Apa Itu Google Analytics dan Manfaatnya? [Update 2021]

Google Analytics

Google Analytics bisa dikatakan sebagai tools wajib, bagi siapa pun yang menjalankan bisnis online menggunakan website. Ini berfungsi baik untuk SEO mau pun SEM. Dan hebatnya, sumber informasi data berharga ini dapat Anda mulai dengan gratis!

Memahami cara analisis web untuk meningkatkan bisnis online adalah langkah pertama untuk pertumbuhan. Dan Google Analytics menyediakan informasi penting terkait itu. Dimana kemudian dapat jadikan sebagai dasar untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam penyempurnaan strategi marketing.

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics, GA, singkatnya, adalah  alat analisis web yang memberikan wawasan mendalam tentang website dan kinerja online bisnis Anda.

Memulai GA sangatlah mudah, dan dalam kebanyakan kasus, Anda dapat langsung mulai melacak metrik utama bisnis online. Google Analytics menawarkan fitur yang kompleks. Semakin banyak waktu pemasar berada di dalamnya, itu menjadi semakin bermanfaat.

Karena, semakin banyak data relevan yang diketahui dari saluran penjualan Anda, semakin banyak peluang untuk pengoptimalan, ide baru, dan pemahaman tentang; seberapa terhubung semua yang telah dilakukan dan bagaimana membuatnya menjadi lebih baik lagi.

Google Analytics terintegrasi dengan layanan Google lainnya dengan sempurna, dan jika Anda menggunakan layanan berbasis Google lainnya untuk pemasaran, GA akan penting untuk melacak kinerjanya.

Hanya dengan data web dan mengetahui persis bagaimana kinerja tindakan yang sudah dilakukan, Anda dapat meningkatkan laba atas investasi website dan bisnis Anda.

Dalam setiap strategi pemasaran digital , data memainkan peran penting, dan memiliki alat yang tepat, sebelum upaya pemasaran apa pun dapat memastikan Anda mendapatkan hasil sesuai rencana.

Bisnis yang sukses adalah mesin serba cepat yang bereaksi cepat terhadap faktor yang selalu berubah, dan data web dapat membantu Anda menemukan apa yang terjadi di situs web Anda.

Artikel ini akan memberi Anda wawasan apa itu Google Analytics. Apa saja manfaatnya bagi bisnis Anda dan mengapa penggunaan GA penting untuk memahami status kinerja online.

Mari kita mulai dari apa saja manfaat Google Analytics!

Manfaat Google Analytics

  • Melacak Lalu Lintas Online
  • MemahamiPerilaku Pengguna
  • Pelacakan Offline ke Online
  • Laporan Data Dan Kustomisasi
  • Tingkatkan Periklanan Online Dengan Analisis Pemasaran
  • Tingkatkan Optimasi Mesin Pencari Dan Pemasaran Konten
  • Pelacakan Konversi Google Analytics
  • Temukan Pemirsa Target Anda
  • Biaya Google Analytics
  • Google Analytics Meningkatkan Website
  • Memulai Dengan Mudah
  • Memberi Ide Baru Untuk Bisnis
  • Dapat Memantau Kinerja eCommerce
Manfaat Google Analytics

Melacak Lalu Lintas Online

Dengan Google Analytics, Anda dapat melacak semua sumber lalu lintas online. Memahami dari mana lalu lintas ke website Anda berasal. Dan itu sangat penting dalam menjalankan bisnis online.

Memasang Google Analytics segera saat memulai website baru, sangat penting untuk mulai mengumpulkan data lalu lintas.

Menunjukkan dengan tepat sumber lalu lintas yang berbeda. Memahami mengapa dan berapa banyak lalu lintas yang terjadi di website, memungkinkan Anda untuk melacak kinerja dari strategi yang telah dilakukan.

Melihat bagaimana orang menemukan website adalah landasan dari strategi online yang sangat baik untuk pertumbuhan.

Dengan cepat melihat lalu lintas Anda yang berkembang berdasarkan sumbernya, memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan data, tentang cara mengembangkan bisnis kedepannya.

Mengetahui apakah website Anda mendapat lebih banyak lalu lintas dari media sosial versus pencarian Google? Melihat perbedaannya, memungkinkan Anda memahami saluran mana yang paling menguntungkan bagi Anda.

Meningkatkan metode pembuatan lalu lintas dimulai dengan menentukan saluran lalu lintas terbaik.

