Cara Menjadi SEO Specialist Dalam 5 Langkah Utama

Cara Menjadi SEO Specialist

Panduan untuk cara menjadi SEO Specialist ini, dimaksudkan dapat membantu siapapun untuk mengambil langkah pertama menuju seorang yang berkompeten di SEO dan pemasaran mesin pencari (SEM). Ini dimulai dari gambaran dasar keterampilan SEO yang harus Anda pelajari, jalur karier di SEO dan SEM, alat yang digunakan, hingga pada akhirnya Anda dapat bertumbuh menjadi SEO Expert dan banyak lagi.

Bagaimana Menjadi SEO Specialist?

Meskipun ada beberapa cara untuk bertumbuh menjadi ahli SEO, namun perlu diketahui bahwa, tidak ada jalan tunggal untuk menuju kesana. Semua orang berpotensi untuk belajar menjadi Spesialis SEO. Dan itu bisa dari mana saja.

Beberapa orang yang saya kenal, bahkan memulai karier SEO dari ngeblog. Mereka membuat blog dan mengoptimasi sendiri. Dari sana, mereka bertumbuh dan memahami apa itu SEO.

Dedi Ariko, owner Garuda Website, mungkin menjadi contoh bagus seorang blogger yang kemudian berkembang menjadi penyedia jasa SEO di Indonesia.

Itulah mengapa, saya mengatakan tidak ada pengalaman latar belakang khusus yang diperlukan bagi siapa pun untuk menjadi SEO Specialist. Orang sering beralih pekerjaan menjadi SEO Specialist, bahkan mungkin sebelumnya dari berbagai bidang yang berbeda. Termasuk pemasaran dan komunikasi, penjaga warnet, dan TI.

Dari sekian banyak saya membaca tutorial tentang cara menjadi SEO Specialits, tidak lebih dari 30% posting pekerjaan Search Engine Optimization harus bergelar sarjana. Dan sisanya, mengatakan bahwa untuk menjadi pakar SEO Anda tidak membuutuhkan gelar apa pun.

Dalam dunia SEO, orang-orang tidak melihat latar-belakang, sertifikat atau piagam Anda. Persyaratan paling penting adalah harus memiliki keterampilan SEO terkini – dan Anda dapat menunjukkannya.

Cara Menjadi SEO Specialist dalam 5 langkah:

Ketika saya menyebut untuk menjadi seorang spesialis SEO dalam lima langkah. Itu akan menjadi panjang, karena industri SEO sangat dinamis. Yang dibutuhkan adalah ide kreatif dan kemampuan mengikuti perkembangan sistem mesin pencari (yang selalu berubah).

Namun, dasar-dasar utama berikut ini adalah pondasi dan tempat Anda memulai membangun karier SEO.

  1. Mempelajari dasar-dasar SEO
  2. Mengenali Tools SEO
  3. Latihan dan praktek keterampilan SEO
  4. Membangun portofolio pekerjaan SEO
  5. Optimasi situs sendiri sebagai entitas yang mewakili Anda di internet.

1. Cara Mempelajari Dasar-dasar SEO

Saat ingin memulai, maka lakukanlah. Tidak pernah ada waktu baik atau tidak dalam mengembangkan keahlian SEO dan memahami cara kerja pengoptimalan mesin pencari.

Menurut sebuah penelitian, lebih dari 93% pengalaman online dimulai dari aktivitas pencarian di mesin pencari. Dalam konteks ini, peringkat website lebih penting dari sebelumnya – banyak studi melaporkan bahwa, rasio klik-tayang untuk hasil pencarian peringkat teratas mencapai hampir 30%. Sementara, hasil peringkat kelima, anjlok menjadi 4% click. 

Tidak pernah lebih dari 1% pencarian, yang bergulir hingga halaman dua mesin pencari. Jelas, peringkat yang baik di mesin pencari dapat membuat perbedaan yang signifikan bagi kesuksesan bisnis.

Jadi, ini juga yang menjadi alasan bahwa, SEO Specialist atau pakar SEO, dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk strategi Search Engine Marketing (SEM) mereka.

Ini menjadi peluang bagi siapa pun. Baik itu karier penuh waktu atau hanya satu elemen pekerjaan dalam pemasaran atau promosi. 

