21 Algoritma Google Yang Wajib Diketahui SEO

Algoritma Google

Sejak pembaruan 2002, Google telah membuat perubahan algoritma utamanya secara eksplisit.

Dan ketika hukuman keras diluncurkan dengan pembaruan Panda dan Penguin pertama, menjadi jelas bahwa perusahaan itu serius dalam menciptakan lingkungan etis untuk pencarian pengguna.

Faktanya, pembaruan Google terjadi setiap hari dan tidak disadari. Perusahaan hanya mengonfirmasi pembaruan algoritma utama yang diperkirakan akan memengaruhi peringkat pencarian secara dramatis.

Untuk membantu Anda memahami perubahan algoritme utama Google dalam beberapa tahun terakhir dan faktor peringkat Google utama, saya telah menyusun daftar pembaruan dan hal-hal yang perlu diperhatikan tips untuk masing-masing.

Macam-Macam Algoritma Google

Berikut ini, ada beberapa macam algoritma Google paling penting. Khususnya terkait dengan SEO. Mengetahui jenis dan fungsinya, memungkinkan Anda untuk mampu menyesuaikan situs dengan sistem tersebut.

Pembaruan Tautan Spam

Pada 26 Juli 2021, Google mengumumkan pembaruan tautan spam.

Seperti yang mungkin akan terus Anda jumpai di artikel-artikel lain situs ini, tentang bagaimana Google sangat serius terkait tautan, fakta pembaharuan ini kembali memperkuat hal itu.

Meskipun Google dengan bangga melaporkan bahwa, selama satu dekade keefektifan skema tautan telah menurun, raksasa mesin pencari ini, ternyata masih mengamati situs yang dengan sengaja membuat tautan berisi spam untuk memanipulasi peringkat.

“Ini pembaruan spam link, target spam link “lebih luas” dan “di beberapa bahasa,” kata Duy Nguyen, seorang analis kualitas pencarian Google, beberapa waktu lalu.

Pengingat tentang link yang memenuhi syarat dan pembaruan spam link

Pembaruan ini bertujuan untuk memerangi spam tautan dan menghargai situs dengan konten berkualitas tinggi dan pengalaman pengguna yang baik.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan mereka untuk memerangi spam tautan, Google dapat memberikan tindakan algoritmik dan manual, jika sebuah situs tertangkap basah dalam skema tautan.

Itulah mengapa saya menyarankan langkah-langkah berikut untuk mengamankan situs Anda dari penalti tautan.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Tautan masuk atau keluar berbayar
  • Skema pertukaran tautan
  • Tautan yang terlihat mencurigakan (dibuat secara massal dari situs yang sama, dari konten yang tidak relevan atau berkualitas rendah)

Bagaimana tetap aman dengan Pembaruan Tautan Spam

  1. Periksa profil tautan situs Anda untuk tautan berkualitas rendah dengan SpyGlass pemeriksa backlink. Jika Anda melihat aliran besar backlink berkualitas rendah, mintalah webmaster dari domain yang menautkan untuk menghapusnya.
  2. Jika pemilik situs yang menautkan tetap diam dan tidak menghapus backlink berbahaya, gunakan alat tolak untuk memberi tahu Google agar tidak mempertimbangkan tautan ini. Tautan yang ditolak tidak akan merusak peringkat Anda.
  3. Cobalah untuk menggunakan praktik membangun tautan topi putih saja. Konsultasikan panduan komprehensif kami di cara melakukan SEO link building dengan SEO PowerSuite. Dan inilah beberapa tips tentang alat pembuatan tautan dan taktik yang masih legal dan dapat ditindaklanjuti.
  4. Jaga juga tautan keluar Anda. Jika Anda memiliki konten bersponsor atau tautan afiliasi di situs, tandai dengan atribut rel=”sponsored”.

Pembaruan Spam

Pada 24 Juni, Google melaporkan  pada rilis pembaruan spam dalam pekerjaan rutin mereka untuk meningkatkan hasil pencarian.

Menurut laporan, Google terus meningkatkan algoritme AI untuk menghapus penipuan online dari hasil teratas. Algoritma mendeteksi 40 miliar halaman berisi spam setiap hari.

Halaman seperti itu mengancam keamanan online karena dapat menginstal malware dan mencuri data pribadi pengguna.

Google mengklaim bahwa selama beberapa tahun, itu mengurangi jumlah konten yang dibuat atau digores secara otomatis hingga 80%. Di antara faktor-faktor lain, ia mendeteksi dan menggagalkan teknik SEO hitam seperti:

  • Skema tautan
  • Isian kata kunci
  • Pengalihan licik
  • halaman pintu
  • penyelubungan
  • Konten tipis

Bagaimana tetap aman dengan Pembaruan Spam

Agar tetap aman, ikuti panduan webmaster untuk memastikan keamanan dan kredibilitas halaman Anda.

Gunakan Search Console untuk memantau status keamanan. Anda mungkin mendapatkan pemberitahuan di Konsol setelah seseorang membahayakan keamanan situs Anda.

Dan ingat bahwa lebih mudah untuk mencegah peretasan daripada memulihkannya. Jadi gunakan praktik terbaik untuk melindungi keamanan situs Anda.

Pembaruan Pengalaman Halaman

Pembaruan Pengalaman Halaman direncanakan untuk diluncurkan secara bertahap, untuk memastikan bahwa tidak ada masalah serius yang tidak diinginkan terjadi. Pembaruan mempertimbangkan beberapa sinyal pengalaman halaman, termasuk tiga metrik Data Web Inti: kecepatan pemuatan, stabilitas visual, dan interaktivitas.

