SEO Skyscraper: Strategi Super Untuk Membangun Backlink dari Backlinko

SEO Skyscraper

Dari dulu, tautan  masih menjadi ranking factor nomor paling penting yang digunakan oleh Google untuk menentukan, halaman website mana yang layak mendapatkan tempat di halaman pertama SERP nya. Hal tersebut belum berubah sejak lama, bahkan hingga hari ini.

Fakta tersebutlah yang membuat SEO Link building atau strategi cara mendapatkan backlink menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami oleh seorang webmaster dan praktisi SEO.

Terkait dengan strategi link building, saat ini terdapat cukup banyak pilihan strategi yang dapat digunakan. Salah satu yang sangat populer dan diklaim sangat efektif untuk generated link (menghasilkan tautan) ke sebuah website adalah strategi link building bernama “SEO skyscraper”. 

Strategi link building ini diperkenalkan oleh Brian Dean, founder dari salah satu situs SEO ternama “backlinko”. Ini dapat dikatakan teknik yang bagus, ketimbang cara-cara standar dalam cara mendapat tautan

Namun apa sebenarnya strategi SEO Skyscraper ini dan bagaimana cara untuk menerapkanya?.

Pada ulasan kali ini, saya akan sedikit berbagi informasi kepada anda mengenai strategi link building populer yang satu ini. Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya yang telah saya rangkum untuk anda.

Apa itu SEO Skyscraper?

SEO Skyscraper adalah strategi link building yang diperkenalkan oleh Brian Dean, founder backlinko. Strategi link building ini memiliki konsep yang sederhana untuk diterapkan, yakni menghadirkan halaman konten yang 5x atau bahkan 10x lebih baik dibandingkan yang ditawarkan oleh website kompetitor.

Mengapa Harus Menggunakan SEO Skyscraper?

Jika anda mempertanyakan mengapa strategi “Skyscraper SEO” ini sangat disarankan untuk diterapkan. Maka tentunya jawaban tersebut terkait dengan potensi yang ditawarkan oleh strategi link building ini sendiri.

Dibandingkan dengan strategi link building lainnya seperti broken link building, Public relations atau The Moving Man Method, strategi Skyscraper dapat  dikatakan tidak terbatas pada suatu kemungkinan atau kesempatan (opportunities).

Sebagai contoh, potensi The Broken link building sangat bergantung dengan adanya broken link dari website kompetitor. Sedangkan potensi dari The Moving Man Method sangat bergantung keberadaan website relevan yang melakukan rebranding atau pindah URL.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa konsep utama dari strategi Skyscraper ini adalah membuat konten yang lebih baik dari kompetitor anda. Sehingga pada dasarnya, website anda melakukan persaingan yang fair dengan halaman konten lainnya. 

Sehingga tidak terdapat batasan kesempatan (opportunities) ketika anda menerapkan strategi Skyscraper ini.

Cara Menerapkan Strategi SEO Skyscraper

Untuk menerapkan strategi SEO Skyscraper ini, pada dasarnya terdapat beberapa checklist pekerjaan yang perlu anda lakukan. Adapun beberapa checklist pekerjaan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Mencari Konten Relevan Yang Link-Worthy

Untuk menerapkan strategi skyscraper ini, checklist pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan konten relevan yang link-worthy (layak untuk mendapatkan tautan). Carilah konten yang relevan dengan niche website anda dan menghasilkan banyak tautan.

Untuk menemukan konten relevan dengan banyak tautan ini, terdapat 2 cara yang dapat anda gunakan.

Menelusuri Keyword Relevan Dengan Niche Website Anda

Cara paling mudah yang dapat anda gunakan untuk menemukan konten relevan yang akan anda jadikan acuan untuk pembuatan skyscraper content anda adalah dengan memanfaatkan penelusuran Google.

Untuk bagian ini, yang perlu anda lakukan adalah menelusuri keyword yang anda ingin kembangkan menjadi sebuah halaman konten. Selanjutnya anda dapat menelusuri konten yang disajikan oleh website kompetitor anda di halaman pertama SERP untuk penelusuran keyword anda. 

Halaman konten yang bertengger di halaman pertama SERP biasanya adalah konten yang paling relevan dan memiliki paling banyak tautan.

Mencontek Dari Website Kompetitor Anda

Cara kedua yang juga dapat anda jadikan pilihan adalah dengan mencontek dari website kompetitor anda. 

Untuk cara yang satu ini, anda dapat melakukannya dengan menelusuri tautan yang didapat oleh website kompetitor anda menggunakan backlink checker tools seperti Ahrefs, SEMRush, Moz dan lainnya. 

Dengan menggunakan tools tersebut, anda akan mendapatkan informasi top post dan link worthy content dari website kompetitor anda.

Membuat Konten Yang Lebih Baik

Setelah anda sekiranya mendapatkan informasi konten relevan dengan niche website anda yang menghasilkan banyak tautan. Checklist selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat konten yang 5x hingga 10x lebih baik dari konten tersebut atau yang dikenal dengan istilah Skyscraper content.

Membuat Konten Yang Lebih Informatif

Mengapa harus 5 hingga 10x lebih baik?

Brian Dean pernah menjelaskan mengenai hal ini. Jika anda membuat konten yang 5x hingga 10x lebih baik daripada konten terbaik yang anda temukan, maka hal ini akan membuat website kompetitor anda untuk sulit meniru atau membuat konten yang lebih baik dari skyscraper content anda. Sebagai contoh sederhana:

Misalnya anda melakukan penelusuran dengan menggunakan keyword “tools riset keyword terbaik”. Pada penelusuran tersebut, anda menemukan bahwa website kompetitor yang berada di peringkat pertama di SERP menyajikan konten yang memuat informasi “10 tool riset keyword terbaik”.