Dengan kerumitan dalam proses optimasi mesin pencari yang bergerak dinamis – dan kepentingan vitalnya untuk mengarahkan pengguna dari mesin pencari ke web bisnis – pakar SEO menjadi sebuah kebutuhan tak terpisahkan dari jenis pemasaran mana pun saat ini.

Bahkan untuk banyak bisnis, anggota tim non-spesialis, dari magang hingga CEO, harus terbiasa dengan SEO. Dengan kata lain, memahami rangking faktor dan cara kerja mesin pencari adalah hal penting dan memiliki peluang kerja yang luas.

Jika Anda mencari pekerjaan dan itu bukan jabatan “SEO” di sebuah perusahaan, namun Anda menempatkan keahlian SEO di resume surat lamaran Anda, itu akan menjadi point yang benar-benar memberi perbedaan.

Seperti telah disinggung diatas bahwa, gelar biasanya tidak diperlukan, jika Anda melihat di beberapa situs lowong kerja, pekerjaan SEO lebih memprioritaskan pengalaman dan pengetahuan Anda seputar alat SEO tertentu.

Itu ditambah lagi dengan fakta bahwa, mesin pencari seperti Google yang selalu melakukan update algoritma – mereka memperbaharui faktor ranking. Para pelaku SEO pun perlu menyesuaikan metode SEO agar berhasil.

Perlu kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang dibuat mesin pencari. Dan menemukan cara baru untuk hasil lebih baik.

Belum lama ini, muncul fitur pencarian suara, SEO kembali harus menyesuaikan. Ini memiliki efek transformasi, karena sebagian besar pencarian yang dilakukan melalui platform Google sekarang adalah pencarian suara. 

Cara hasil pencarian ditampilkan di SERP dapat memberi efek yang sama kuatnya pada SEO: seperti rich snippet dan knowledge box, misalnya, ini telah membuat industri SEO harus bertranformasi untuk memenuhi unsur tersebut.

Sebagian besar profesional SEO mempersiapkan pergeseran dalam skala yang lebih besar ke seluler, mengingat bahwa Google mengkonfirmasi, lebih setengah dari semua pencarian saat ini, dilakukan di seluler.

Intinya, mesin pencari seperti Google melakukan pembaharuan untuk meningkatkan pengalaman penggguna yang lebih baik. Itu dapat dilihat dari perspektif standar kualitas konten, maupun, faktor-faktor pendukung seperti fitur baru.

Pekerjaan SEO sangat kompleks. Bagi pemula, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Namun dengan memahami dasar-dasar SEO dan tahu alat yang bisa digunakan, itu akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

2. Mengenali Tools SEO Utama

Praktik terbaik SEO dalam pespektif pemasaran mesin pencari (SEM), tidak melulu tentang mengoptimasi kata kunci target. Jauh lebih luas dari itu. Namun, hasil akhirnya adalah tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan online. Jadi, penting bagi SEO Specialist untuk memahami banyak hal. Termasuk pekerjaan non-teknis.

Untuk dapat mengoptimalkan konten website secara efektif di semua platform – mesin pencari yang cara kerjanya berbeda, metode pencarian pengguna, dan jenis tampilan, hingga bahkan platform media sosial – pakar SEO memerlukan pendekatan berlapis-lapis.

Perlu banyak ide/gagasan dan strategi yang inovatif.

Anda membutuhkan teknologi sebagai untuk membantu pekerjaan. Di luar sana, ada beberapa alat yang terbilang efektif. Khususnya dalam hal melakukan penelitian dan analisis untuk mengembangkan wawasan baru; membuat, memformat, dan memposting konten Anda; selanjutnya, memantau apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan. 

Anda juga perlu beberapa alat SEO untuk untuk membantu mengotomatiskan beberapa tugas yang cenderung memakan waktu bagi pakar SEO, meningkatkan efisiensi – dan memastikan Anda dapat lebih fokus membuat konten yang hebat.

Konten adalah kunci SEO nomor 1. Nomor 2 adalah backlink! Baru, menyusul faktor-faktor pelengkap lainnya.

Beberapa dari instrumen penting ini adalah platform itu sendiri – sistem SEM seperti Google Ads atau Microsoft Advertising, atau saluran media sosial tempat Anda mempublikasi konten organik yang berpotensi untuk mengarahkan traffic rujukan.  

Anda juga penting untuk akrab dengan alat bantu, seperti Google Analytics dan Google Trends.

