Apa Itu Mesin Pencari + 3 Fakta Cara Kerjanya

Mesin Pencari Wallpaper

Mesin pencari adalah alat online yang sangat kompleks! Dirancang sedemkian rupa untuk mendata ‘milyaran’ website di internet berdasarkan permintaan pencarian pengguna.

Seluruh data dikumpulkan dalam server atau tempat penyimpanan, lalu diklasifikasi berdasarkan berbagai faktor dan membuat daftar secara berurutan dari hasil ini, menggunakan algoritme pencarian unik. Daftar ini disebut halaman hasil mesin pencari atau Search Engine Result Page (SERP).

Jadi, saat Anda mengetikkan satu atau beberapa frasa kata (biasa disebut sebagai kata kunci) pada kotak penelusuran di mesin pencari, daftar URL web yang muncul tersebut itu disebut SERP.

Mesin Pencari Google

Meskipun ada berbagai mesin pencari di dunia (misalnya Google, Bing, Yahoo, dll.), prinsip pencarian umum dan pemberian jawaban adalah sama di semua mesin pencari tersebut.

Sejarah Mesin Pencari / Search Engine

  • Mesin pencari internet pertama adalah Formulir Archie diperkenalkan pada tahun 1990 – itu adalah alat sederhana yang mencari situs FTP dan menyediakannya dalam bentuk daftar. Itu tidak termasuk konten lebih lanjut.
  • Pendahulu Google – BackRub diperkenalkan pada tahun 1996. Mesin telusur ini membawa prinsip-prinsip dasar dan meletakkan dasar untuk algoritma PageRank, yang digunakan hingga hari ini.
  • Google diluncurkan pada tahun 1998 sebagai penerus BackRub dan selama bertahun-tahun menjadi mesin pencari paling populer dan dominan di dunia.

Cara kerja mesin pencari

Mesin pencari dapat berbeda satu sama lain dalam cara mereka memberikan jawaban kepada pengguna tetapi semuanya dibangun di atas 3 prinsip dasar:

  1. Merangkak / Crawling
  2. Pengindeksan
  3. Peringkat / Ranking

1. Merangkak / Crawling

Penemuan sebenarnya dari halaman web baru di internet dimulai dengan proses yang disebut perayapan.

Mesin pencari menggunakan program kecil yang disebut perayap web (kadang disebut bot atau spiderbot) yang mengikuti tautan dari halaman yang sudah dikenal ke halaman baru yang perlu ditemukan.

Setiap kali perayap web menemukan web baru melalui tautan, perayap akan memantau dan melanjutkan kontennya untuk melanjutkan (pengindeksan disebut) dan melanjutkan penemuan laman web baru. 

2. Pengindeksan

Setelah pengindeksan data, saatnya untuk pengindeksan – proses memvalidasi dan menyimpan konten dari laman web di basis data mesin telusur yang disebut “”. Ini pada dasarnya adalah perpustakaan besar dari semua situs web.

Situs web Anda harus diindeks agar dapat ditampilkan di halaman hasil mesin pencari. Ingatlah bahwa perayapan dan pengindeksan adalah proses berkelanjutan yang berlangsung berulang kali untuk menjaga database tetap segar.

Setelah halaman web dianalisis dan disimpan dalam indeks, halaman tersebut dapat digunakan sebagai hasil pencarian untuk permintaan pencarian potensial.

Tip cepat

Untuk menemukan semua halaman yang diindeks, Anda dapat menggunakan Google Search Console atau Anda dapat melakukan pemeriksaan cepat dengan menggunakan lokasi operator pencarian:“situs: domain.com”

3. Peringkat

Langkah terakhir termasuk memilih hasil terbaik dan membuat daftar halaman yang akan muncul di halaman hasil.

Setiap mesin pencari menggunakan sinyal peringkat dan sebagian besar dirahasiakan, tidak tersedia untuk umum.

 Martin Splitt, Analis Tren Webmaster dari Google, mengatakan:

“Kami memiliki lebih dari 200 sinyal untuk melakukannya. Jadi kami melihat hal-hal seperti judul, deskripsi meta, konten aktual yang Anda dapatkan di halaman, gambar, tautan, segala macam hal.” (Martin Splitt, Analis Tren Webmaster)

Baca: 200+ Faktor Ranking Google

Apa itu algoritma mesin pencari?

