dapat mengirim email pitch kepada pihak website yang terhubung dengan outdated resource yang anda dapatkan sebelumnya.

Untuk anda yang belum terlalu familiar dengan istilah pitch ini, pitch ini merujuk pada email penawaran atau permintaan kepada webmaster agar memberikan backlink ke website anda. 

Dalam email pitch tersebut, anda dapat menawarkan halaman di website anda yang sekiranya dapat menggantikan outdated resource kepada para webmaster tersebut. Untuk format email pitch ini, berikut adalah salah satu yang dapat anda jadikan panduan:

Hello, 

Perkenalkan nama saya Dedi Ariko, Author dari Garuda Website.

Hari ini saya sedang mencari beberapa artikel tips SEO di Google dan menemukan artikel di website anda yang berjudul :

(Nama Halaman artikel yang terhubung dengan outdated resource)

(URL halaman artikel yang terhubung dengan outdated resource)

Namun saya menemukan bahwa salah tautan keluar anda untuk anchor text (nama anchor text yang mengarahkan ke outdated resource) mengarah ke halaman artikel yang tidak lagi aktif.

Berikut screenshot dari halaman yang tidak aktif tersebut.

(Gambar screenshot dari outdated resource)

Saya belum lama ini menerbitkan artikel di website saya dengan pembahasan yang sama dengan halaman tidak aktif dimana artikel anda terhubung.

(Judul halaman artikel untuk menggantikan outdated resource)

(URL halaman artikel untuk menggantikan outdated resource)

Siapa tahu halaman konten artikel saya ini dapat anda pertimbangkan sebagai pengganti tautan keluar yang bermasalah sebelumnya.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca email saya ini. Tetap semangat berkarya dan menghasilkan konten informatif.

Terima kasih

Endar Jogja

Menggunakan Format Konten Potensial Untuk Menghasilkan Backlink

Melansir informasi dari sebuah survey yang dilakukan oleh BuzzSumo terhadap 1 juta blog post dan artikel, didapatkan hasil survey yang cukup mengejutkan yakni:

75% konten dari semua konten yang disurvey oleh BuzzSumo tidak menghasilkan backlink sama sekali.

Namun dari survey tersebut, BuzzSumo juga menemukan data sejumlah format konten yang paling potensial dalam menghasilkan trafik kunjungan dan juga backlink. Adapun beberapa format konten tersebut adalah sebagai berikut:

  • List Posts (Artikel listicle)
  • Quizzes (Quiz)
  • “Why” Posts 
  • “How to” Posts
  • Infographics (Infografik)
  • Videos

Jika anda membuat konten untuk website anda, saya menyarankan agar anda menggunakan sejumlah format konten di atas. Sehingga potensi dari konten anda dapat dalam menghasilkan backlink dan traffic kunjungan lebih tinggi.

Menerbitkan Ultimate Guides (Panduan Lengkap)

Menyajikan linkable assets adalah salah satu dasar dari strategi cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi ke website anda. Namun apa saja konten website yang termasuk ke dalam linkable assets?.

Sebenarnya banyak jenis konten yang termasuk ke dalam kategori linkable assets, salah satunya adalah ultimate guides.

Ultimate guides atau yang juga dikenal dengan istilah panduan lengkap dapat diibaratkan sebagai magnet yang dapat menarik banyak traffic kunjungan dan juga backlink.

Sebagai contoh, backlinko sempat menerbitkan sebuah konten ultimate guides to link building di websitenya dan berhasil mendapatkan 6624 backlink ke halaman konten tersebut.

Jika dijelaskan dalam bahasa yang sederhana, ultimate guides ini sendiri dapat dikatakan sebagai konten artikel lengkap yang memuat banyak pembahasan dari suatu topik di dalamnya. 

Dari Ultimate Guides to Link Building yang saya lampirkan sebelumnya, anda tentunya menemukan bahwa konten tersebut tidak hanya membahas satu topik saja di dalamnya, melainkan beragam pembahasan yang terkait topik utama.

Jika anda ingin menyajikan konten ultimate guides ini di website anda, berikut ini terdapat beberapa checklist yang dapat anda jadikan panduan:

Tentukan Topik Yang Akan Diangkat di Ultimate Guides

Checklist pertama yang dapat anda lakukan untuk membuat konten ultimate guide adalah menentukan topik yang akan anda bahas. 