Untuk mendapat manfaat dari alat-alat ini, Anda akan perlu memulai untuk memahami secara jelas tentang cara kerja mesin pencari, dan bagaimana proses pencarian diterjemahkan ke dalam hasil pencarian—konsep seperti perayap situs dan pengindeksan halaman; deskripsi meta, pengoptimalan halaman, dan answer boxes; Google Search Console,  rich snippets dan data highlighter; hingga iklan bayar per klik, grup iklan, dan pemasaran ulang.

Dan jangan lupa bahwa, riset kata kunci juga penting!  

Memasuki ke tahap selanjutnya, dengan Anda telah memahami faktor-faktor pada lanskap pencarian, Anda juga membutuhkan beberapa alat SEO digital Ahrefs. Alat ini dirancang khusus untuk membantu para pelaku SEO untuk melakukan penelitian tentang kata kunci SEO, dan mengasah istilah pencarian terbaik untuk konten – apakah membuat blog untuk pelanggan atau menambahkan deskripsi yang disempurnakan ke daftar produk di website.

Saya tidak menyarankan Anda untuk memakai semuanya. Itu akan merepotkan! Juga menyedot anggaran dan waktu Anda. Namun, untuk membantu proses riset kata kunci, Anda dapat menggunakan salah satu atau beberapa seperti; SEMRushLinkio , SerpstatAlexaGoogle Analytics, atau Google Keyword Planner.

Itu hanya beberapa, sebenarnya masih banyak sekali opsi yang tersedia.

Sebaiknya, Anda memilih beberapa alat yang mampu menyediakan beberapa fitur lain. Seperti Ahref misalnya. Anda dapat melakukan banyak hal untuk kebutuhan SEO Anda. Selain riset kata kunci. Dimana juga berfungsi untuk memeriksa faktor peringkat dan backlink. Juga mencakup untuk memantau situs pesaing, dan lainnya.

Berikut berapa alat SEO yang dapat mengerjakan setiap aspek manajemen SEO:

  • Moz berguna untuk mengaudit penargetan audiens
  • Cyfe berguna untuk mengkonsolidasikan metrik saluran media sosial
  • SpyFu berguna dalam memantau perubahan lalu lintas pesaing
  • Google PageSpeed ​​Insights untuk memeriksa waktu loading halaman web

Ini hanya sebagian dari banyak opsi. Dan seorang pakar SEO tidak dapat bergantung pada semua alat ini setiap hari, ini hanya opsi. Anda dituntut mampu melakukan evaluasi ketika mencoba mengembangkan konten yang didasarkan pada penelitian kata kunci dan dioptimalkan untuk mesin pencari.

3. Pengembangan Keterampilan SEO

Setelah mengetahui dan mampu mengoperasionalkan beberapa alat penting SEO, Anda juga perlu menyiapkan diri untuk pengembangan keahlian. Ini berbicara tentang bagaimana mengaplikasikan praktik terbaik yang memberi dampak dan keunggulan ekstra.

Tidak ada cara terbaik untuk meloncat jadi pakar SEO secara instant. Selain latihan – melakukan SEO Anda sendiri dan mencoba berbagai hal. Ini memungkinkan Anda untuk melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Mana yang paling mungkinkan Anda lakukan dan mana yang banyak membuang waktu, namun berdampak minim.

Jangan luap untuk membuat dokumentasi menyeluruh tentang apa yang Anda lakukan untuk SEO! Ini akan menjadi penting saat mengevaluasi kinerja Anda sendiri nanti.

Tahapan awal yang perlu Anda dalami adalah SEO teknis – memeriksa dan menyempurnakan aspek teknis website penting untuk meningkatkan peringkat dan visibilitasnya. 

Praktik SEO teknis mencakup pengindeksan, rendering, hingga arsitektur website. Tujuannya untuk memastikan website lebih cepat dan mudah ditemukan dan dipahami oleh perayap web.

Jika Anda pemilik usaha kecil, atau jika Anda bekerja di perusahaan kecil, atau atas dasar konsultasi, kemungkinan besar untuk mengatur penyesuaian SEO teknis, itu dilakukan sendiri.  

Sementara, kata kunci dan konten adalah bagian terberat. Dan menjadi tugas yang tidak pernah habis dalam teka-teki SEO, faktor lain – seperti mobile friendly, pagespeed, tag HTML, metadata, mikrodata hingga lazy load pada beberapa fitur – juga berdampak pada SEO. 