Google Analytics mengukur dan memisahkan lalu lintas online ke dalam saluran yang menentukan sumber utamanya:

  • Organik – Lalu Lintas dari Mesin Pencari
  • Sosial – Lalu lintas dari platform media sosial
  • Rujukan – Lalu lintas dari website yang tertaut ke situs Anda
  • Langsung – Lalu lintas yang diakses langsung (Bookmark, pengisian otomatis, penulisan domain, dll.)
  • Email – Lalu Lintas dari Pemasaran Email
  • Pencarian Berbayar – Lalu lintas dari pemasaran mesin pencari  seperti Google Ads .
  • Display – Lalu lintas dari iklan bergambar.
  • Lainnya – Lalu lintas dari kampanye khusus

Anda dapat mengakses laporan sumber lalu lintas dan perincian saluran di Akuisisi Google Analytics.

Menggabungkan data lokasi pengguna; seperti kota atau negara dengan data lalu lintas, membantu Anda memahami dari mana sebagian besar pengguna Anda berasal. 

Misalnya, dari negara X, Anda memperoleh sebagian besar lalu lintas organik, dan lalu lintas media sosial sebagian besar berasal dari negara Y. Ini benar-benar wawasan berharga dalam menyusun dan menerapkan strategi selanjutnya.

Google Analytics Acquisition Overview Channels

Pahami Perilaku Pengguna

Google Analytics membuka kekuatan untuk memahami bagaimana pengguna, pengunjung, dan pelanggan menggunakan website Anda. Memiliki data perilaku tersebut, dapat secara drastis meningkatkan hasil bisnis online. 

Tanpa data perilaku, mengoptimalkan kinerja website mungkin sangat sulit, jika tidak mau dikatakan sebagai tidak mungkin.

Metrik perilaku Google Analytics yang perlu di pantau:

  • Tingkat bouncing
  • Aliran perilaku
  • Halaman / Sesi
  • Rata-rata Durasi Sesi
  • Tampilan Halaman dan Tampilan Halaman Unik
  • Tarif Keluar Halaman
  • Halaman Teratas dan performanya
  • Peristiwa dan konversi khusus
  • Site Search

Manfaat utama dari metrik perilaku adalah memberikan Anda informasi berharga tentang halaman apa yang mendapatkan daya tarik dan keterlibatan paling banyak.

Misalnya, melacak data pengguna baru vs. pengguna kembali di Google Analytics membantu Anda menentukan apakah pengguna Anda kembali ke situs web Anda atau tidak. Bergantung pada tujuan Anda, tidak memiliki cukup banyak pengguna berulang adalah pemborosan.

Banyak bisnis dan corong konversi mereka berkinerja jauh lebih baik jika mereka dapat terlibat kembali dengan pengguna dan pelanggan mereka secara teratur. Penjualan jarang terjadi pada keterlibatan pertama dengan situs web, dan memiliki strategi untuk membuat orang kembali kepada Anda sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Jika Anda dapat memahami bagaimana pengguna menggunakan situs web Anda, Anda dapat mengubah cara Anda berinteraksi dengan pengguna dengan cara yang paling optimal.

Misalnya, menganalisis aliran perilaku pengguna di Google Analytics, Anda akan menemukan berapa banyak langkah yang diperlukan agar suatu tindakan terjadi dan berapa banyak tingkat yang dibutuhkan pengunjung untuk turun sama sekali. Atau Anda dapat mengetahui jenis konten apa yang menghasilkan lebih banyak lalu lintas internal yang meningkatkan tampilan halaman di situs web Anda.

Mengoptimalkan perilaku dalam pemasaran dan mengakui perubahan perilaku internal dan eksternal di sekitar bisnis adalah metode pertumbuhan yang terkendali.

Google Analytics Behavior Flow

Pelacakan Pemasaran Offline Ke Online

Google Analytics memungkinkan perusahaan untuk melacak kampanye offline-ke-online juga. Bisnis harus mengetahui seberapa baik kampanye pemasaran offline berkonversi ke toko online atau situs web.

Anda dapat membuat tautan kampanye khusus dengan Pembuat URL Kampanye Google   dan menyetel tautan dengan faktor penentu penting yang mempermudah pelacakan di GA nanti.

Sangat penting untuk mencoba melacak kampanye offline ini untuk melihat bagaimana pengunjung dari kampanye offline berperilaku di situs web Anda, tindakan apa yang mereka lakukan, dan bagaimana semuanya dibandingkan dengan kampanye iklan online.

Dengan GA, Anda juga dapat melacak lalu lintas dari pengalihan domain, yang juga memungkinkan kami melacak aktivitas offline. Pastikan domain pengalihan hanya memiliki satu tujuan, kampanye offline.

Menggabungkan tautan unik dengan laman landas unik  untuk kampanye offline membantu Anda menentukan data kampanye offline.