Dalam hal ini, anda tidak perlu memilih topik yang belum pernah dibahas sebelumnya. Yang perlu anda lakukan adalah memilih topik populer, namun menyajikannya dengan lengkap atau lebih baik dibandingkan yang ada di pencarian Google (sama dengan konsep Skyscraper). Sebagai contoh: 

Misalnya anda ingin membuat ultimate guide mengenai link building, maka anda harus membuat konten ultimate guide yang menyajikan informasi lebih banyak dan detail mengenai yang disajikan di SERP Google.

Jika anda ingin, konten ultimate guide anda lebih potensial untuk mendapatkan peringkat atas di SERP Google, saya sendiri menyarankan anda untuk memilih topik populer, namun belum ada atau banyak website yang menjadikannya topik untuk ultimate. Sebagai contoh:

Jika anda mencari topik mengenai link building di Google, maka anda akan menemukan cukup banyak website yang telah mengcover topik ini menjadi ultimate guide. 

Namun jika anda mencari topik tentang Wikipedia link building, anda dapat melihat bahwa saat ini belum ada website berbahasa Indonesia yang membahas tentang topik ini. Anda dapat menjadikan topik ini menjadi topik yang anda cover di konten ultimate guide anda.

HBEBhC8ZA pBorX20MJnZoWGXPxV j3BAxOXM6yJ3OsMx7CquRWq044Ai3Aa3cSN2OLbOn4HCXpQA0TYomCZto abKMZVGYcIQxX aKGUcKcD4AklF84L EAj9iQqQ

Tentukan Poin-Poin Yang Akan Dibahas 

Setelah anda menemukan topik yang tepat untuk anda bahas, maka checklist selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menentukan poin-poin apa yang anda akan sajikan di konten ultimate guide anda. Sebagai contoh:

Misalnya, anda mengambil topik tentang wikipedia link building, maka anda dapat menemukan sejumlah poin penting dari topik ini seperti:

  • Apa Itu Wikipedia Link Building?
  • Mengapa Harus Menerapkan Wikipedia Link Building
  • Cara Menerapkan Wikipedia Link Building
  • Tips Dari Praktisi SEO
  • Dll.

Dengan merumuskan poin-poin yang akan dibahas ini, maka anda akan membuat struktur konten ultimate guide anda menjadi lebih jelas.

Mulai Penulisan Ultimate Guides

Jika anda telah menentukan topik dan juga menyusun pembahasan apa yang akan anda uraikan di dalam ultimate guides anda nantinya, maka anda dapat mulai menulis ultimate guides anda.

Sajikan infomasi yang anda ketahui mengenai topik yang anda angkat di ultimate guides anda. Selain itu, gunakanlah bahasa yang sederhana, sehingga pembahasan yang anda sampaikan dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca ultimate guide anda.

Memanfaatkan Branded Strategies 

Memanfaatkan branded strategies juga merupakan salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang dapat anda gunakan. Namun apa maksud dari memanfaatkan branded strategies ini?.

Anda masih ingat skyscraper content dan juga The moving man method yang saya sebutkan sebelumnya. Skyscraper content dan the moving man method ini dapat dijadikan contoh dari penerapan cara memanfaatkan branded strategies pada poin ini.

Anda mungkin tidak mengetahui bahwa The Moving Man Method dan Skyscraper Content ini adalah strategi cara mendapatkan backlink yang dikembangkan oleh Brian Dean, founder dari backlinko.  Berkat strategi SEO yang dibagikannya, website backlinko mendapatkan massive traffic dan juga backlink ke halaman websitenya.

Untuk dapat menerapkan strategi cara mendapatkan backlink berkualitas yang satu ini. Anda dapat mengikuti beberapa checklist berikut:

Berikan Strategi, Taktik atau Tip Unik 

Checklist pertama yang harus anda lakukan adalah menyediakan taktik atau strategi unik terkait dengan industri website anda. Strategi tersebut harus dapat memberikan manfaat kepada audiens website. Sebagai contoh:

Misalnya, anda memiliki website mengenai properti dan anda memiliki strategi pribadi yang dapat membantu menghasilkan profit dari investasi real estate. Maka dalam hal ini, anda telah dapat memiliki strategi unik yang dapat anda bagikan kepada audiens website anda.

Berikan Nama Yang Memorable

Untuk membantu strategi yang anda bagikan mudah diingat dan dapat digunakan untuk branding website/brand anda, maka anda perlu memberikan nama yang memorable alias mudah diingat. 

Anda dapat membuat nama yang unik untuk strategi anda berdasarkan pada perbedaan strategi anda dengan strategi lain di bidang industri yang sama dengan anda. The Moving Man Method adalah salah satu contoh baik dari penamaan method yang dapat anda jadikan acuan.