Selain itu, fitur carousel Berita Teratas di Google Penelusuran menyertakan semua konten berita yang memenuhi kriteria kebijakan Google Berita.

Artinya, untuk tampil di Google News, tidak perlu lagi memiliki halaman AMP, sama seperti memiliki skor Core Web Vitals tertinggi. Badge AMP juga akan dihapus dari konten AMP.

Cara tetap aman dengan Pembaruan Pengalaman Halaman

Google berharap bahwa Pembaruan Pengalaman Halaman tidak akan membuat perubahan drastis pada peringkat. Namun, itu memperkenalkan alat baru untuk melindungi posisi situs melalui pemeriksaan pengalaman halaman. Yang baru Laporan Pengalaman Halaman di Search Console memeriksa faktor-faktor berikut:

  • Skor Vital Web Inti
  • Kegunaan seluler halaman
  • status HTTPS
  • Masalah keamanan

Pembaruan Inti Juni 2021

Google melaporkan  itu adalah pembaruan Core reguler yang terjadi beberapa kali dalam setahun. Yang ini adalah yang pertama dalam pembaruan dua seri, bagian kedua direncanakan berlangsung pada bulan Juli.

Saat pembaruan 10 hari selesai, ada laporan campuran tentang fluktuasi SERP dan perubahan peringkat. Bagian kedua dari pembaruan, mungkin dapat membalikkan dampak dari perubahan bulan Juni.

Bagaimana tetap aman dengan Pembaruan Inti Juni 2021

Tidak ada dalam pembaruan algoritme ini yang spesifik untuk situs. Google merujuknya panduan reguler untuk pembaruan inti.

Pembaruan Ulasan Produk

Pada 8 April 2021, Google mengumumkan berbagai peningkatan pada sistem peringkatnya, yang bertujuan untuk lebih menghargai ulasan produk, awalnya untuk bahasa Inggris.

Masalah di balik pembaruan yang satu ini adalah, banyaknya ulasan produk konten tipis yang memberikan sedikit nilai bagi pengguna. Peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan peringkat ulasan produk konten kaya.

Bagaimana tetap aman dengan Pembaruan Ulasan Produk

Perlindungan terhadap Pembaruan Ulasan Produk mengikuti pedoman kualitas umum: ulasan harus didasarkan pada penelitian asli dan analisis mendalam dari para ahli atau penggemar yang mengetahui topik dengan baik.

Google mencantumkan beberapa pertanyaan untuk membantu Anda menghasilkan ulasan berkualitas tinggi yang seharusnya tidak rentan terhadap peningkatan peringkat ini.

Misalnya, ulasan yang baik mencakup pro dan kontra produk, memberikan contoh deskriptif, pengukuran, dan mengatasi masalah yang memengaruhi keputusan pembeli. Secara singkat, tidak ada peretasan, tulis ulasan mendalam dan komprehensif.

Pembaruan Passage Ranking

Pembaruan Passage Ranking diumumkan pada November 2020 dan diluncurkan pada 10 Februari 2021 untuk lagu berbahasa Inggris, dengan peluncuran penuh diharapkan segera.

Google berjanji bahwa pembaruan hanya akan memengaruhi 7% dari semua permintaan.

Passage Ranking ditujukan untuk membantu halaman-halaman bentuk panjang untuk menentukan peringkat dengan beberapa bagian dari kontennya.

Google tidak membagikan panduan khusus apa pun untuk mengoptimalkan pembaruan. Sarannya adalah tetap fokus pada konten yang bagus. SEO hanya mencatat sedikit volatilitas pada SERP, menyatakan bahwa dampaknya minimal.

Passage Ranking adalah perubahan dalam mekanisme pemeringkatan dan tidak memperkenalkan jenis fitur hasil pencarian baru.

Dengan pembaruan ini, Anda mungkin perlu lebih memperhatikan judul dan paragraf, semantik dan struktur yang mencakup subtopik dalam topik yang lebih besar.

Meskipun, algoritme diharapkan untuk memiliki pekerjaan yang dilakukan dengan baik dalam hal apapun.

Pembaruan Inti Desember 2020

Pada 3 Desember 2020, Google meluncurkan pembaruan algoritme inti luas, seperti yang dilakukannya beberapa kali per tahun.

Banyak SEO yang memperhatikan volatilitas SERP pada 1 Desember, meskipun mungkin tidak terkait. Dan pertanyaan utama yang dibahas setelahnya adalah: mengapa Google meluncurkan pembaruan besar-besaran tepat pada musim belanja liburan?

Dampaknya sejauh ini masih belum jelas, dengan berbagai domain melaporkan keuntungan atau kerugian yang sama besarnya.

Panduan Google tentang pembaruan tersebut, tetap seperti yang dicakup pedoman kualitas E-A-T.

Bagaimana tetap aman dengan Pembaruan Algoritma Inti

Sebenarnya, Google menambahkan perubahan algoritma pencarian agak setiap hari dan secara resmi hanya mengkonfirmasi pembaruan besar yang mungkin mempengaruhi SERP secara signifikan (yang terjadi beberapa kali dalam setahun).

Google mengkonfirmasi pembaruan algoritma inti utamanya pada 13 Januari 2020, dan salah satu pembaruan terbaru diluncurkan pada 4 Mei.

Sebagai tip cepat, Anda dapat menebak bahwa beberapa pembaruan telah terjadi dari grafik fluktuasi kata kunci di Pelacak Peringkat Analisis SERP.