Perhatikan juga bahwa peningkatan lalu lintas langsung sebagai saluran akuisisi mungkin berkorelasi dengan kampanye offline.

Laporan Data Dan Kustomisasi

Google Analytics memungkinkan penyesuaian laporan, dasbor, peringatan, dan dengan berbagai dukungan pihak ketiga, Anda dapat menganalisis data agar sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda.

Penyesuaian laporan, dasbor, dan peringatan memberi Anda pandangan sekilas tentang data apa pun yang mungkin Anda perlukan dalam setiap situasi.

Google Analytics memiliki perpustakaan lengkap laporan dan dasbor yang dibuat oleh pengguna yang membantu Anda memulai. Misalnya, Anda dapat memiliki dasbor yang dengan cepat menunjukkan metrik kinerja situs web atau metrik SEO Anda.

Laporan khusus adalah fitur canggih karena Anda dapat membuat laporan yang dapat dibagikan dengan cepat untuk membantu membuat lebih banyak keputusan berdasarkan data dengan cepat. Anda juga dapat mengatur lansiran khusus yang langsung mengirim laporan ke email, seperti saat situs web mencapai pencapaian tertentu atau serangkaian sasaran.

GA memungkinkan ekspor data langsung ke spreadsheet (Excel, Google Sheets) atau alat pihak ketiga lainnya, yang bermanfaat jika bisnis Anda menggunakan alat analisis bisnis lainnya.

Laporan Data Dan Kustomisasi

Tingkatkan Periklanan Online Dengan Analisis Pemasaran

Agar efektif dalam periklanan online, Anda harus mengetahui bagaimana kinerja iklan Anda di situs web target Anda, dan memasang Google Analytics sebelum mengejar iklan online sangat penting.

Meskipun setiap platform iklan online memberi Anda akses langsung ke hasil iklan, termasuk konversi, tidak menggunakan Google Analytics di situs web Anda dan halaman arahan tidak akan memberi tahu Anda gambaran keseluruhan tentang kinerja iklan Anda.

Mengoptimalkan kampanye iklan dengan data web adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan hasil dan menurunkan biaya iklan di seluruh platform iklan. Tanpa mengetahui bagaimana pengunjung berperilaku di situs web Anda setelah terlibat dengan iklan online, Anda mungkin tidak akan pernah tahu bagian mana dari corong Anda yang paling membutuhkan perhatian.

Dengan GA, Anda dapat melacak kampanye individual dan tautannya untuk melihat bagaimana kinerja iklan Anda secara waktu nyata.

Misalnya, Anda memiliki tiga kampanye Iklan Facebook dengan opsi penargetan berbeda yang sedang berjalan, dan Anda ingin tahu kampanye mana yang paling sesuai dengan sasaran Anda. Di dalam pengelola iklan Facebook dengan Facebook Pixel yang terpasang , Anda mungkin melihat bahwa kampanye berperforma hampir sama baiknya satu sama lain.

Dengan menggunakan GA, Anda dapat melihat bahwa satu kampanye berperforma lebih baik di situs web, dan sekarang Anda dapat mengoptimalkan kampanye lain agar sesuai dengan kampanye yang berkinerja lebih baik.

Manfaat Google Analytics dalam periklanan online juga adalah pelacakan metrik semua sumber iklan di satu tempat memungkinkan Anda menemukan tempat terbaik untuk beriklan, dan tidak hanya mengandalkan satu sumber data.

Misalnya, dalam strategi distribusi konten Anda , Anda juga menerapkan iklan Linkedin dan iklan Youtube  dengan GA; semua sumber ini menjadi lebih mudah dibandingkan satu sama lain.

Ketika Anda dapat membuat perbandingan data langsung antara kampanye iklan Anda, apa pun sumbernya, Anda akan membuat strategi iklan online yang lebih baik secara keseluruhan, yang memprioritaskan kampanye dan platform yang menang.

Tingkatkan Periklanan Online Dengan Analisis Pemasaran

Tingkatkan SEO Dan Pemasaran Konten Anda

Dalam panduan belajar SEO untuk pemula, salah satu faktor keberhasilan adalah kemampuan Anda untuk melakukan analisis mendalam terkait kinerja website. Dan, data informasi yang diberikan oleh Google Analytics adalah hal yang sangat berharga untuk wawasan terkait itu.

Mengidentifikasi halaman berkinerja terbaik di website, sehingga mendapatkan wawasan tentang jenis konten yang akan diinvestasikan adalah manfaat Google Analytics paling nyata.