Jika anda membandingkan the moving man method dengan broken link building, kedua strategi link building ini memiliki kesamaan yakni mencoba mendapatkan backlink dari halaman website yang tidak aktif lagi.

Namun keduanya memiliki perbedaan dari segi target halaman websitenya, dimana broken link building memanfaatkan halaman website yang rusak atau benar-benar mati (error 404). Sedangkan strategi link building yang dikembangkan oleh Dean adalah memanfaatkan halaman website yang tidak sepenuhnya rusak, namun berstatus outdated atau pindah (pergantian nama domain).

Hal tersebut menjadi dasar dari penamaan the moving man method yang banyak dikenal hingga saat ini.

Dalam penamaan strategi atau teknik yang akan anda bagikan, pertimbagkan untuk menggunakan sejumlah elemen nama berikut ini:

  • Method
  • Technique
  • Blueprint
  • Approach
  • System

Terbitkan Strategi Tersebut Sebagai Postingan

Setelah anda melakukan dua checklist yang saya sebutkan di atas, checklist terakhir yang harus anda lakukan menerbitkan informasi mengenai strategi anda sebagai postingan blog. Dalam hal ini, saya menyarankan anda menerbitkan strategi anda dalam bentuk case study.

Mengapa case study?

Hal tersebut saya sarankan untuk membuat informasi strategi yang anda bagikan terlihat lebih profesional. Dikarenakan artikel case study bukan hanya tentang menyajikan informasi, namun juga harus dilengkapi dengan bukti.

Oleh karena itu, ketika anda menerbitkan strategi ini dalam bentuk postingan blog, pastikan anda menampilkan data atau bukti yang menunjukkan bahwa strategi anda memberikan hasil yang efektif.

Rumus singkatnya yang harus anda ingat adalah :

Branded Strategy + Proof (Bukti) = Linkable Asset  

Manfaatkan Authority Resource Pages

Mendapatkan tautan dari authority resource pages (halaman website berotoritas tinggi) dapat dikatakan sebagai mimpi dari hampir semua praktisi SEO. Hal tersebut wajar, dikarenakan backlink dari authority resource pages termasuk ke dalam kategori backlink berkualitas yang dapat mendongkrak peringkat anda di halaman SERP Google.

Masalahnya, tidak banyak praktisi SEO dalam negeri yang mengetahui dengan baik mengenai cara mendapatkan backlink dari authority resource pages ini. Sehingga, anda mungkin tidak akan menemukan ulasan dalam berbahasa Indonesia yang menjelaskan hal ini.

Untuk mendapatkan backlink dari authority resource pages ini sebenarnya bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa checklist berikut:

Menemukan Authority Resource Pages

Checklist pertama yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan backlink dari authority resource pages adalah menemukan Authority resource pages dimana halaman website anda dapat di list di dalamnya. 

Untuk menemukan authority resource pages yang dapat anda jadikan sumber backlink ini, anda dapat menggunakan google search operator sebagai tool untuk mencarinya.

Anda hanya perlu menggunakan string penelusuran berikut pada mesin pencari Google:

  • “useful resources” (keyword)
  • Keyword + “resources”
  • Keyword + “useful resources”
  • Keyword + “helpful resources
  • Keyword + “links”
  • Keyword + “useful links”
  • Keyword + “helpful links”

Sebagai contoh:

Misalnya anda menerbitkan sebuah artikel tentang diet keto dan mencari authority resource pages yang potensial untuk mencantumkan link halaman artikel anda di dalamnya. Maka anda dapat menggunakan salah satu string di atas, misalnya:

Diet Keto + “resources”

Diet Keto + “links” 

Dan lainnya.

Google akan langsung menampilkan daftar resource pages di halaman SERP nya yang berkaitan dengan keyword yang anda gunakan dalam string penelusuran sebelumnya.

QU9

Mengirimkan Email Pitch Untuk Mendapatkan Link

Setelah anda mendapatkan authority resource pages yang anda targetkan, anda dapat melanjutkannya dengan mengirimkan email pitch pada webmaster dari halaman website. Tentu saja, isi email pitch tersebut adalah meminta agar link halaman website anda dilampirkan pada konten yang ada di website tersebut.

Seperti sebelumnya, anda dapat membuat email pitch profesional terbaik versi anda untuk mendapatkan perhatian dari webmaster yang anda jangkau. 

Mengubah Brand Mentions Menjadi Backlink

Jika anda memiliki konten cukup besar atau memiliki konten yang berada di halaman 1 SERP, kemungkinan terdapat sejumlah website lain menyebutkan nama website/brand anda, namun tidak memberikan link ke website anda (unlinked mention). 