Itu sebabnya tidak ada yang khusus untuk diperbaiki dengan cepat. Webmaster Google menyarankan untuk fokus pada kualitas dan memberikan daftar periksa tentang cara menjaga konten situs Anda sesuai dengan pedoman mereka.

Secara singkat, situs harus menyediakan konten berkualitas tinggi asli dan terkini, yang memberikan nilai nyata bagi pengguna.

Beberapa pakar SEO mengungkapkan bahwa, dengan setiap pembaruan inti, orang tidak melakukan apa pun selain memantau statistik peringkat.

Dan jika sebuah situs dihukum, mereka memperbaiki faktor SEO tradisional, dengan fokus pada konten dan tautan.

Featured Snippet Deduplication

Perubahan lalu lintas karena perpindahan posisi peringkat pencarian.

Bagaimana tetap aman dengan pembaruan Featured Snippet Deduplication

Google meluncurkan perubahan ini pada 22 Januari 2020 yang menyebabkan sedikit keributan dengan SEO yang akhirnya disistematisasikan di sini.

Apa yang dulu disebut posisi nol  di hasil mesin pencari sekarang berada di posisi pertama.

Terserah Anda apakah Anda ingin masuk ke cuplikan unggulan atau ingin muncul di suatu tempat di antara 2 hingga 10 hasil. Pembaruan algoritme peringkat ini terjadi satu kali dan memengaruhi 100% hasil.

Masih masuk akal untuk memantau halaman apa yang diberi peringkat dengan cuplikan kaya dan untuk kata kunci apa. Anda dapat menggunakan alat Pelacak Peringkat untuk merekam riwayat SERP dan menerima peringatan saat situs Anda masuk ke cuplikan unggulan untuk kata kunci tertentu.

Pengindeksan Mobile-First

Mulai 1 Juli 2019, pengindeksan yang memprioritaskan seluler diaktifkan secara default untuk semua website baru.

Untuk situs web lama atau yang sudah ada, Google terus memantau dan mengevaluasi laman; pengindeksan mobile-first penuh telah diaktifkan sejak September 2020.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Versi situs seluler dan desktop tidak konsisten
  • Performa buruk dari versi seluler

Cara tetap aman dengan Pengindeksan Mobile-First

Pengindeksan seluler-pertama menyiratkan bahwa sebagian besar perayapan dilakukan oleh agen pengguna ponsel cerdas, meskipun, terkadang Googlebot desktop tradisional juga akan merayapi situs.

Ini berarti bahwa sebagian besar informasi yang muncul dalam penelusuran berasal dari situs versi seluler.

Salah satu pendekatan yang disarankan adalah menggunakan desain responsif untuk website yang baru diluncurkan, bukan versi seluler yang terpisah.

Jika Anda masih memilih untuk menyajikan versi situs terpisah, pastikan informasinya konsisten di desktop dan seluler, yaitu: konten, gambar, tautan sama; data meta sama (judul, deskripsi meta, teks robot); data terstruktur yang konsisten.

Dan tentu saja, audit situs Anda dan perbaiki kesalahan, seperti masalah duplikat, konten yang dibatasi atau diblokir, teks alternatif yang hilang, gambar berkualitas rendah, dan masalah kecepatan halaman.

Anda dapat melihat praktik terbaik untuk pengindeksan yang mengutamakan seluler dari Google, serta mengaudit situs Anda dengan Auditor Situs Web.

Algoritma BERT

BERT adalah teknik pembelajaran mendalam yang dibuat untuk pemrosesan bahasa alami: algoritme Google diatur untuk menafsirkan bahasa alami dan memahami konteks berdasarkan pra-pelatihan dari kumpulan teks di web.

Teknik di dalam algoritma peringkat ini sangat dibutuhkan sejak penyebaran asisten pencarian suara. Google menyebut BERT sebagai “salah satu lompatan terbesar dalam lima tahun terakhir”.

Google meluncurkan pembaruan BERT pertamanya untuk bahasa Inggris, dan kemudian untuk lebih dari 70 bahasa lainnya. Laporan sebelumnya mengatakan itu telah mempengaruhi 10% dari semua permintaan pencarian.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Kata kunci ekor pendek pencocokan tepat
  • Bahasa yang tidak wajar dan formal

Bagaimana tetap aman dengan BERT

Sebenarnya, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan tentang BERT, perlindungannya sama dengan yang diterapkan pada Hummingbird dan RankBrain.

Cukup sediakan konten berkualitas tinggi yang menjawab pertanyaan pengguna dalam bentuk yang paling tepat.

Algoritme pencarian ditujukan untuk tidak membuat situs dihukum, melainkan untuk meningkatkan situs yang sesuai dengan permintaan pengguna yang lebih baik. Apakah ada tweak di sini?

Pertama, gunakan penelitian ekor panjang untuk mengeksplorasi niat pengguna Anda. Kedua, periksa 10 teratas di SERP untuk memahami maksud pengguna untuk kata kunci tersebut, dan apa yang dilakukan pesaing Anda agar halaman mereka berada di peringkat teratas.

1. Gunakan riset kata kunci untuk mengidentifikasi maksud pengguna.

Gunakan kata kunci berekor panjang dengan Metode penelitian Pertanyaan Terkait, termasuk Orang Juga Bertanya dan Q formulir Pelengkapan otomatis. Anda harus meneliti lebih banyak kata kunci percakapan.