Optimisasi mesin pencari (SEO)  dan pemasaran konten  adalah cara untuk terus berkembang secara online, dan GA akan meningkatkan pelacakan keberhasilan upaya itu.

Meneliti keseluruhan halaman teratas Anda, yang menghasilkan sebagian besar konversi, adalah strategi yang meningkatkan hasil online. Misalnya, mengawasi halaman arahan organik teratas akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang membuat halaman tersebut berhasil. Sehingga dapat melakukan hal hal dengan cara serupa.

Apakah keberhasilannya karena penggunaan kata kunci, topik itu sendiri menarik, atau faktor lainnya. Meningkatkan optimasi mesin pencari Anda dengan Google Analytics sangat penting.

Juga, mencari halaman terburuk yang menghasilkan lalu lintas paling sedikit membantu Anda menghindari kesalahan yang sama berulang kali. Untuk menjadikan pemasaran konten sebagai strategi yang layak untuk mengembangkan bisnis online, penggunaan GA sangat penting.

Menghubungkan Search Console ke Google Analytics sangat penting untuk mengekstrak kata kunci dan halaman apa yang paling penting bagi Anda. 

Meskipun Anda dapat menggunakan Google Search Console secara terpisah dari GA, manfaat memiliki data perilaku yang digabungkan dengan metrik SEO, menghemat waktu Anda dan membantu Anda memahami peran SEO dalam kinerja Anda secara keseluruhan.

Baik sasaran Anda adalah untuk meningkatkan lalu lintas, konversi, atau kesadaran merek, menggunakan GA untuk menganalisis setiap bagian dari strategi konten Anda akan membuat rencana yang lebih stabil dan solid. Tentunya dapat mengambil langkah-langkah untuk mereproduksi laman yang berhasil.

Manfaat lain dari GA untuk SEO adalah bahwa data kinerja website dapat membantu Anda meningkatkan kinerja website Anda secara keseluruhan, yang akan menghasilkan hasil yang lebih baik dari SEO.

Pengumpulan data web yang ditingkatkan dalam jangka waktu lama, yang menyelesaikan sekitar strategi SEO Anda, membuat perbandingan metode Anda dapat direplikasi. Sebagai cara mengevaluasi kembali strategi keberhasilan sebelumnya, ketika membangun yang baru agar lebih kuat.

Google Analytics SEO Landing Pages

Pelacakan Konversi Google Analytics

Mengukur dan melacak konversi adalah bagian penting untuk mengukur efektivitas bisnis online apa pun.

Google Analytics membuka peluang untuk melacak sasaran dan konversi terpenting website Anda untuk meningkatkan perusahaan Anda dan melacak hasil kampanye apa pun. 

Dengan menggunakan GA, Anda dapat melacak tindakan pengguna di website Anda.

Berada di atas rasio konversi membantu Anda melihat kinerja; berbagai upaya pemasaran seperti iklan online, SEO, atau strategi pemasaran media sosial.

Menyertakan pelacakan konversi dari konversi bisnis yang paling menarik di setiap pemasangan Google Analytics, baik itu penjualan, prospek, atau sasaran perilaku, sangat penting.

Karena GA memungkinkan pengukuran beberapa jenis sasaran yang berbeda, penting untuk mengukur sasaran yang paling penting bagi bisnis Anda. Karena, pelacakan sasaran yang tidak penting, tidak akan bermanfaat bagi Anda dengan cara apa pun.

Itu selalu baik untuk bersikap realistis ketika mencoba untuk mencapai tujuan atau mengubah tujuan Anda dari waktu ke waktu, untuk menyajikan realitas dan peluang baru perusahaan Anda. 

Misalnya, ketika memulai dengan website baru, melacak sasaran perilaku untuk meningkatkan keterlibatan situs lebih penting daripada hanya memantau penjualan.

Perusahaan dari semua jenis memerlukan tujuan unik mereka sendiri yang perlu diukur. Setelah memutuskan tujuan yang tepat dan menerapkannya di GA, akan membuka banyak manfaat yang mendukung pertumbuhan bisnis.

Jika Anda memahami audiens mana yang menghasilkan konversi paling banyak untuk Anda, ini membantu Anda tetap menjadi yang teratas dalam persaingan.

Sangat mudah untuk mengatakan bahwa, pelacakan konversi adalah salah satu manfaat Google Analytics paling utama.

Konversi di Google Analytics disebut sasaran, pelajari lebih lanjut tentang sasaran dari sini .

Temukan Pemirsa Target Anda

Menjangkau dan menawarkan konten dan layanan yang melayani audiens target Anda adalah strategi pemasaran digital yang kuat, dan manfaat Google Analytics membantu Anda menentukan audiens target Anda. Audiens kemudian dapat digunakan untuk mengoptimalkan konten website Anda dan penawarannya.