Anda dapat mengubah unlinked mentions ini menjadi backlink gratis ke website anda. Namun Bagaimana caranya?

Berikut checklist cara untuk mengubah brand mention menjadi backlink yang dapat anda coba:

Menelusuri Brand Mentions

Langkah pertama yang harus anda lakukan pertama kali adalah menemukan website yang melakukan brand mentions ini. Untuk bagian ini, anda dapat menggunakan SEO tools seperti Moz dan Ahrefs untuk membantu anda.

Keduanya memiliki fitur untuk mengidentifikasi penyebutan dan backlink ke website anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tools online seperti mention.com yang memiliki fungsi serupa.

Setelah mendapatkan data website mana saya yang melakukan brand mention, anda dapat menyimpan data tersebut untuk dihubungi via email nantinya.

Mengirimkan Email Pitch ke Website Yang Melakukan Unlinked Mention

Untuk mengubah unlinked mention menjadi backlink, anda dapat mencoba mengirimkan pitch ke website yang melakukan unlinked mention ini. 

Anda dapat mencoba mengirimkan email pitch ini kepada website yang menyebut nama brand/website anda di kontennya. Berikut contoh format Email Pitch yang mungkin dapat anda jadikan panduan.

Hello

Pak Dedy

Perkenalkan nama saya endar, saya adalah author dari website “konten endar julian”. Saya adalah salah satu pembaca dari blog anda. 

Sebelumnya saya menemukan salah satu konten anda yang bertajuk “cara membuat artikel SEO Friendly” menyebutkan nama website saya di dalamnya sebagai referensi. Namun saya juga menyadari bahwa anda belum menautkan link website saya di dalamnya.

Melalui email ini, saya mengajukan permintaan agar anda berkenan untuk mencantumkan link website saya pada nama website saya yang anda sebutkan di dalam konten anda, sehingga pembaca anda dapat mengakses referensi dari konten anda.

Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca email ini.

Hormat Saya

Endar Julian 

Sejumlah paragraf di atas adalah contoh dari email pitch sederhana yang mungkin anda dapat jadikan panduan. Akan lebih baik lagi jika anda dapat membuat email pitch yang jauh lebih baik dari yang saya berikan di atas.

Melakukan Follow Up Jika Tidak Direspon

Ketika mengirimkan Email, anda mungkin akan mendapati banyak website yang tidak memberikan feedback atas  email pitch yang anda berikan. Jika anda mengalami hal ini, jangan berputus asa. 

Jauh sebelum anda, banyak praktisi SEO professional yang mengalami hal tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan follow up kembali kepada webmaster yang sekiranya belum memberikan feedback terhadap email pitch anda.

Kirimkan email follow up untuk mengingatkan kembali agar memberikan link ke website anda. Untuk membuat follow up lebih menarik, anda dapat menawarkan beberapa penawaran menarik seperti memberikan artikel guest blogging untuk mereka, melakukan kolaborasi dan lainnya.

Mengirimkan Feeler Email

Apakah anda pernah mendengar istilah Feeler email?.

Istilah ini memang cukup jarang digunakan di kalangan praktisi SEO dalam negeri, namun istilah ini cukup umum di kalangan praktisi SEO profesional luar negeri.

Jika harus dijelaskan dengan bahasa sederhana, Feeler email ini adalah pesan email yang dikirimkan kepada webmaster website lain dengan tujuan mendapatkan backlink, namun tanpa harus meminta.

Mendapatkan backlink tanpa harus meminta? Apakah hal tersebut mungkin?.

Beberapa dari anda mungkin memiliki pertanyaan serupa dengan apa yang sebutkan di atas. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tentu saja mungkin, asalkan anda mengetahui caranya.

Format Feeler Email

Sama halnya dengan pitch (pesan email yang secara terbuka meminta backlink), Feeler email ini memiliki format tersendiri yang dapat meningkatkan kemungkinan penerima pesan untuk terhubung dengan website anda (memberikan backlink).

Dalam feeler email ini, umumnya anda dapat memulainya dengan memuji konten yang diterbitkan oleh webmaster dari website yang anda targetkan. Selanjutnya, anda dapat meminta saran kepada mereka mengenai konten di website anda. Pilihan lainnya, anda dapat menawarkan konten menarik yang ada di website anda.

Namun dalam bagian ini, anda jangan langsung memberikan link halaman website anda, melainkan menunggu persetujuan dari penerima feeler email terlebih dahulu. 