Seorang praktisi SEO, sebaiknya memahami dan dapat mengerjakan semua ini.

Jika Anda dalam proses latihan SEO, tidak ada yang perlu diragukan untuk mencoba semua. Bahkan untuk ide baru yang muncul dalam strategi dalam pikiran. Anda dapat melakukan penyesuaian atau perubahan. Lalu lihat hasilnya.

Tidak ada yang baku untuk teknik SEO. Termasuk mungkin Anda sudah merasa bisa. Sebenarnya masih ada banyak yang perlu dipelajari. Seperti cara mengaudit klik-tayang iklan, menyempurnakan mikrodata dalam tag HTML, atau menemukan cara baru dalam meningkatkan pagespeed website.

Saat mungkin Anda merasa perlu untuk menambah alat SEO. Atau menambah kemampuan pekerjaan soft skill untuk SEO Specialitas yang penting: keterampilan komunikasi dan interpersonal, keterampilan pengorganisasian, admin, dan yang utama keahlian analitis dan strategis.

Menjadi ahli SEO, hampir selalu berarti bekerja sebagai bagian dari tim. Termasuk bekerja yang berhubungan langsung dengan konten tekstual. 

Terhubung dengan audiens juga menjadi peran yang tidak bisa dihindarkan. Jadi, untuk menjadi seorang pakar SEO, Anda juga di tuntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik. Jadi bukan hanya sekedar aset; itu suatu kewajiban. 

Seandainya pun Anda tidak menulis sendiri konten website, kemungkinan besar tetap perlu melakukan menyempurnakan dan penyesuaian karya penulis dalam upaya mengoptimasi kata kunci tertentu – mencakup cara penulisan judul, abstrak, cuplikan, dan keterangan – kemampuan menulis yang kuat pasti diperlukan sepanjang perjalan SEO Anda.

Menjalankan strategi SEO itu menuntut banyak hal dari seorang spesialis SEO. Hingga kemampuan bekerja dengan Excel, atau penelitian yang masuk ke dalam variabel hampir tak terbatas.  

Lebih jauh lagi, tugas mengelola anggaran juga memerlukan setidaknya keterampilan administratif dasar, dan saat Anda mempelajari lebih dalam – termasuk pengujian A/B, atau melakukan analisis jangka panjang tentang cara strategi SEO Anda memengaruhi lalu lintas organik – menjaga semuanya berjalana dengan tersistem menjadi semacam keharusan.

Karena SEO bermuara pada strategi, maka itu semua dibutuhkan kreativitas. 

Mengoptimalkan konten sebenarnya sangat terkait dengan seni, yang bersentuhan sains – dan, setidaknya jika ini harus disebut teknologi, Anda dituntut untuk dapat melihat data dan memahami artinya. 

Alat analitik SEO dapat membantu sebagian dari tugas Anda. Seperti melakukan pengujian A/B atau melihat sumber lalu lintas berasal, tetapi untuk menjawab pertanya tentang apa yang harus dilakukan terhadap semua informasi tersebut, tidak ada jawaban pasti.

Anda mesti berpikir kritis untuk mengambil langkah-langkah atau teknik yang tepat dan efektif. Berpikir kritis dan strategis tentang bagaimana menggunakan sumber daya untuk mendapat langkah trobosan besar.

Anda tidak akan pernah tahu, naluri mana yang harus diikuti. Sampai pada titik Anda mencobanya – latihan adalah kuncinya.

4. Membangun Portofolio SEO Untuk Eksistensi Anda

Anda tidak dapat membuat orang percaya, walau api yang keluar dari mulut Anda untuk meyakinkan Anda adalah seorang ahli SEO. Yang dibutuhkan adalah bukti! Dan itu seharusnya dalam bentuk portofolio SEO.

Dunia SEO bukan cuma pekerjaan teknis dengan serangkaian item pekerjaan baku. SEO adalah pekerjaan yang mencampurkan kreativitas, seni dengan sentuhan teknologi.

Jika Anda telah melewati proses belajar SEO dan mengasah keterampilan, seperti yang telah diulas pada point 3, itu seharunya menjadi proyek yang dapat bertahan lama, setelah tahap latihan selesai. Ini adalah portfolio Anda.  