Manfaat menjangkau audiens target secara paling efisien, meningkatkan setiap aspek keterlibatan audiens target. Target audiens yang terlibat adalah cara untuk mengembangkan website hingga mencapai potensinya.

Google Analytics menawarkan informasi demografis penting dari pengunjung dan pelanggan Anda saat ini. Telusuri data demografis untuk membangun citra audiens target Anda:

Data demografis yang tersedia dari pengunjung Anda di Google Analytics:

  • Bahasa
  • Negara
  • Kota
  • Usia
  • Jenis kelamin

Gabungkan data demografis dengan sistem pengguna, browser, dan data perangkat untuk melihat di mana dan bagaimana menjangkau audiens Anda dengan cara terbaik.

Minat Google Analytics mengkategorikan pengunjung dan pelanggan Anda ke dalam grup berdasarkan minat mereka. Minat ada dalam pasar (Pengguna yang cenderung membeli dari produk dalam kategori minat), kategori afinitas (Kategori minat paling baik digunakan untuk menjangkau pemirsa tertentu), dan kategori lainnya.

Google Analytics menggunakan kategorisasi yang sama seperti Google Ads, yang berarti Anda dapat langsung menggunakan data audiens dari GA ke Google Ads. Ini berguna untuk menjangkau audiens Anda dengan iklan yang lebih baik.

Mengetahui apa yang paling menarik audiens target, membantu Anda membuat konten yang lebih baik dan membuat iklan online yang menarik. 

GA dapat membuka tren baru dari pergeseran target audiens, membuat Anda mengetahui apa yang terjadi mengenai siapa yang harus Anda targetkan setiap saat.

Membuat segmen dari audiens target Anda yang berbeda akan membuat penargetan mereka lebih layak. 

Misalnya, mengisolasi kelompok inti pelanggan Anda yang memberikan hasil paling banyak secara teratur adalah audiens yang harus Anda libatkan agar mereka kembali lagi dan lagi.

Audiens Google Analytics

Google Analytics memungkinkan pembuatan audiens berdasarkan tindakan pengguna seperti:

  • Semua Pengguna (Default
  • Audiens Pertama)
  • Pengguna baru
  • Pengguna yang mengunjungi halaman tertentu
  • Pengguna yang menyelesaikan konversi sasaran
  • Pengguna yang menyelesaikan transaksi

Gunakan audiens berbasis tindakan ini di Google Ads Anda untuk membuat kampanye pemasaran ulang yang hebat.

Menggunakan kampanye pemasaran ulang dalam iklan online akan meningkatkan hasil Anda secara keseluruhan dan menurunkan biaya iklan.

Manfaat audiens Google Analytics adalah; Anda dapat membuat audiens sebanyak yang Anda butuhkan, sehingga Anda dapat menargetkan pengguna dan pelanggan yang berbeda di berbagai tahap saluran penjualan.

Misalnya, memiliki konten yang tujuannya adalah untuk menghasilkan lalu lintas yang dingin dan kemudian melalui penargetan ulang aktif yang menghangatkan pengunjung, hingga ketahap konversi.

Google Analytics Meningkatkan Website Anda

Pengoptimalan website sulit dilakukan, tanpa mengetahui apa yang harus dioptimalkan. Dengan Google Analytics, Anda dapat memasukkan data perilaku ke dalam desain Anda dengan mengukur keberhasilan berbagai elemen, dan dengan memasukkan data ke dalam alur kerja, Anda dapat membangun pengalaman yang lebih optimal untuk pengguna Anda.

Misalnya, peningkatan rasio pentalan dari pengguna seluler memberi tahu bahwa, Anda perlu meningkatkan dan berinvestasi lebih banyak dalam versi seluler situs Anda.

Google Analytics dapat membantu merancang aliran konten yang lebih baik dengan struktur tautan internal yang melibatkan kembali pengunjung website Anda.

Jika satu halaman lebih rentan terhadap keberhasilan daripada yang lain, maka mereplikasi konten dan desainnya ke seluruh website, mungkin membawa lebih banyak hasil melalui pengoptimalan. 

Kuncinya adalah menguji dari waktu ke waktu variasi desain baru dan kemudian memvalidasi keberhasilannya melalui data.

Misalnya, saat mengoptimalkan landingpage, penting untuk memiliki kemampuan menguji variasi baru dengan cepat untuk hasil terbaik. Laman landas yang berkonversi dengan baik akan memberi Anda data yang memberi tahu mengapa laman itu bekerja dengan sangat baik dalam mengonversi pengguna. Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk meningkatkan keseluruhan situs Anda.