Optimalkan halaman Anda untuk memenuhi pencarian pengguna di balik kata kunci tersebut semaksimal mungkin. Disarankan untuk menggunakan bahasa alami, misalnya dalam bentuk pertanyaan di bagian FAQ.

Ini meningkatkan peluang Anda untuk bersaing memperebutkan peringkat pencarian teratas dan bahkan cuplikan unggulan.

2. Lakukan analisis TF-IDF untuk membandingkan 10 besar.

Untuk mematuhi BERT dan algoritme utama lainnya yang terkait dengan bahasa alami, Anda harus meningkatkan cakupan dan relevansi halaman Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bantuan TF-IDF . Tentu saja TF-IDF adalah model bahasa yang agak lama, maksud saya ini bekerja secara berbeda dari BERT.

Namun, ini bisa menjadi petunjuk yang bagus untuk pengoptimalan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengekstrak kata kunci dengan menganalisis 10 teratas pesaing Anda dan mengumpulkan kata kunci yang mereka miliki bersama.

Pembaruan Medic Core

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Halaman dioptimalkan untuk kata kunci dengan maksud pengguna campuran.

Pembaruan Google Medic dinamai demikian ketika SEO melihat jenis situs apa yang terpengaruh oleh perubahan algoritme Google ini – terutama situs web kesehatan dan kebugaran, tetapi tidak hanya itu.

Sejak diluncurkan pada minggu pertama bulan Agustus, perubahan besar juga dicatat dalam peringkat pencarian untuk situs bisnis.

Google tidak terlalu merinci, mengatakan itu hanya pembaruan inti, dan tidak diperlukan perbaikan untuk itu. Tebakan yang paling banyak dibagikan adalah perubahan ini bertujuan untuk mencocokkan halaman dengan jenis niatnya.

Cara tetap aman dengan Pembaruan Medic Core

Ketika Google meluncurkan pembaruan ini, situs yang terpengaruh harus melakukan upaya yang sangat keras untuk memulihkannya.

Sejak saat itu, kekhawatiran tentang niat pengguna menjadi lebih relevan dari sebelumnya.

Ingatlah tiga jenis kueri yang menyiratkan maksud tertentu: informasional (apa/di mana/bagaimana), investigasi (bandingkan/ulasan/jenis) dan transaksional (pesan/dapatkan/beli). Anda harus menyelam sedikit ke ekor panjang riset kata kunci untuk mencari tahu apa yang dicari pengguna di halaman Anda, dan mengoptimalkannya.

Pembaruan Page Speed

Google mulai memperbarui algoritme pencariannya ke pengalaman seluler jauh sebelumnya, jadi apa yang membuat yang satu ini istimewa? Google secara resmi mengkonfirmasi bahwa, dimulai dengan pembaruan algoritma kecepatan, kecepatan halaman menjadi faktor peringkat untuk halaman seluler.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

Laman seluler yang dimuat lambat

Pertama, periksa halaman seluler Anda untuk kecepatan memuat. Untuk tujuan ini, gunakan PageSpeed ​​Insights dari Google, Lighthouse, atau Mobile Friendly Test.

Melalui alat ini, Anda akan melihat sumber daya apa yang mungkin perlu diubah ukurannya, kompresi, dll.

Selain itu, pembaruan Google terbaru terkait Core Web Vitals, sekumpulan faktor pengalaman pengguna yang akan menjadi bagian dari algoritme peringkat tahun depan.

Kecepatan memuat dan interaktivitas pengguna adalah salah satunya. Jadi, tentu masuk akal untuk mempersiapkan perubahan algoritme Google di masa mendatang dengan meningkatkan kecepatan situs dan keterlibatan pengguna Anda. 

Algoritma Fred

Algoritma Fred mendapatkan namanya dari Gary Illyes dari Google, yang dengan bercanda menyarankan agar semua pembaruan diberi nama “Fred”.

Google mengonfirmasi pembaruan itu terjadi, tetapi menolak untuk membahas secara spesifik, hanya dengan mengatakan bahwa situs yang menjadi target pembaruan Fred adalah situs yang melanggar pedoman webmaster Google.

Namun, studi dari situs yang terpengaruh Fred menunjukkan bahwa, sebagian besar dari mereka adalah situs konten (kebanyakan blog) dengan artikel berkualitas rendah, tentang berbagai topik yang tampaknya dibuat sebagian besar untuk tujuan menghasilkan pendapatan iklan atau afiliasi.

Bahaya

  • Konten bernilai rendah dan berpusat pada iklan
  • Konten tipis dan penuh afiliasi

Bagaimana tetap aman bersama Fred

1. Tinjau pedoman Google. 

Ini mungkin tampak agak jelas, tetapi meninjau Panduan Webmaster Google dan Panduan Kualitas Penelusuran Google (terutama yang terakhir) adalah langkah pertama yang baik untuk menjaga situs Anda aman dari hukuman algoritma Fred.

2. Hati-hati dengan konten yang tipis. 

Lihat: New York Times, Guardian, dan Huffington Post semuanya menampilkan iklan — secara harfiah setiap situs penerbit melakukannya. Jadi bukan iklan yang ditargetkan algoritma Fred; itu adalah isinya. Audit situs Anda untuk konten tipis, dan perbarui halaman berkualitas rendah dengan jumlah kata rendah dengan informasi yang relevan dan berguna.

Tapi ingat: halaman pendek bisa sangat baik untuk kueri tertentu.