Algoritma mesin pencari adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sistem kompleks dari beberapa algoritma yang menemukan semua halaman yang diindeks dan menentukan mana yang akan ditemukan dalam hasil pencarian untuk kueri tertentu.

Misalnya, algoritme Google menggunakan faktor lusinan (banyak diketahui, sementara beberapa di antaranya dirahasiakan) di beberapa area seperti:

  • Arti dari kueri(memahami apa yang dimaksud pengguna dengan menggunakan kata-kata persisten yang mereka gunakan, apa yang dimaksud dengan pencarian, dll.)
  • halaman relevan(mesin pencari perlu mencari tahu apakah halaman menjawab permintaan pencarian)
  • Kualitas konten(algoritma menentukan apakah laman web merupakan sumber informasi yang sangat baik berdasarkan faktor internal dan eksternal; jumlah dan kualitas tautan merupakan faktor penting di sini)
  • Kegunaan halaman(kualitas mempertimbangkan halaman web dari sudut pandang teknis – daya tanggap, kecepatan halaman, keamanan, dll.)

Optimasi Mesin Pencari

Selain memberikan informasi yang berguna bagi penggunanya, mesin pencari juga dapat membantu merek untuk mempromosikan situs web mereka.

Mengoptimalkan situs web Anda untuk kueri penelusuran yang relevan adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran online karena dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke halaman web Anda.

Gabungan dari semua praktik dan teknik yang dilakukan pemilik situs web untuk meningkatkan peringkat penelusuran mereka disebut Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO).

Jika kami ingin menilai SEO, kami dapat mengatakan semuanya pada 3 faktor terpenting:

  • Optimasi teknis
  • Konten yang bagus
  • Backlink berkualitas

Google mesin pencari paling populer?

Meskipun ada ratusan mesin pencari di dunia, hanya sedikit dari mereka yang mendominasi pasar mesin pencari secara keseluruhan dan tetap populer berkat kualitas, kegunaan, dll.

Dalam popularitas di seluruh dunia, Google telah menjadi #1 selama bertahun-tahun. Ini adalah daftar top 5 mesin pencari paling populer:

1. Google

Google adalah mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia.

Dimiliki oleh perusahaan induknya Alphabet, Google mendominasi pasar mesin pencari dengan lebih dari 90 persen pangsa pasar di seluruh dunia.

Dengan semua fitur canggihnya yang mencakup algoritma, perayapan, pengindeksan, dan peringkat yang, Google memberikan hasil yang sangat baik tidak hanya di dalam mesin telusurnya sendiri, tetapi juga mengaktifkan beberapa mesin telusur lain (mis. Ask.com).

2. Microsoft Bing

Bing adalah mesin pencari terbesar kedua. Diluncurkan pada 2009 dan dimiliki oleh Microsoft.

Meskipun tidak mungkin untuk membandingkan Bing sebagai lawan nyata Google dengan hanya 2 – 3 persen dari keseluruhan pangsa pasar mesin pencari, ini masih merupakan alternatif yang bagus bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Microsoft Bing dalam banyak hal mirip dengan Google, menyediakan jenis pencarian pencarian seperti gambar, video, tempat, peta, atau berita.

Meskipun Bing menggunakan prinsip dasar mesin telusur (perayapan, pengindeksan, peringkat), Bing juga menggunakan algoritme khusus yang disebut Pohon dan Grafik Partisi Ruang yang didasarkan pada vektor untuk kategorisasi informasi dan untuk menjawab kueri penelusuran.

3. Yahoo!

Yahoo adalah situs web populer, penyedia email dan mesin pencari terbesar ketiga di dunia dengan hampir 2% dari seluruh pangsa pasar mesin pencari.

Setelah menjadi mesin pencari yang sangat populer dan dominan, Yahoo menurun nilainya selama bertahun-tahun dan menjadi agak dibayangi oleh Google.

Saat ini, Yahoo bersaing dengan mesin pencari yang lebih kecil seperti Bing atau DuckDuckGo.