Contoh Feeler Email 

Sebagai contoh:

Misalnya, anda memiliki website A yang membahas tentang SEO. Kemudian anda ingin mendapatkan backlink dari sebuah website B yang juga membahas mengenai SEO. Maka anda dapat mencoba mengirimkan feeler email sebagai berikut:

Hello,.

Pak Dedi Ariko

Saya adalah salah satu pembaca setia blog anda. Saya sangat menyukai artikel terbaru anda mengenai strategi link building “The Moving Man Method”. That’s really good article! Nice work.

Saya juga sempat membuat konten infographic di blog saya tentang metode singkat menerapkan The Moving Man Method ini. Saya mengirimkan email ini karena saya berpikir bahwa anda mungkin tertarik dengan infographic yang saya buat tersebut.

Saya akan sangat senang jika sekiranya anda dapat memberikan opini terhadap konten infographic saya tersebut.

Jika sekiranya anda tertarik, saya harap anda dapat meluangkan waktu untuk membalas email saya ini. 

Dan kemudian saya dapat memberikan anda link konten infographic saya tersebut. 

Atas waktunya membaca email ini, saya mengucapkan terima kasih. 

Saya harap anda dapat terus menyajikan konten menarik dan informatif di website anda!

Pembaca blog anda

Endar Julian

Memberikan Email Balasan 

Jika anda telah mendapatkan feedback untuk feeler email yang anda kirimkan dan kemudian target anda tertarik dengan konten yang anda tawarkan. Maka anda dapat mengirimkan email balasan yang memuat link konten yang anda tawarkan sebelumnya. Sebagai contoh:

Hello.. 

Pak Dedi Ariko

Terima kasih, Pak Dedi Ariko atas kesediaannya memberikan opini atas konten infographic saya. Berikut link dari konten infographic saya:

(link konten)

Saya akan sangat senang menerima masukan dari anda terkait dengan konten infographic saya. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca email ini.

Pembaca Blog Anda

Endar Julian

Catatan Penting Sebelum Mengirim Feeler Email

Selain menggunakan format dan bahasa yang tepat pada saat mengirim feeler email ini, poin penting yang harus anda catat adalah memastikan konten yang anda sarankan kepada target anda adalah konten berkualitas tinggi.

Hal ini penting untuk menciptakan kemungkinan target anda tertarik untuk terhubung dengan konten anda tersebut.

Jika konten anda kurang berkualitas, strategi memanfaatkan feeler email ini akan menjadi sia-sia. Poinnya, hal ini akan kembali lagi  kepada kualitas konten yang anda sajikan di website anda.

Rangkuman Pembahasan

Dari ulasan cukup panjang yang saya uraikan di atas, berikut ini ringkasan penting dari artikel yang sekiranya akan bermanfaat jika anda catat.

Manfaat Backlink

  • Membantu mendapatkan peringkat tinggi di SERP
  • Mendatangkan traffic kunjungan ke website

Strategi Link Building Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

  • Menjadi Narasumber Untuk Website/Blog Lain
  • Menerbitkan Skyscraper Content 
  • Membangun Backlink Dari Outdated Resource (The Moving Method)
  • Menggunakan Format Konten Potensial Untuk Menghasilkan Backlink
  • Menerbitkan Ultimate Guides (panduan lengkap)
  • Memanfaatkan Branded Strategies 
  • Manfaatkan Authority Resource Pages
  • Mengubah Brand Mentions Menjadi Backlink
  • Mengirimkan Feeler Email

Tools Yang Diperlukan

  • HARO (Help A Reporter Out)
  • Ahrefs 
  • Media sosial

Kesimpulan 

Backlink adalah salah satu faktor SEO yang sangat penting untuk mengukuhkan peringkat suatu website di halaman 1 SERP.  Saat ini sendiri, seiring dengan berkembangnya algoritma Google, terjadi banyak perubahan dalam cara pembangunan backlink ini.

Beberapa strategi link building lama mungkin telah tidak relevan lagi…

Namun semakin banyak strategi link building baru yang jauh lebih potensial bermunculan.

Oleh karena itu, selalu mengupdate informasi mengenai strategi cara mendapatkan backlink berkualitas adalah hal yang disarankan untuk dilakukan oleh para webmaster dan juga praktisi SEO.

Itulah beberapa strategi terbaru cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi yang telah saya rangkum untuk anda. Semoga ulasan ini dapat meningkatkan wawasan anda mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas dan juga membantu mengoptimalkan peringkat website anda di SERP.

Jangan lupa untuk selalu update informasi terbaru seputar dunia SEO dari saya dengan mengikuti blog ini. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top