3 Indikator SEO Penting Untuk Mengukur Pencapaian Peringkat Website

`Indikator SEO

Indikator SEO penting untuk para SEO Specialist. Apalagi jika Anda baru belajar SEO. Ini adalah cara untuk tahu apakah pekerjaan Anda membuahkan hasil atau tidak.

Saat mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin telusur, pertanyaan, apa indikator SEO itu? penting untuk untuk ajukan — tetapi ini bisa juga sama sulitnya untuk dijawab. 

Sebagian karena ada begitu banyak data yang harus disaring. Bagaimana Anda bisa tahu apa yang relevan? 

Selain itu, SEO dapat memakan waktu berbulan-bulan (saya berbicara setidaknya enam) untuk menunjukkan peningkatan progress, tetapi peningkatan ini dapat bertahan bertahun-tahun dan bila dilakukan dengan baik dapat menghasilkan lalu lintas yang lebih berkualitas. 

Dalam prosesnya, mudah untuk berkecil hati — tetapi berhati-hatilah: Saya membagikan cara menyiapkan sistem pelacakan Anda (dengan template gratis!) dan tiga indikator SEO teratas untuk dipantau setiap bulan. 

Mari kita langsung saja. 

Siapkan sistem pelacakan Anda

Sebelum Anda memulai pekerjaan SEO apa pun, Anda perlu mengatur sistem pelacakan Anda, yang memungkinkan Anda menilai kemajuan Anda. 

Tentu, Anda selalu dapat kembali dan melihat data historis, tetapi sebaiknya segera menetapkan garis dasar sehingga Anda tahu di mana harus meningkatkan. 

Langkah pertama adalah menghubungkan website Anda ke Google Analytics dan Google Search Console . Alat pelacak ini akan membantu Anda memahami dan mengukur hasil SEO situs web Anda. 

Selanjutnya, pilih indikator kinerja utama (KPI) yang ingin Anda tingkatkan, lalu catat angka Anda saat ini. 

Alat pelacakan Google Analytics sangat kuat — alat ini bisa terasa luar biasa. Namun, ada banyak data untuk ditafsirkan. 

Indikator SEO terpenting bagi saya adalah Lalu Lintas OrganikPeringkat Kata Kunci , dan Rasio Pentalan . 

Inilah alasannya.

Melacak lalu lintas organik

Tujuan nomor satu dari SEO adalah untuk meningkatkan lalu lintas organik situs web Anda. Jadi, tentu saja, ini adalah KPI yang paling penting untuk dilacak. 

Anda akan tahu bahwa upaya SEO Anda berhasil jika Anda melihat lebih banyak orang secara organik menemukan konten Anda di Google dan mesin telusur lainnya. 

Google Analytics juga menunjukkan kepada Anda, halaman apa yang mengarahkan lalu lintas paling banyak ke website Anda, memungkinkan Anda melakukan penyesuaian yang Anda perlukan untuk membuat sumber daya yang lebih kuat bagi pengguna Anda. 

Misalnya, jika Anda melihat peningkatan lalu lintas setelah memposting posting blog yang sangat mendalam dan ekstensif, itu akan menunjukkan bahwa orang ingin melihat lebih banyak konten seperti itu. 

Jadi, Anda dapat menyesuaikan strategi konten Anda untuk memprioritaskan topik dan metode serupa untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas. 

Inilah hal utama yang perlu diingat: hasil SEO yang bagus membutuhkan waktu. 

Anda dapat memeriksa angka-angka ini selama tiga bulan pertama dan hanya melihat sedikit peningkatan dalam lalu lintas organik Anda. Tidak apa-apa — percayalah pada prosesnya! 

Saat Anda terus secara konsisten membuat konten yang menarik dan informatif, serta memperbarui website Anda, seiring waktu lalu lintas pasti akan meningkat. 

Peningkatan peringkat kata kunci

Poin data berikutnya untuk ditinjau secara teratur adalah peringkat kata kunci Anda. 