Jika anda memutuskan untuk membuat skyscraper content yang hanya 2x lebih baik dari halaman konten kompetitor anda, yakni konten yang menyajikan informasi 20 Tool Riset Keyword terbaik. Maka website kompetitor anda yang lainnya akan memiliki peluang untuk membuat konten yang lebih baik dari yang anda sajikan.

Namun bayangkan jika anda membuat halaman skyscraper content yang 10x lebih informatif dari konten tersebut seperti 100 Tool Riset Keyword Terbaik. Maka website kompetitor anda akan membutuhkan effort lebih untuk membuat konten tandingan untuk menandingi skyscraper content anda.

Dalam hal ini, jumlah informasi yang anda sajikan bukan hanya hal yang harus anda perhatikan. Namun anda juga harus memperhatikan tentang kesegaran informasi yang anda tawarkan. Pastikan bahwa skyscraper content anda juga memuat informasi yang benar-benar update (baru) dibandingkan dengan halaman konten kompetitor anda.

Menambahkan Sentuhan Visual Assets

Selain itu, menyajikan informasi yang lebih lengkap dan baru di dalam skyscraper content anda, pastikan juga anda menambahkan visual assets di dalam skyscraper content anda. Visual Assets yang saya maksud di sini adalah seperti gambar, infografik, Gifs, Meme dan Gif.

Penambahan visual assets ini akan membuat skyscraper content anda menjadi lebih menarik dan membantu pembaca anda untuk lebih mudah memahami informasi di dalamnya.

Selain itu, yang harus anda ketahui bahwa Google sangat menyukai rich content alias konten yang memiliki banyak elemen HTML didalamnya. Tentu saja, visual assets di sini termasuk ke dalam kategori elemen HTML.

Promosikan Konten Anda

Mempromosikan skyscraper content menjadi checklist terakhir dari strategi link building “skyscraper” ini. Brian Dean menyebutkan bahwa Checklist yang satu ini adalah kartu As  penting untuk memastikan strategi link building Skyscraper ini dapat berjalan dengan baik.

Promosikan Konten Anda ke Likely Linkers

Dalam hal ini, sangat disarankan untuk anda agar membagikan  skyscraper content anda kepada Likely Linkers, yakni sebutan untuk audiens yang kemungkinan tertarik dengan konten yang dengan relevan websitenya.

Anda dapat mulai dengan dengan memberitahukan tentang konten anda kepada para pembaca website anda (subscriber) melalui email.

Selain itu, anda juga dapat mengirimkan email ke para webmaster yang terhubung dengan situs website kompetitor anda. Sebagai contoh:

Misalnya website kompetitor anda adalah SEMRush. Anda dapat menggunakan backlink checker tools untuk mengetahui website yang terhubung dengan website kompetitor anda. Selanjutnya, cari tahu informasi kontak email webmaster dari website tersebut dan kemudian anda dapat mengirimi mereka email pitch yang mempromosikan skyscraper content anda.

Contoh Email Untuk Mempromosikan Konten 

Untuk anda yang belum pernah mengirimkan email pitch untuk menawarkan atau mempromosikan tautan halaman konten sebelumnya. Berikut ini terdapat salah satu contoh email pitch yang dapat anda jadikan panduan.

Hello (Nama Webmaster)

Apa kabar?

Semoga kabar anda baik-baik saja.

Hari ini, saya sedang mencari artikel mengenai (topik artikel anda) dan menemukan halaman artikel anda. Setelah membaca artikel anda yang bertajuk:

(nama artikel)

(tautan artikel yang terhubung dengan halaman konten kompetitor anda)

Saya menemukan bahwa anda terhubung dengan salah satu artikel yang saya favoritkan. Kebetulan belum lama ini, saya juga menerbitkan sebuah konten artikel dengan topik yang sama, namun dengan informasi yang lebih update.

(tautan skyscraper content anda)

Mungkin halaman konten artikel saya dapat menjadi bacaan menarik dan cukup informatif ditambahkan ke dalam konten artikel anda. 

By the way, artikel yang anda publish sangat menarik dan informatif. You have done really awesome work. Keep up that work.

Terima kasih

Endar Julian

Rangkuman Pembahasan 

Dari pembahasan yang saya sampaikan di atas. Untuk mempermudah anda untuk semakin memahami tentang SEO Skyscraper ini, berikut saya lampirkan beberapa poin penting dari ulasan ini.

Keunggulan Strategi SEO Skyscraper

  • Penerapan tidak terbatas pada suatu peluang (link opportunities)
  • Lebih mudah untuk diterapkan dibandingkan strategi link building lain
  • Potensial untuk mendapatkan peringkat pertama di SERP Google dan menghasilkan tautan.

Cara Menerapkan SEO Skyscraper

  • Mencari Konten Relevan Yang Link-Worthy
  • Membuat Konten Yang Lebih Baik
  • Promosikan Konten Anda

Tools Yang Diperlukan 

  • Google Search 
  • Backlinks Analytic Tools seperti Ahrefs, Moz, Majestic SEO, SEMrush dan lainnya.
  • Email

Sekian sedikit ulasan dari saya mengenai salah satu strategi link building “SEO Skyscraper”. Semoga ulasan yang saya bagikan ini dapat membantu meningkatkan kualitas konten artikel di website anda dan tentunya menghasilkan lebih banyak tautan berkualitas.Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi menarik lainnya seputar dunia SEO dan blogging dari saya. Sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top