Analisis dalam halaman adalah bagian yang menentukan dalam menciptakan pengalaman yang lebih baik yang akan dinikmati lebih banyak oleh pelanggan Anda, dan yang meningkatkan konversi.

Melacak kecepatan pemuatan dari waktu ke waktu, misalnya, adalah manfaat besar Google Analytics karena melihat data akan memberi tahu Anda, jika ada perubahan pada hari tertentu. Meskipun mendapatkan setiap detail kecepatan pemuatan Anda memerlukan alat lain juga, GA adalah titik awal yang mengungkapkan masalah apa pun yang mungkin muncul.

Menggunakan lansiran Google Analytics untuk langsung mengirimkan lansiran kepada Anda saat terjadi masalah, membuat perbaikan masalah lebih cepat dan lebih mudah.

Ide Baru Untuk Bisnis

Mengumpulkan dan menganalisis data selalu membuka peluang dan cara baru untuk mengembangkan bisnis Anda. Data web terutama memberi Anda lebih banyak ide dengan cepat karena hasil dari semua jenis aktivitas mulai mengalir masuk.

Menganalisis data baru dan masa lalu secara menyeluruh dengan pikiran yang berorientasi pada tujuan bisnis membantu Anda menemukan metode yang lebih berdampak untuk dicoba di perusahaan. Anda bahkan mungkin mempelajari serangkaian ide yang sama sekali baru yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Melalui laporan, dasbor, sasaran, dan metrik Anda di Google Analytics secara teratur, Anda akan menemukan hal-hal yang dapat ditindaklanjuti untuk dilakukan yang membantu Anda mencapai sasaran online Anda.

Misalnya, tiba-tiba mendapat lonjakan lalu lintas dari sumber baru seperti Pinterest ? Menganalisis mengapa itu terjadi dan apa yang membuatnya terjadi mengarah pada penemuan strategi baru.

Memanfaatkan fitur Penelusuran Situs Google Analytics memungkinkan Anda melihat istilah penelusuran yang digunakan pengunjung dalam situs Anda jika situs Anda memiliki fungsi penelusuran, dan Anda telah mengaktifkan fitur tersebut di GA. Menggunakan fitur ini memungkinkan Anda menemukan ide baru yang ingin dilihat pengunjung situs web Anda di situs Anda, seperti ide produk untuk toko online atau ide konten untuk blog.

Tidak semua ide sama baiknya, dan semua ide baru perlu diuji sebelum implementasi yang lebih luas. Di situlah pengujian A/B masuk. Pengujian A/B ide baru dengan Google Analytics dapat memastikan apakah rencana awal Anda memberikan dampak yang Anda inginkan. Pastikan untuk menguji semua ide untuk mengetahui apakah sesuatu berhasil atau tidak.

Menguji ide-ide baru adalah prinsip inti pemasaran pertumbuhan , dan menerapkan metodenya sebagai strategi, adalah cara untuk mencari pertumbuhan online.

GA Site Search Report

eCommerce Google Analytics

Google Analytics memiliki lebih banyak manfaat untuk toko online melalui fitur pelacakan eCommerce, yang dapat Anda temukan di bawah konversi di GA.

Bagian eCommerce memiliki empat laporan standar yang dapat Anda mulai dengan:

  • Ikhtisar – Ringkasan rasio konversi, pendapatan, rata-rata. nilai pesanan dan banyak lagi
  • Kinerja Produk – Menampilkan metrik seperti pendapatan, pembelian, kuantitas, rata-rata. Harga dan jumlah, kategori produk, dan SKU.
  • Kinerja Penjualan – Menampilkan pendapatan toko online berdasarkan tanggal.
  • Transaksi – Menampilkan pendapatan, pajak, pengiriman, dan jumlah serta memberikan ID-nya pada setiap transaksi.
  • Time to Purchase – Mengukur berapa lama dan berapa banyak sesi yang dibutuhkan untuk mendapatkan transaksi.

Mengaktifkan pelaporan eCommerce yang disempurnakan memberi Anda akses ke lebih banyak metrik yang bermanfaat bagi toko online. Ini membuka metrik berikut, seperti:

  • Perilaku Belanja – Melacak sesi pengguna dan mengukur sesi dengan tampilan produk, menambah troli, dan transaksi.
  • Perilaku Checkout – Melacak sesi pengguna dan perilaku checkout mereka serta mengukur titik drop off di saluran penjualan toko online Anda.
  • Metrik Pemasaran eCommerce – Mengukur penggunaan dan transaksi promosi internal, kupon produk, dan kode afiliasi di toko online Anda.

