Info

Rekomendasi Wisata Berdasarkan Musim di Korea dan Bulannya

Musim di Korea dan Bulannya paling banyak dicari oleh para wisatawan Indonesia yang memiliki rencana tour Korea tahun ini. Hal ini sangat wajar, melihat negara tersebut memiliki pemandangan yang cantik dan romantis, serta banyak spot unik yang menjadi viral. 

Namun, perlu diketahui bahwa Korea Selatan memiliki 4 musim yang bisa dikatakan ekstrim bagi orang Indonesia. Banyak yang bertanya kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Korea Selatan, terutama bagi mereka yang bepergian bersama anak-anak. 

Sebenarnya, waktu terbaik untuk berlibur di Korea Selatan tergantung dari keinginan para wisatawan, sesuai dengan preferensi dan pengalaman liburan yang ingin mereka rasakan. Oleh karena itu, mari lihat rekomendasi tempat wisata di Korea berdasarkan musim dan bulannya.

4 Informasi Musim di Korea dan Bulannya

Di Korea Selatan, terdapat 4 musim layaknya negara Eropa. Berikut ini musim di Korea dan bulannya serta beberapa tempat wisata yang menjadi rekomendasi untuk tiap musim di sana.

1. Musim Semi Korea (Akhir Maret-Awal Mei)

Musim semi di Korea Selatan dimulai pada akhir Maret hingga awal Mei dan suhu mencapai 5 hingga 20 derajat celcius. Meskipun sinar matahari terlihat cerah di awal musim semi, namun cuaca tetap dingin. Sinar matahari terkadang hanya menyinari tanpa memberikan kehangatan. 

Pada musim di Korea dan bulannya seperti musim semi ini, bunga sakura atau Azalea mulai tumbuh dan mekar dengan sangat indah.

Mekarnya bunga sakura hanya berlangsung selama sekitar dua minggu dan biasanya terjadi pada akhir Maret hingga pertengahan April, tergantung pada daerah yang dikunjungi. 

Lokasi wisata rekomendasi: Yun Jung-ro road, Universitas Kyunghee, festival The Jinhae Gunhangje, pulau Cheongsando, dan Everland.

2. Musim Panas Korea (Juni-Agustus)

Image: minienmonde.com

Musim di Korea dan bulannya selanjutnya adalah musim panas. Di Korea, musim ini baru mulai ketika masuk di bulan Juni hingga Agustus, dengan puncaknya di bulan Agustus dengan suhu dari 20 hingga 37 derajat celcius. Musim panas di Korea mempunyai kemiripan dengan musim panas yang terjadi di Indonesia, bahkan bisa lebih panas mencapai suhu 36 derajat. 

Pada bulan Juli, sering terjadi hujan, namun setelah itu cuacanya akan sangat panas hingga akhir bulan Agustus. Jika ingin mengunjungi festival, waktu yang paling tepat untuk pergi ke Korea adalah sekitar bulan Agustus. 

Namun, jika ingin bepergian bersama anak-anak, sebaiknya tidak datang pada musim panas karena banyak orang Korea yang mengambil cuti dan tempat-tempat wisata menjadi ramai dengan turis lokal dan internasional.

Lokasi wisata rekomendasi: Taman lavender Hani, Sungai Bukhangang, Festival Lily Taean, Pantai Jangho, dan Pantai Surfyy.

3. Musim Gugur Korea (September-November)

Musim gugur di Korea dimulai pada bulan September hingga November dan dimulai dengan dedaunan yang jatuh di jalanan. Udara di musim gugur sudah mulai sejuk, meskipun masih terasa panas di bulan September. Suhu pada musim ini adalah 5 hingga 20 derajat celcius.

Daun pohon Maple dan Ginkgo berubah warna menjadi kuning, merah, dan coklat, menciptakan suasana yang romantis. Namun yang disayangkan, pemandangan yang indah ini berlangsung hanya 3 minggu. 

Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin menyaksikan dedaunan berubah warna, sebaiknya datang pada musim di Korea dan bulannya Oktober atau awal November. Namun, hindari bepergian ke gunung karena tempat tersebut akan penuh dengan orang Korea.

Lokasi wisata rekomendasi: Asan Ginkgo Tree Road, Pulau Nami, Taman Nasional Naejangsan, Tembok Batu Istana Deoksugung, dan Istana Gyeongbokgung.

4. Musim Dingin Korea (Awal Desember-Februari)

musim di Korea dan bulannya seperti Desember sangat dingin, bahkan lebih dingin daripada negara-negara sekitar seperti Jepang. Musim dingin biasanya mulai pada bulan Desember sampai Februari, dengan suhu paling rendah mencapai -20 derajat. Udara dengan temperatur -5 hingga 10 derajat dapat terasa seolah-olah mencapai -20 derajat, karena angin yang bertiup kencang.

Sebenarnya, tidak disarankan untuk mengunjungi Korea selama musim dingin, terutama jika bepergian bersama anak-anak, karena cuacanya sangat ekstrim. Salju di kota juga tidak turun terus-menerus seperti di resort ski atau gunung. Jadi, pengunjung dapat datang pada bulan Desember hingga Januari, di mana salju mulai turun dengan tebal di beberapa daerah.

Lokasi wisata rekomendasi: Snow Buster di Everland, Pyeongchang Trout Festival, The Garden of the Morning Calm, Danau Hwacheon Sancheoneo, dan Olympic Park.

Itulah 4 musim di korea dan bulannya masing-masing, serta informasi suhu dan lokasi wisata rekomendasi untuk Anda. Semoga perjalanan ke Korea Selatan Anda berkesan dan menyenangkan.

Baca juga: Yuk Intip, Tempat wisata di Lombok Selain Pantai Wajib Dikunjungi

Marshub

Recent Posts

Film Deadpool 3 Kapan Rilis? Ini Bocorannya, Pecinta Film Marvel Yuk Ngumpul!

Sudah penasaran ya menanti film Deadpool 3 kapan rilis? Deadpool 3 adalah sebuah film pahlawan…

4 bulan ago

Steve Rogers Merupakan Nama Asli Superhero Marvel Apa? Cek Faktanya Disini!

Steve Rogers merupakan nama asli superhero marvel apa? Mungkin Anda sedang mencari jawaban soal itu.…

4 bulan ago

Siapa yang Dibunuh Loki di Avengers? Ketahui Jawabannya Disini!

Siapa yang Dibunuh Loki di Avengers - Film "The Avengers" (2012) menjadi titik puncak kolaborasi…

4 bulan ago

Urutan Film Marvel Phase 4 Berdasarkan Tahun Rilis Mulai dari 2021-2022

Lagi nyari info tentang urutan film Marvel Phase 4? Marvel Cinematic Universe (MCU) telah memulai…

4 bulan ago

Spesies Loki di Marvel Adalah? Yuk Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Pernah mendengar kata-kata spesial Loki di dalam dalam Marvel Comics dan Marvel Cinematic Universe (MCU),…

4 bulan ago

Marvel Phase 5: Daftar Film Marvel yang Akan Datang dan Sudah Tayang!

Sedang mencari bocoran informasi tentang Film Marvel yang akan datang di tahun 2024 ini? Kabar…

4 bulan ago