Terlepas mungkin, Anda tidak bekerja di perusahaan SEO, pengalaman belajar SEO Anda tetap bisa menjadi dasar portofolio SEO profesional – mungkin merupakan aset dan aspek yang mendukung pekerjaan masa depan Anda.  

Inilah yang menjadi alasan mengapa pencatatan sangat penting dalam proses latihan Anda: dari sana Anda bisa tahu, apa yang berhasil dan apa yang tidak. Semuanya, dapat dikemas untuk demontrasi berbagai strategi yang telah Anda coba – menunjukkan bahwa, Anda memahami dan benar-benar tahu mekanisme SEO dari A – Z. Anda telah melakukannya dan mampu membuktikannya.

Portfolio yang dikemas dengan hebat, akan meningkatkan kredibilitas Anda dihadapan siapa pun. Tanpa perlu Anda menyatakan bahwa diri Anda hebat!

Apalagi dalam industri SEO, yang prosesnya dimainkan di belakang layar, dimana jelas belum terwakili dengan baik oleh konten yang dilihat pengguna. Bukti kuat berupa portfolio SEO sangat penting. 

Daripada memamerkan website yang sudah jadi, seorang pakar SEO perlu menunjukkan bahwa, mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang proses dan hasil. Itu dapat dilakukannya, hanya dengan cara menunjukkan proses penelitian, perencanaan, analisis, dan pemikiran strategis.

Dalam hal ini, seperti dalam banyak bidang pekerjaan, pun dunia SEO, data adalah segalanya. 

Semua perusahaan, paling terkesan dengan informasi berbasis data yang sulit. Dalam portofolio, ini dapat disajikan dalam dua cara;

  1. Anda dapat menekankan keterampilan dan proses pelatihan Anda, sebagai cara memandu audiens melalui bagaimana Anda telah melakukan berbasis bukti, proyek portfolio ANda sebagai dasar untuk membangun narasi – proses SEO yang telah Anda selesaikan. Itu secara artivisual Anda memamerkan teknik dan strategi yang mengambarkan wawasan Anda tentang dunia SEO itu sendiri.

    Portfolio hebat adalah tentang kisah; yang dapat menceritakan perjalanan yang menarik dan jelas, dimulai dari target, tantangan apa yang dihadapi, dan apa yang dilakukan untuk mengatasinya. 

    Bahkan, walau pun mungkin, Anda tidak memiliki pengalaman bekerja secara langsung di SEO yang dibayar, portofolio dapat menampilkan hasil proses langsung yang memiliki kekuatan untuk mendorong Anda ke permukaan. Keluar dari kerumunan persaingan yang sulit.
  2. Portofolio SEO yang dibangun dengan baik dan terencana, itu biasanya, berupa penggalian data lebih dalam. Statistik adalah dukungan terbaik – Anda dapat mencoba mengidentifikasi metrik bermakna yang menunjukkan keberhasilan proses SEO Anda, seperti pertumbuhan total tampilan halaman atau pengunjung baru, audiens yang diperluas di pasar seluler, lonjakan peringkat halaman, atau bahkan peningkatan waktu pemuatan halaman yang terukur. 

    Dengan angka, ini menjadi semakin menarik. Di sini, Anda perlu memikirkan cara untuk menyajikan informasi berbasis data. Sehingga tampil dengan indah. Jika memungkinkan – lebih banyak data akan menjadi lebih baik.

    Penting juga untuk dipertimbangkan, untuk menyajikannya dengan cara yang memberi dampak tetapi tidak membebani. Artinya, narasi yang Anda bangun, tetap dapat dinikmati oleh siapa pun, bukan malah meminta mereka berbpikir keras, tentang apa yang ingin disampaikan.

5. Optimalkan Website Sendiri Untuk Memamerkan Keahlian SEO Anda

Anda memiliki portofolio proyek, disajikan dengan indah untuk menunjukkan keahlian Anda. Untuk benar-benar menunjukkan bahwa Anda adalah seorang ahli SEO, terapkan semua itu pada website Anda sendiri – ini membuktikan bahwa, Anda dapat menolong diri Anda sendiri. Itu alasan yang paling logis untuk mengatakan bahwa Anda dapat membantu orang lain.

Ini adalah cara paling efektif untuk menarik calon pemberi kerja.

Tentu saja, Pakar SEO lainnya, sudah melakukannya. Dengan mengambil pendekatan yang sama. 