Gunakan metrik ini untuk meningkatkan kinerja toko online Anda dan meningkatkan potensi penjualannya serta mencegah pelanggan pergi tanpa membeli. Kombinasi metrik dan data audiens bersama-sama membantu menciptakan iklan berbasis corong yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Misalnya, mengembangkan pemahaman di mana, mengapa, dan bagaimana pengunjung meninggalkan halaman produk individual tanpa mengubahnya menjadi penjualan, atau memahami berapa banyak sesi rata-rata yang Anda perlukan untuk melakukan penjualan dari satu pengunjung, adalah pertanyaan kunci yang dapat dijawab oleh data toko online.

Biaya Google Analytics

Manfaat paling signifikan dari Google Analytics adalah gratis! Artinya dapat digunakan oleh bisnis mana pun, dan setiap website dapat memiliki akun jika diperlukan. 

Menjadi gratis membuat pemasangan Google Analytics menjadi mudah untuk setiap situs.

Karena mudah dipasang, tidak memerlukan banyak pekerjaan, yang semakin menurunkan biaya Google Analytics.

Penyiapan yang tepat mungkin memerlukan lebih banyak pekerjaan dan memerlukan lebih banyak wawasan tentang tujuan bisnis, yang dapat meningkatkan jumlah pekerjaan yang diperlukan.

Berinvestasi dalam pengaturan yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan data perusahaan Anda, idealnya akan memiliki banyak manfaat untuk bisnis ke depan. Kebutuhan akan seorang analis web mungkin diperlukan, jika bisnis Anda berurusan dengan skala di mana peningkatan kecil membuat perbedaan.

Dari waktu ke waktu, ada baiknya jika penyiapan analitik Anda diaudit untuk mendapatkan tampilan bisnis online Anda yang dioptimalkan. Karena melalui data yang tidak penting bagi Anda akan menyebabkan keputusan yang lebih buruk dari waktu ke waktu.

Untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan di GA, buat dasbor yang diperlukan, dan laporan yang dengan cepat memberi tahu Anda apa yang Anda butuhkan setiap saat. Dengan begitu, Anda menghabiskan lebih sedikit waktu dan menurunkan biaya keseluruhan.

Selalu sertakan waktu yang dihabiskan untuk mengelola dan melaporkan data ke dalam biaya Anda.

Google Analytics 360

Google Analytics 360 adalah versi Google analytics perusahaan berbayar, yang membuka lebih banyak fitur analitik bisnis untuk mengelola website yang lebih luas. 

Google Analytics 360 adalah bagian dari Google Marketing Platform dan dimulai dengan biaya tahunan sebesar 150.000 USD.

Perusahaan kecil dan menengah tidak perlu meningkatkan ke versi 360. Karena, versi gratis menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk melacak data untuk memberi Anda keputusan berdasarkan data.

Hanya ketika Anda benar-benar ingin meningkatkan permainan data Anda, kebutuhan akan peningkatan akan meningkat.

Versi standar Google Analytics dapat menampung hingga sepuluh juta klik per bulan. Klik adalah tindakan yang dihitung oleh pengguna, seperti tayangan laman atau peristiwa khusus.

Website yang hanya melacak tampilan halaman dengan versi standar akan kehilangan data, hanya jika berhasil mencapai angka sepuluh juta. Jika Anda mengoptimalkan setiap bagian tertentu dari situs Anda dan menerima banyak klik untuk setiap pengguna, maka batas sepuluh juta itu mungkin akan datang lebih cepat.

Memulai Itu Mudah

Memulai pengumpulan data web bisnis Anda cukup cepat dan mudah. Dengan implementasi dasar, Anda dapat mulai mengumpulkan data yang diperlukan seperti perilaku pengguna dan jumlah pengguna situs web Anda.

Memasang tag Google Analytics dengan id Anda, itu mulai mengumpulkan data seluruh website Anda, segera setelah pemasangan. Banyak toko online dan platform website memiliki proses integrasi yang lancar dengan Google Analytics, seperti Shopify  atau WordPress.

Seketika Anda akan melihat berapa banyak lalu lintas yang Anda miliki, dari mana asalnya, dan siapa pengguna Anda.

Memasang Google Analytics dengan Google Pengelola Tag adalah metode yang disukai, karena memasang Google Pengelola Tag terlebih dahulu memungkinkan Anda mengelola tag dan skrip di masa mendatang dengan mudah.

Google menyediakan banyak dokumentasi dan  kursus  tentang GA dan penggunaannya; oleh karena itu, Anda dapat menemukan semua yang Anda butuhkan di sana.

