bisnis

4 Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok Agar Hemat Budget

Cara menghitung kebutuhan cat tembok – Apakah Anda ingin mengecat dinding rumahmu? Selain memilih warna cat yang cocok, penting juga untuk merencanakan pengeluaran dengan baik agar anggaran dimanfaatkan dengan efisien tanpa pemborosan.

Di artikel ini, Kania akan berbagi cara sederhana untuk menghitung kebutuhan cat dinding rumahmu sehingga Anda dapat mengendalikan dan mengoptimalkan anggaran yang Anda miliki. Yuk, simak cara menghitung kebutuhan cat dinding rumahmu berikut ini!

Cara pertama adalah dengan menghitung luas ruangan. Menghitung luas ruangan sangat penting karena hal ini mempengaruhi jumlah cat yang akan Anda beli dan membantu menentukan estimasi waktu pengerjaan. Luangkan waktu sebentar untuk mengukur luas ruangan yang akan Anda cat.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

1. Rumus Penghitungan Cat Menurut Luas Ruangan

Cara menghitung kebutuhan cat tembok adalah Anda tahu berapa luas ruangan yang akan Anda cat, mari kita hitung kebutuhan cat dinding rumah dengan cara yang sederhana. Rumus ini akan membantu kita mengetahui berapa banyak cat yang kita perlukan.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membagi luas dinding dengan luas 1 liter cat. Biasanya, setiap liter cat dapat digunakan untuk melapisi dinding dengan luas 10-12 m2. Misalnya, jika dinding ruangan itu memiliki tinggi 3 m dan lebar 4 m, maka kita bisa menghitung kebutuhan cat sebagai berikut:

(2 x (3 m + 5 m)) x 3 m / (12 m2/liter) = 14 m x 3 m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3,5 liter.

Dengan menggunakan rumus di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk ruangan dengan luas 3 x 5 m, kita membutuhkan sekitar 3,5 liter cat untuk satu kali pelapisan. Jadi, jika kita ingin melapisi dinding dua kali, maka kita akan membutuhkan sekitar 7 liter cat. Untuk tiga kali pelapisan, diperlukan sekitar 10,5 liter cat, dan seterusnya.

Sangat penting untuk menghitung kebutuhan cat dengan tepat agar kita bisa membeli jumlah yang cukup tanpa kelebihan atau kekurangan. Semoga rumus sederhana ini bisa membantu Anda merencanakan cat dinding rumah dengan lebih baik.

2. Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Luar Rumah

Untuk menentukan berapa banyak cat yang dibutuhkan untuk mengecat dinding luar rumah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur tinggi dan lebar dinding tersebut.

Terakhir, bagi hasilnya dengan daya sebar cat yang tertera di label kemasan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan perkiraan jumlah cat yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan akurat.

Anda bisa baca juga cara mengatasi tembok rembes yang bisa Anda dapatkan informasinya untuk meminimalisirkan adanya kerusakan pada tembok dinding Anda. 

3. Cara Menghitung Kebutuhan Cat Berdasarkan Satuan Kilogram

Jika Anda ingin membeli cat dalam satuan kilogram, Anda bisa menggunakan rumus sederhana untuk menghitung kebutuhan cat berdasarkan luas ruangan. Cara menghitung kebutuhan cat tembok sangat mudah, yaitu dengan mengalikan luas ruangan dengan koefisien 1.4. 

Misalnya, jika Anda membutuhkan 3,5 liter cat untuk satu kali pelapisan, cukup kalikan dengan 1.4 dan hasilnya adalah 4,9 kilogram cat. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menentukan berapa banyak cat yang perlu Anda beli dalam satuan kilogram.

4. Tentukan Jumlah Pembelian Cat

Cara menghitung kebutuhan cat tembok agar tidak bingung dalam menghitung kebutuhan cat untuk rumahmu, ikuti langkah-langkah berikut. Pertama, tentukan berapa banyak cat yang dibutuhkan. Setelah mengetahui jumlahnya, perluasan langkah berikutnya adalah memastikan pembelian cat yang tepat di toko material.

Ada berbagai pilihan yang bisa Anda pilih di pasaran, Anda bisa pilih sesuai dengan keinginan Anda. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu agar penggunaan cat menjadi lebih efisien. Selain itu, ada hal-hal penting yang perlu Anda ketahui saat melakukan pengecatan. 

Pertama, pelarutan cat seringkali membutuhkan tambahan air bersih sekitar 5-25% dari jumlah cat. Selanjutnya, mungkin diperlukan lebih dari satu lapisan cat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, perhatikan cara mengecat dinding yang benar agar tidak ada cat yang terbuang dengan percuma.

Perlu diingat, cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di atas hanya perkiraan kasar dan belum memperhitungkan bagian-bagian lain seperti pintu dan jendela. Namun, dengan menggunakan metode ini, diharapkan Anda dapat mengoptimalkan pengeluaranmu dan menghindari pemborosan.

Baca Juga: warna cat rumah minimalis dulux

Kesimpulan

Cara menghitung kebutuhan cat tembok adalah hal penting yang perlu Anda ketahui, karena dengan cara ini Anda akan lebih meminimalisir pengeluaran budget Anda dalam melakukan cat tembok, maka itu pastikan Anda simak informasi diatas untuk bisa Anda jadikan referensi dalam melakukan perhitungan kebutuhan cat tembok. 

Baca juga: kemiringan lantai kamar mandi

Marshub

Recent Posts

7 Rekomendasi Pantai Pasir Putih di Bali yang Memukau!

Bali, pulau Dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, menawarkan berbagai macam wisata menarik,…

1 minggu ago

6 Cara Mudah Membeli Tiket Masuk Pantai Bali Lestari!

Pantai Bali Lestari, yang terletak di Serdang Bedagai, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Pasir…

1 minggu ago

Sunset di Bali Jam Berapa? Mau Tahu? Ini Dia Jawabannya!

Bali, sebuah pulau indah di Indonesia, telah lama menjadi destinasi yang paling dicari oleh para…

1 minggu ago

7 Rekomendasi Hotel di Bali Dekat Pantai Terbaik!

Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di dunia, terkenal dengan pantainya yang memukau,…

1 minggu ago

7 Rekomendasi Villa di Bali Dekat Pantai untuk Liburan Tak Terlupakan!

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, budaya yang kaya, dan keramahan…

1 minggu ago

8 Rekomendasi Pantai di Bali yang Wajib Anda Kunjungi!

Bali terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, termasuk pantainya yang memukau. Pulau Dewata ini…

1 minggu ago