Algoritma Posum

Pembaruan Possum adalah nama untuk sejumlah perubahan algoritme terbaru di filter penelusuran peringkat lokal Google. 

Setelah pembaruan Possum, Google mengembalikan hasil yang lebih bervariasi tergantung pada lokasi fisik pencari (semakin dekat Anda dengan bisnis tertentu secara fisik, semakin besar kemungkinan Anda akan melihatnya di antara hasil lokal) dan ungkapan kueri (bahkan variasi yang mirip sekarang menghasilkan hasil yang berbeda).

Agak paradoks, Possum juga memberikan dorongan untuk bisnis yang berada di luar wilayah fisik kota. (Sebelumnya, jika bisnis Anda tidak secara fisik berada di kota yang Anda targetkan, mesin telusur hampir tidak pernah memasukkannya ke dalam paket lokal, hampir tidak pernah disertakan ke dalam paket lokal; sekarang tidak demikian lagi.)

Selain itu, , bisnis yang berbagi alamat dengan bisnis lain yang sejenis sekarang dapat diturunkan peringkatnya di hasil penelusuran.

Algoritma RankBrain

RankBrain adalah sistem pembelajaran mesin yang membantu Google menguraikan makna di balik kueri dengan lebih baik, dan menyajikan hasil penelusuran yang paling cocok sebagai tanggapan atas kueri tersebut.

Meskipun ada komponen pemrosesan kueri di RankBrain, ada juga komponen peringkat di dalamnya (ketika RankBrain pertama kali diumumkan, Google menyebutnya sebagai faktor peringkat terpenting ketiga).

Agaknya, RankBrain entah bagaimana dapat meringkas tentang apa halaman itu, mengevaluasi relevansi hasil pencarian, dan mengajar dirinya sendiri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Pemahaman umum adalah bahwa RankBrain, sebagian, bergantung pada faktor SEO tradisional (tautan, pengoptimalan halaman, dll.), tetapi juga melihat faktor lain yang spesifik untuk kueri. Lalu itu mengidentifikasi fitur relevansi pada halaman dalam indeks, dan mengatur hasilnya masing-masing dalam SERPs.

Hal yang Perlu di Perhatikan

  • Kurangnya fitur relevansi khusus kueri
  • Pengalaman pengguna yang buruk

Bagaimana agar tetap aman dengan RankBrain

Maksimalkan pengalaman pengguna. 

Tentu saja, RankBrain bukanlah alasan untuk melayani pengunjung Anda dengan lebih baik. Tapi itu adalah alasan mengapa tidak mengoptimalkan pengalaman pengguna dapat menurunkan peringkat Anda di SERP.

Perhatikan faktor pengalaman pengguna halaman Anda di Google Analytics, khususnya Tingkat Pentalan dan  Durasi Sesi. Meskipun tidak ada nilai yang benar secara universal, berikut adalah rata-rata di berbagai industri yang dilaporkan oleh KissMetrics (Anda dapat menemukan infografis lengkapnya di sini).

Jika bouncing Anda untuk beberapa halaman secara signifikan di atas rata-rata ini, itu adalah buah menggantung rendah untuk dikerjakan. Pertimbangkan pengujian A/B dari berbagai versi halaman ini untuk melihat perubahan mana yang mendorong hasil yang lebih baik.

Adapun durasi sesi, perlu diingat bahwa kecepatan membaca rata-rata (untuk pembaca yang membaca sekilas) adalah 650 kata per menit.

Gunakan ini sebagai panduan dalam menilai jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung di halaman Anda, dan lihat apakah Anda dapat meningkatkannya dengan mendiversifikasi konten Anda, seperti menyertakan lebih banyak gambar dan video.

Selain itu, periksa halaman yang memiliki metrik keterlibatan terbaik, dan gunakan takeaways dalam menyusun konten Anda berikutnya.

Pembaruan Mobile-Friendly

Pembaruan Mobile-Friendly Google (alias Mobilegeddon) dimaksudkan untuk memastikan bahwa halaman yang dioptimalkan untuk perangkat seluler berada di peringkat teratas pencarian seluler, dan selanjutnya.

Menurunkan peringkat halaman yang tidak ramah seluler. Pencarian desktop tidak terpengaruh oleh pembaruan.

Pembaruan Mobile-Friendly diterapkan ditingkat halaman, artinya satu laman situs Anda dapat dianggap ramah seluler dan berperingkat tinggi, sementara laman lainnya mungkin gagal dalam pengujian.

Pembaruan Ramah Seluler adalah salah satu dari deretan algoritme peringkat yang bekerja bersama dalam satu kelompok, dan jika halaman tertentu mendapat peringkat tinggi berkat konten dan keterlibatan pengguna yang luar biasa, Pembaruan Ramah Seluler tidak mempengaruhinya banyak. 

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Kurangnya versi seluler halaman
  • Konfigurasi viewport yang tidak tepat
  • Konten tidak terbaca
  • Penggunaan plugin

Cara tetap aman dengan Pembaruan Mobile-Friendly

Ada beberapa konfigurasi situs web seluler untuk dipilih, tetapi rekomendasi Google adalah desain responsif.

Google juga memiliki spesifik petunjuk seluler untuk berbagai platform situs web untuk membuat seluler lebih mudah bagi webmaster.

Mobile-Friendly Update menjadi yang pertama dalam rangkaian perubahan algoritma Google menuju mobile-first indexing.

Mulai 1 Juli 2019, untuk semua situs baru, mesin pencari mengirimkan mobilebot-nya ke depan, jadi jika Anda meluncurkan situs baru, bersiaplah untuk menemuinya dengan halaman mobile-friendly.