Menyiapkan konversi penting seperti prospek, atau penjualan sesegera mungkin, akan dengan cepat memberi tahu Anda keadaan bisnis online Anda dengan sedikit usaha.

Pada akhirnya, pengetahuan yang lebih mendalam diperlukan untuk mendapatkan manfaat penuh dari Google Analytics untuk bisnis, tetapi semuanya dimulai dengan mengumpulkan data minimum.

Cara Menggunakan Google Analytics

  1. Buat akun Google Analytics.
  2. Tambahkan nama, URL, dan industri website yang ingin Anda lacak.
  3. Tambahkan tampilan ke properti Anda.
  4. Tambahkan kode pelacakan Anda langsung setelah tag header situs Anda.
  5. Kunjungi portal GA Anda dan verifikasi hingga kode berfungsi.

Berikut adalah langkah – langkah yang terlibat dalam menggunakan akun GA Anda .

Logo Google Analytics

Berikut adalah langkah-langkah sederhana terkait cara menggunakan Google Analytics. Syarat utama, siapkan akun Google Anda. Ini wajib!

Buat akun Google Analytics

Buat akun Google Analytics

Pertama, Anda harus membuat akun Google Analytics . Atau, jika Anda sudah login ke akun Google, baik itu email atau produk Google lainnya, Anda bisa langsung masuk ke Google Analytics. Langsung ke sini

Tambahkan nama, URL, dan industri Website yang ingin Anda lacak.

URL Situs

Pilih akun yang ingin Anda tambahi properti . Anda harus membuat dan memberi nama Properti Anda pada saat ini dan memasukkan URL situs web serta zona waktu industri dan pelaporan. Kemudian Anda akan dapat Membuat dan Menyelesaikan langkah proses ini.

Tambahkan tampilan ke properti Anda.

Buat Properti GA

Buka akun dan properti yang ingin Anda tambahi tampilan — gunakan menu untuk Membuat Tampilan, beri nama tampilan Anda, pilih jenis tampilan (web atau aplikasi), dan jawab beberapa pertanyaan lainnya. Ingat, Anda dapat menambahkan hingga 25 tampilan ke properti di GA .

Tambahkan kode pelacakan Anda langsung setelah tag situs Anda.

Tag Situs Global

Saat membuat properti , Anda akan memiliki akses ke ID unik untuk pelacakan dan tag situs global (kode yang perlu Anda tambahkan ke setiap laman situs yang ingin Anda ukur). Ini adalah cara Anda dapat mengumpulkan data di properti Anda.

Kemudian, tempel tag situs global Anda tepat setelah tag pembuka di setiap halaman situs yang Anda rencanakan untuk diukur.

Anda akan diminta untuk memilih jenis situs Anda (statis, dinamis, hosting web, Google Pengelola Tag) sehingga Anda dapat menyiapkan pengumpulan data secara akurat.

Kunjungi portal GA Anda dan verifikasi bahwa kode berfungsi.

Terakhir, verifikasi kode Anda berfungsi. Anda dapat melakukan ini dengan melihat bagian laporan Real-Time sambil mengeklik di sekitar situs Anda di tab yang berbeda atau di ponsel Anda. Laporan harus menunjukkan setidaknya satu pengunjung ke situs (yaitu Anda!)

Jika Anda kesulitan, Video tutorial dari Niaga Hoster ini, bisa membantu Anda untuk melakukan step by step;

Kesimpulan

Banyaknya manfaat Google Analytics sebagai alat analisis web untuk bisnis yang digabungkan menjadikannya alat yang berharga untuk mengumpulkan data yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Apakah Anda menggunakan GA sebagai alat pasif atau aktif, Anda selalu dapat merujuk kembali ke sana untuk menemukan dan mewujudkan kinerja Anda dalam kenyataan.

Instal alat di situs web baru dan sekali lagi, lakukan audit yang tepat sebelum menginvestasikan sebagian besar anggaran pemasaran ke dalam iklan online.

Penting untuk diperhatikan bahwa memasukkan data ke dalam alur kerja dan  strategi analitik Anda memerlukan penyesuaian tentang cara menangani data baru dengan paket lama. Seiring waktu, Anda akan menyadari bahwa semakin banyak Anda mengetahui tentang spesifikasi situs web melalui metrik, semakin banyak yang dapat Anda capai dengannya.

Bergantung pada pendekatan Anda, berinvestasi dalam pengaturan yang tepat sebelumnya bermanfaat, tetapi Anda selalu dapat belajar saat Anda melangkah lebih jauh dengan GA.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top