Penggunaan kata kunci yang tepat adalah salah satu item untuk menentukan peringkat konten, pada halaman hasil Penelusuran Google . Jadi, seperti yang dapat Anda bayangkan, akan sangat membantu untuk mengetahui kata kunci mana yang bekerja untuk Anda dan mana yang tidak. 

Ada tiga cara yang saya suka untuk memeriksa peringkat kata kunci:

  1. Google sendiri: Telusuri kata kunci Anda, dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pelanggan Anda, di Google dan lihat peringkat Anda di hasil penelusuran Google. Catat peringkat Anda (halaman dan posisi) dan lacak pergerakan situs Anda setiap bulan. 
  2. Google Search Console:  Di Google Search Console, Anda dapat melihat kueri spesifik apa yang dilakukan oleh pengguna yang mendorong Google untuk menemukan situs Anda sebagai hasilnya. Ini disebut impresi. Selain itu, GSC memberi tahu Anda berapa kali pengguna mengklik situs Anda untuk setiap kueri penelusuran tertentu. Semakin sering Google melihat pengguna mengklik ke halaman web Anda untuk kata kunci tertentu, semakin besar kemungkinan untuk menayangkan halaman yang sama kepada pengguna yang mencari dengan kata kunci tersebut. Jadi lebih banyak klik menghasilkan lebih banyak tayangan!
  3. Alat Pemeringkat Kata Kunci Ahrefs: Salah satu Tools SEO dan perusahaan perangkat lunak terkemuka, adalah Ahrefs. Mereka memiliki alat peringkat kata kunci gratis, sehingga Anda dapat memeriksanya sendiri. Ada beberapa batasan di sini (jika Anda tidak berada di 100 teratas, Anda tidak akan dapat mengetahui apakah Anda berada di peringkat ke-101 atau ke-700). Ini sangat membantu, terutama untuk kata kunci yang benar-benar khusus. Lihat di sini . 

Penurunan bounce rate

Bounce rate atau rasio pentalan adalah persentase pengunjung situs yang keluar dari situs setelah hanya melihat satu halaman. Namun, yang ini bisa rumit karena seseorang mungkin menemukan informasi yang mereka cari di satu halaman itu. Website yang kuat memiliki konten yang terkait dengan halaman lain, termasuk tautan internal dan navigasi yang mudah, mendorong pengguna untuk terus melihat halaman web lain dan mempelajari lebih lanjut tentang Anda. 

Di sinilah penting untuk mengingat tujuan dan strategi Anda yang lebih besar. Apakah seseorang hanya memerlukan satu halaman untuk membuat keputusan pembelian, atau Anda ingin mereka menjelajahi lebih banyak situs Anda?

Saya juga suka melacak rasio pentalan karena memberi kami wawasan tentang apakah konten cocok dengan pendekatan pemasaran kami.

Misalnya, judul posting blog ini adalah “3 Indikator SEO Untuk Mengukur Pencapaian Peringkat Website.”  Jika Anda mengklik blog ini dan itu membawa Anda ke ikhtisar cara menamam jeruk terbaik atau cara memposting tentang membuat Instagram, Anda mungkin mengklik tombol, kembali bahkan sebelum halaman selesai dimuat. 

Ini tidak membuat Google (atau pengguna Anda) senang. Mereka mencari sesuatu yang spesifik, dan jika Anda tidak mengirimkan konten yang relevan dan diinginkan, Google akan berhenti menyertakannya sebagai hasil dari kueri tersebut. 

Rasio pentalan juga memberi tahu saya, jika website memiliki konten yang cukup untuk mendorong pengguna menjelajahi di luar halaman yang awalnya mereka klik. 

Jika kita bisa menurunkan rasio pentalan itu, maka kita meningkatkan peluang kita untuk menyenangkan Google dan akhirnya pemirsa, yang mengarah ke peluang bisnis baru! 

Ini hanya tiga dari banyak titik data yang dapat Anda lacak untuk memahami peringkat Anda di Google, tetapi melacak beberapa indikator SEO lebih baik daripada tidak melacak apa pun sama sekali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top