SEO vs SEM: Apa Hubungan & Perbedaannya?

Apa itu SEM

SEO vs SEM – SEM adalah singkatan dari Serch Engine Marketing. Ini adalah cara berbisnis melalui strategi pemasaran digital. Mencakup penggunaan iklan di mesin pencari untuk tujuan meningkatkan visibilitas dan lalu lintas website.

SEO vs SEM

SEO vs SEM

Sementara SEO melibatkan upaya untuk membuat halaman website berperingkat lebih tinggi secara organik di halaman hasil mesin pencari. Itu artinya, upaya untuk mendatangkan traffic secara gratis (tanpa membayar iklan ke mesin mesin pencari).

Baca: Apa itu SEO?

Sedangkan SEM adalah rute langsung: memasarkan bisnis menggunakan iklan berbayar. Sehingga memiliki kepastian muncul muncul di SERP. Sepanjang pelaku bisnis mampu membayar.

Iklan SEM, subkategori iklan bayar per klik, hadir dalam beberapa bentuk berbeda. Yang paling umum adalah bidang teks kecil yang muncul di bagian atas SERP, dan yang biasanya diformat agar terlihat seperti daftar halaman lainnya. 

Muncul mirip dengan situs hasil organik.

Iklan cantuman produk (atau PLA), yang muncul di bawah tab hasil penelusuran “Belanja” Google, ditampilkan dalam format yang lebih mirip katalog, dengan foto, harga, detail produk, dan bahkan ulasan pelanggan. 

Hasil pencarian gambar sering menampilkan PLA juga, biasanya sebagai deretan gambar di atas hasil organik.

Apa itu SEM?

SEM adalah alternatif yang bagus bagi para pemasar online untuk SEO, ketika pesaing Anda memiliki awal yang baik dalam menetapkan peringkat pencarian mereka untuk istilah atau kata kunci yang sangat kompetitif.

Meskipun rasio klik-tayang untuk iklan SEM tidak setinggi dengan hasil pencarian organik, mereka memiliki keuntungan, karena jauh lebih mudah diperoleh; jika Anda memiliki uang—mesin pencari seperti Google dan Bing biasanya menjual tempat iklan yang terkait dengan kata kunci tertentu kepada penawar tertinggi.

Dan, seperti SEO, SEM menampilkan merek Anda dan produknya kepada calon pelanggan pada saat mereka paling mungkin berkomitmen untuk membeli—karena mereka melakukan pencarian online untuk jenis produk yang dijual perusahaan Anda. 

Hal ini membuat SEM sangat kuat di antara iklan berbayar—alasan lain bahwa, meskipun tidak dapat menandingi rasio klik-tayang dari hasil pencarian organik, SEM adalah pilar penting dari rencana pemasaran digital komprehensif.

SEM juga dapat membantu menganalisis lalu lintas Anda dan menemukan maksud pencarian pengguna dan pelanggan Anda. 

Menganalisis iklan yang Anda jalankan di mesin telusur dapat memungkinkan Anda menemukan pola dalam istilah penelusuran, dan menentukan iklan mana dan bentuk pesan apa yang menghasilkan klik dan konversi paling banyak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top