Tapi, untuk membantu menonjolkan website, Anda harus proaktif – dan salah satu cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan aktif di website Anda sendiri. 

Terlibat dengan komunitas profesional, dengan menulis posting dan artikel untuk website lain (Guest Post), misalnya. Tidak hanya akan menjadikan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan meningkatkan profil profesional SEO Anda – itu juga akan mengarahkan tautan dan traffic rujukan bernilai tinggi. Ini justru menjadi salah satu faktor dalam peringkat situs Anda. Sekali mendayung, beberapa pulau terlewati. Ya, kan?

Semakin luas jaringan yang Anda bangun, semakin besar efeknya terhadap profil digital Anda. 

Sudah seperti menjadi keharusan umum, mengembangkan jaringan luas sebagai ahli SEO, memang dimulai secara online. 

Tetapi, juga tidak menutup kemungkinan adanya peluang bagus untuk bertemu dan berjejaring dengan orang lain di bidang Anda – atau di bidang terkait digital marketing, promosi, desain UI/UX, hingga periklanan – secara offline. 

Konferensi SEO, lokakarya, pertemuan virtual, dan sumber daya seperti Jurnal Mesin Pencari memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan orang lain di bidang pekerjaan Anda. Dalam prosesnya, ini juga akan meningkatkan keterampilan Anda dalam banyak bidang.

Kesimpulan

Apa yang bisa Anda tangkap dari 5 point terkait cara menjadi SEO Spesialist yang baru saja diulas ini? Terinspirasi atau masih bertanya-tanya tentang banyak hal?

Tidak hal yang lebih penting untuk terjun dan berkarier sebagai SEO Specialist, selain; jam terbang dan latihan sebanyak mungkin. Karena inilah yang kemudian membentuk intuisi SEO Anda bekerja dengan lebih baik. Ya.. JAM TERBANG!

FAQs Karier SEO

Apakah SEO Bidang Pekerjaan Potensial?

Ya, SEO adalah bidang pekerjaan potensial yang terus berkembang. Dengan keterampilan SEO dan pemasaran digital, saat ini masih tetap dan terus menjadi kebutuhan banyak bisnis di era digital.

Menurut LinkedIn, ada lebih dari 47 ribu lowongan pekerjaan yang cocok dengan kata kunci “SEO” pada tahun 2019 saja. Dan mengingat peningkatan digitalisasi pada tahun 2020, angka-angka ini kemungkinan akan terus meningkat.

Berapa Gaji Spesialis SEO?

Gaji SEO Specialits

Menurut situs kerja global, gaji rata-rata seorang Spesialis SEO adalah $4,512 perbulan. Dan berkisar antara $52.590 pertahun. Ini meningkat menjadi rata-rata $87,267 untuk Manajer SEO yang lebih berpengalaman /tahun.

Sementara, untuk di Indonesia Gaji SEO specialist berkisar antara 3 juta untuk junior. Sedangkan untuk pakar SEO berpengalaman bisa mendapatkan penghasilan 4-7 juta perbulannya.

Baca lebih lanjut: Estimasi Gaji SEO Specialist

Bagaimana Menjadi SEO Specialis Tanpa Pengalaman?

Tidak peduli apakah Anda seorang pemilik bisnis atau saat ini bekerja di perusahaan pemasaran digital atau bahkan di bidang yang sama sekali tidak terkait. Anda dapat menjadi SEO Specialist – ini hanya masalah cara Anda memperoleh keterampilan yang tepat. 

Yang penting, Anda perlu memahami dasar-dasar SEO. Seperti HTML dan CSS, analitik, link building, serta keahlian terkait, seperti pemasaran konten dan peningkatan kesadaran merek.

Bagaimana Cara Membangun Portofolio SEO

Cara menjadi SEO Specialist yang dapat dipercaya, yang paling utama adalah Anda dapat menunjukkan keahlian Anda. Itu sangat memungkinkan melalui portfolio SEO.

Ini adalah tantangan dimana Anda perlu menunjukkan proses SEO itu sendiri. Alih-alih menunjukkan yang sudah jadi. Itu artinya, Anda mendemonstrasikan proses dan hasil dengan cara yang menunjukkan penelitian, perencanaan, analisis, dan pemikiran strategis Anda.

Hal penting lain terkait SEO Specialist

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top