4. Yandex

Yandex (dari istilah “Dan lain-lain sayaNDEX er”) adalah mesin pencari yang paling populer di negara-negara timur.

Meskipun memiliki kurang dari 1 persen dari keseluruhan pangsa pasar mesin pencari, ini adalah salah satu mesin pencari paling populer di negara-negara seperti Rusia (dengan lebih dari 60 persen dari semua pencarian di negara itu), Turki, Ukraina atau Belarus.

Mirip dengan Google, Yandex menyediakan berbagai jenis layanan termasuk Maps, Translator, Yandex Money atau bahkan Yandex Music.

5. Baidu

Baidu adalah mesin pencari paling dominan di Cina. Meskipun demikian, pangsa pasarnya di seluruh dunia secara keseluruhan hampir 1 persen, ini mewakili lebih dari 80 persen pangsa pasar di China dengan miliaran pencarian setiap hari.

Baidu mirip dengan Google dalam banyak hal. Ini menyediakan tautan biru klasik dengan URL hijau dan menampilkan hasil kaya dengan cara yang sama seperti Google.

FAQs

Mari kita menjawab beberapa pertanyaan umum tentang apa itu mesin pencari.

Mengapa Google menjadi mesin pencari paling populer?

Google Icon

Google, sebagai mesin pencari, telah menjadi pemimpin dalam industrinya selama bertahun-tahun dan masih mendominasi pasar mesin pencari. Ada beberapa alasan mengapa Google menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan.

  • Google adalah salah satu mesin pencari pertama
  • Google menawarkan hasil yang relevan
  • Google cepat
  • Google terus ditingkatkan
  • Google terhubung ke banyak layanan gratis
  • Untuk point terakhir, tentang banyak sumber daya gratis yang di sediakan Google, ini hal yang mungkin sulit untuk tandingi oleh perusahaan-perusahaan sejenis.

    Bagaimana mesin pencari menghasilkan uang?

    Sumber pendapatan utama mesin pencari seperti Google berasal dari berbagai sumber tidak langsung. Mesin pencari dapat memonetisasi layanan mereka melalui:

  • Iklan – Google menggunakan iklannya sendiri yang disebut Google Ads karena dapat membantu merek untuk menampilkan produk mereka di hasil pencarian dan sebagai ketidakseimbangannya mengambil komisi dari setiap kali pengguna mengklik iklan.
  • Belanja onlineMesin pencari dapat meningkatkan berbagai produk dalam hasil pencarian yang ditingkatkan. Jika pengguna mengklik atau membeli salah satu produk, mesin pencari akan menilai persentase kecil dari pembelian.
  • JasaGoogle menggabungkan layanannya (mis. Play Store, Google Cloud, Google Apps, dll.) dengan mesin telusurnya sendiri dan oleh karena itu menghasilkan pendapatan melalui pelanggan yang menggunakannya.
  • Apa mesin pencari pertama?

    Archie (dari nama “Archives”) adalah mesin pencari pertama yang dibuat pada tahun 1990 oleh seorang mahasiswa Alan Emtage.

    Meskipun ada beberapa program pengindeksan sebelumnya (seperti “X.500” atau “Whois”), Archie adalah mesin pencari nyata pertama yang mampu menemukan file tertentu di internet.

    Archie bekerja cukup sederhana – ia melihat situs yang tersedia di internet dan mengindeksnya sebagai file yang dapat diunduh. Namun, itu tidak dapat mengindeks konten situs dan oleh karena itu halaman hasil memiliki bentuk daftar sederhana.

    Apa perbedaan antara browser dan mesin pencari?

    Web browser(mis. Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dll.) adalah aplikasi perangkat lunak yang diinstal pada komputer atau ponsel cerdas. Tujuan dari browser adalah untuk menyediakan antarmuka yang ramah pengguna untuk menampilkan halaman web.

    Mesin pencari(misalnya Google, Bing, Yahoo!, dll.) adalah alat online yang tersedia di situs web yang dapat diakses melalui web browser. Tujuan dari mesin pencari adalah untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna dalam bentuk halaman web yang relevan.

    Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Scroll to Top