Pigeon Update

Google Pigeon (awalnya hanya dicoba dalam bahasa Inggris) secara dramatis mengubah hasil yang dikembalikan Google untuk kueri di mana lokasi pencari berperan.

Menurut Google, Pigeon menciptakan ikatan yang lebih erat antara algoritme lokal dan algoritme pencarian inti, artinya faktor SEO yang sama sekarang digunakan untuk menentukan peringkat hasil Google lokal dan non-lokal.

Pembaruan ini juga menggunakan lokasi dan jarak sebagai faktor kunci dalam menentukan peringkat hasil.

Pigeon menyebabkan penurunan signifikan (setidaknya 50%) dalam jumlah kueri yang dikembalikan oleh paket lokal, memberikan peningkatan peringkat ke situs direktori lokal, dan menghubungkan penelusuran Web Google dan penelusuran Google Map dengan cara yang lebih kohesif.

Hal Yang Peru di Perhatikan

  • Halaman yang kurang dioptimalkan
  • Penyiapan halaman Google Bisnisku yang tidak benar
  • Inkonsistensi RAN
  • Kurangnya kutipan di direktori lokal (jika relevan)

Bagaimana tetap aman dengan Pigeon

Optimalkan halaman Anda dengan benar. 

Pigeon membawa kriteria SEO yang sama untuk daftar lokal seperti untuk semua hasil pencarian Google lainnya. Itu berarti bisnis lokal sekarang perlu menginvestasikan banyak upaya dalam pengoptimalan halaman.

Siapkan halaman Google Bisnisku. 

Membuat sebuah Halaman Google Bisnisku untuk bisnis lokal Anda adalah langkah pertama untuk dimasukkan dalam indeks lokal Google. Langkah kedua Anda adalah memverifikasi kepemilikan listingan Anda;

biasanya, ini melibatkan penerimaan surat dari Google dengan nomor pin yang harus Anda masukkan untuk menyelesaikan verifikasi.

Saat Anda menyiapkan halaman, pastikan Anda mengategorikan bisnis Anda dengan benar — jika tidak, cantuman Anda tidak akan ditampilkan untuk kueri yang relevan.

Ingatlah untuk menggunakan kode area lokal Anda di nomor telepon; kode area harus cocok dengan kode yang biasanya dikaitkan dengan lokasi Anda. Jumlah ulasan positif juga dapat memengaruhi peringkat penelusuran lokal, jadi Anda harus mendorong pelanggan yang senang untuk mengulas tempat Anda.

Pastikan NAP Anda konsisten di seluruh listing lokal Anda. 

Mesin pencari Google akan melihat situs web yang telah Anda tautkan dari halaman Google Bisnisku dan merujuk silang nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda. Jika semua elemen cocok, Anda siap melakukannya.

Jika bisnis Anda juga ditampilkan dalam direktori lokal dalam bentuk apa pun, pastikan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon juga konsisten di seluruh daftar ini. Alamat berbeda yang terdaftar untuk bisnis Anda di Yelp dan TripAdvisor, misalnya, dapat menempatkan peringkat lokal Anda ke mana-mana.

Dapatkan fitur di direktori lokal yang relevan. 

Direktori lokal Yelp, TripAdvisor dan sejenisnya, telah melihat peningkatan peringkat yang besar setelah pembaruan Pigeon.

Jadi, meskipun mungkin lebih sulit bagi situs Anda untuk mendapatkan peringkat dalam hasil teratas sekarang, adalah ide yang baik untuk memastikan Anda ditampilkan dalam direktori bisnis yang kemungkinan akan berperingkat tinggi.

HummingBird Update

Google Hummingbird adalah perubahan algoritma utama yang menangani penafsiran kueri penelusuran, (terutama penelusuran percakapan yang lebih lama) dan memberikan hasil penelusuran yang sesuai dengan maksud penelusur, bukan kata kunci individual dalam kueri.

Nama algoritma Google berasal dari membandingkannya dengan akurasi dan kecepatan burung kolibri.

Sementara kata kunci dalam kueri terus menjadi penting, Hummingbird menambahkan lebih banyak kekuatan pada makna di balik kueri secara keseluruhan.

Penggunaan sinonim juga telah dioptimalkan dengan Hummingbird; alih-alih mencantumkan hasil dengan kecocokan kata kunci yang tepat, algoritme Google menunjukkan lebih banyak hasil terkait tema di SERP yang tidak harus memiliki kata kunci dari kueri di kontennya.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Penargetan kata kunci pencocokan tepat
  • Isian kata kunci

Cara tetap aman dengan Hummingbird

1. Perluas penelitian kata kunci Anda. 

Dengan Hummingbird, Anda perlu fokus pada penelusuran terkait, sinonim, dan istilah yang muncul bersamaan untuk mendiversifikasi konten Anda, daripada hanya mengandalkan istilah ekor pendek yang Anda dapatkan dari Google Ads.

Sumber ide kata kunci yang bagus untuk burung Kolibri adalah pencarian Terkait Google, Google Autocomplete, dan Google Trends.

2. Temukan bahasa yang digunakan audiens Anda. 

Masuk akal jika salinan situs web Anda harus berbicara dalam bahasa yang sama dengan audiens Anda, dan Hummingbird adalah alasan lain untuk meningkatkan permainan semantik.

Cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan alat pendengar media sosial (seperti Awario) untuk menjelajahi penyebutan kata kunci Anda (nama merek Anda, pesaing, istilah industri, dll.) dan melihat bagaimana audiens Anda membicarakan hal-hal itu di media sosial dan Web pada umumnya.

3. Singkirkan pencocokan tepat, pikirkan konsep. 

Ungkapan yang tidak wajar, terutama dalam judul dan deskripsi meta, masih populer di antara situs web, tetapi dengan meningkatnya kemampuan mesin pencari untuk memproses bahasa alami, ini bisa menjadi masalah.

Jika Anda masih menggunakan bahasa seperti robot di halaman Anda untuk alasan apa pun, dengan pembaruan Hummingbird (atau, sejujurnya, empat tahun sebelumnya) adalah waktu untuk berhenti.

Menyertakan kata kunci dalam judul dan deskripsi Anda tetap penting; tetapi sama pentingnya bahwa Anda terdengar seperti manusia. Sebagai efek samping yang bagus, meningkatkan judul dan deskripsi meta Anda pasti akan meningkatkan klik yang didapat listingan Google Anda.

Algoritma Pirate 

Pirate Update Google dirancang untuk mencegah situs yang telah menerima banyak laporan pelanggaran hak cipta dari peringkat yang baik di pencarian Google.

Mayoritas situs yang terpengaruh adalah situs web yang relatif besar dan terkenal yang membuat konten bajakan (seperti film, musik, atau buku) tersedia untuk pengunjung secara gratis, khususnya situs torrent.

Meskipun demikian, Google masih belum mampu untuk menindaklanjuti dengan banyaknya situs baru dengan konten bajakan yang muncul secara harfiah setiap hari.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Konten bajakan
  • Volume laporan pelanggaran hak cipta yang tinggi

Bagaimana tetap aman dengan Pirate

Jangan mendistribusikan konten siapa pun tanpa izin pemilik hak cipta. Sungguh, itu saja.

Pembaruan Penguin

Pembaruan Google Penguin bertujuan untuk mengidentifikasi dan menurunkan peringkat situs dengan profil tautan yang tidak wajar, yang dianggap melakukan spam pada hasil pencarian dengan menggunakan taktik tautan manipulatif.

Google meluncurkan pembaruan Penguin sekali atau dua kali setahun hingga 2016, saat Penguin menjadi bagian dari algoritme peringkat inti Google. Sekarang beroperasi secara real time, yang berarti bahwa hukuman algoritme diterapkan lebih cepat, dan pemulihan juga membutuhkan waktu lebih sedikit.

Hal Yang Perlu di Perhatikan

  • Tautan berkualitas rendah yang berasal dari situs “spam”
  • Tautan yang berasal dari situs yang dibuat murni untuk pembuatan tautan SEO (PBN)
  • Tautan yang berasal dari situs yang tidak relevan secara topik
  • Tautan berbayar
  • Tautan dengan teks jangkar yang terlalu dioptimalkan

Bagaimana tetap aman dengan Penguin

1. Pantau pertumbuhan profil tautan. Google kemungkinan tidak akan menghukum situs untuk satu atau dua tautan berisi spam, tetapi masuknya backlink beracun secara tiba-tiba bisa menjadi masalah.

Untuk menghindari sanksi oleh pembaruan Google Penguin, perhatikan lonjakan yang tidak biasa di profil tautan Anda, dan selalu periksa tautan baru yang Anda peroleh.

2. Singkirkan tautan berbahaya. 

Idealnya, Anda harus mencoba meminta penghapusan tautan berisi spam di profil Google Anda dengan menghubungi webmaster situs penautan.

Tetapi jika Anda memiliki banyak tautan berbahaya untuk disingkirkan, atau jika Anda tidak mendengar kabar dari webmaster, satu-satunya solusi yang Anda miliki adalah menolak tautan berkualitas rendah menggunakan alat Penolakan Google. Dengan cara ini, Anda akan memberi tahu spider Google untuk mengabaikan tautan tersebut saat mengevaluasi profil tautan Anda.

Karena ini menjadi algoritma peringkat inti, orang tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa pembaruan Penguin terjadi pada hari ini atau hari itu.

Jika Anda melihat bahwa otoritas atau visibilitas situs Anda telah turun, itu bisa menjadi sinyal bahwa situs tersebut telah dihukum oleh Penguin.

Demikian juga, seseorang tidak dapat mengatakan dengan tepat kapan pemulihan penuh terjadi setelah semua tautan berbahaya dihapus.

Efek positif harus terjadi dengan perayapan laba-laba Google berikutnya. Namun, Anda tidak dapat mengharapkan otoritas situs untuk langsung kembali ke level sebelumnya, karena telah dipenuhi dengan tautan buatan. Anda harus menerapkan beberapa taktik pembuatan tautan yang lebih akurat.

Catatan

Terkadang situs terkena penalti Google manual daripada sanksi algoritma Penguin. Ini terjadi ketika pengulas manusia di Google melihat taktik manipulatif di situs yang tidak diperhatikan oleh pembaruan Penguin. Anda akan menerima pemberitahuan tentang penalti Google manual di bawah tab Tindakan Manual di Search Console. Tindakan Anda di sini mengikuti jalur pemulihan yang serupa: buka atau tolak tautan balik yang buruk dan minta Google untuk mempertimbangkan kembali tindakan manual.

Algoritma Panda

Google Panda adalah algoritme yang digunakan untuk menetapkan skor kualitas konten ke halaman web dan situs peringkat bawah dengankonten berkualitas rendah, berisi spam, atau tipis.Awalnya, pembaruan Panda adalah filter penelusuran, bukan bagian dari algoritme inti Google, tetapi pada Januari 2016, pembaruan tersebut secara resmi dimasukkan ke dalam algoritme peringkat.

Meskipun ini tidak berarti bahwa Panda sekarang diterapkan ke hasil pencarian secara real time, hal ini menunjukkan bahwa pemfilteran dan pemulihan dari Google Panda sekarang terjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Hal Yang di Perlu di Perhatikan

  • Konten duplikat
  • Plagiat
  • Konten tipis
  • Spam buatan pengguna
  • Isian kata kunci
  • Pengalaman pengguna yang buruk

Bagaimana agar tetap aman dengan Panda

1. Periksa konten duplikat di situs Anda.

Konten duplikat internal adalah salah satu pemicu paling umum untuk pembaruan Google Panda, jadi sebaiknya Anda menjalankan audit situs reguler untuk memastikan tidak ada masalah konten duplikat yang ditemukan.

Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menghapus halaman duplikat yang dihukum oleh pembaruan Google Panda, gunakan pengalihan 301 atau tag kanonik; sebagai alternatif, Anda dapat memblokir halaman dari pengindeksan laba-laba Google dengan robots.txt atau tag meta noindex.

2. Periksa plagiarisme.

Konten duplikat eksternal adalah pemicu Panda lainnya. Jika Anda menduga bahwa beberapa halaman Anda mungkin diduplikasi secara eksternal, sebaiknya periksa halaman tersebut dengan Copyscape.

Copyscape memberikan beberapa datanya secara gratis (misalnya, memungkinkan Anda membandingkan dua URL tertentu), tetapi untuk pemeriksaan menyeluruh, Anda mungkin memerlukan akun berbayar.

Banyak industri (seperti toko online dengan ribuan halaman produk) tidak selalu memiliki konten unik 100%. Jika Anda menjalankan situs e-niaga, coba gunakan gambar asli di mana Anda bisa, dan dorong ulasan pengguna untuk membuat deskripsi produk Anda menonjol dari yang lain.

3. Identifikasi konten tipis.

Konten tipis adalah istilah yang agak kabur, tetapi umumnya digunakan untuk menggambarkan jumlah konten unik yang tidak memadai pada suatu halaman.

Halaman tipis terdiri dari konten duplikat, spinner atau dibuat secara otomatis. Biasanya, konten tipis muncul di halaman dengan jumlah kata rendah yang diisi dengan iklan, link afiliasi, dll., dan memberikan sedikit nilai asli.

Jika Anda merasa bahwa situs Anda dapat dihukum oleh pembaruan Google Panda karena konten tipis, coba ukur dalam hal jumlah kata dan jumlah tautan keluar di halaman.

Untuk tautan keluar, Google merekomendasikan untuk menjaga jumlah tautan pada setiap halaman di bawah 100 sebagai aturan praktis.

Jadi jika Anda melihat halaman dengan di bawah 250 kata konten dan lebih dari 100 tautan, itu adalah indikator yang cukup solid dari halaman konten yang tipis.

4. Audit situs Anda untuk isian kata kunci.

Isian kata kunci adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan optimasi berlebihan dari elemen halaman tertentu untuk kata kunci.

Ketika semua upaya pengoptimalan gagal dan halaman Anda tidak mencapai 10 besar yang diinginkan, ini bisa menjadi indikasi masalah isian kata kunci dan sanksi pembaruan Google Panda.

5. Perbaiki masalah yang Anda temukan.

Setelah Anda mengidentifikasi masalah yang rentan terhadap Panda, cobalah untuk memperbaikinya sesegera mungkin untuk mencegah terkena iterasi algoritma Panda berikutnya (atau untuk pulih dengan cepat jika Anda terkena penalti).

Dan itu bukanlah akhir…

Itu adalah pembaruan algoritma Google utama hingga saat ini, bersama dengan beberapa kiat audit dan pencegahan cepat untuk membantu situs Anda tetap bertahan (dan, semoga berhasil, terus berkembang) di penelusuran Google.

Saya melewatkan beberapa pembaruan algoritma Google terkenal yang memengaruhi peringkat satu kali, dan hampir tidak ada pemulihan yang dapat ditemukan.

Misalnya, pada tahun 2012, Google meluncurkan filter untuk menurunkan versi domain pencocokan tepat tanpa konten berkualitas tinggi.

Domain seperti itu berkembang biak untuk waktu yang singkat ketika pencocokan tepat untuk kata kunci sudah cukup untuk menaikkan peringkat, bagian dari taktik peringkat manipulatif.

Tidak ada yang perlu dikatakan tentang Interstisial Intrusif kembali ke tahun 2015, karena Pembaruan Ramah Seluler telah membuat semua trik seluler itu menjadi lebih rumit.

Kesimpulan

Jadi daftar pembaruan algoritma Google ini sangat jauh dari lengkap, ini lebih berfokus pada cara kerja mesin pencari yang dapat ditemukan dengan bantuan alat SEO.

Seperti biasa, saya menantikan komentar dan pertanyaan Anda di bawah ini. Apakah salah satu dari pembaruan ini berdampak pada peringkat Anda?

Jika demikian, apa taktik yang membantu Anda pulih? Silakan bagikan pengalaman Anda di komentar! Ini Algoritma Google dari Tahun ke Tahun yang update bertahun-tahun yang lalu dan telah secara teratur direvisi dan diperbarui, hampir sebanyak Google memperbarui algonya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top