Belajar SEO Dasar Untuk Pemula [Teknik Terbaru 2021]

Panduan Belajar SEO Pemula

Belajar SEO menjadi semakin penting saat ini. Era digitalisasi telah mengubah hampir seluruh cara orang berbisnis. Sebagian besar transaksi dimulai dari aktivitas online. Sehingga SEO Specialist akan mendapat tempat dalam bursa tenaga kerja.

Artikel ini, akan membantu siapa pun yang ingin memulai belajar SEO. Dengan tahapan pembahasan yang komprehensif dan dibuat agar lebih mudah untuk dipahami. Khususnya bagi pemula.

Mari kita mulai dari bagian paling dasar. Mengenal apa itu SEO.

_ Chapter 1 _

Dasar-Dasar SEO

Sebelum kita mempelajari lebih dalam tentang teknik dan aspek spesifik SEO, mari berkenalan dengan definisi dasar, istilah, dan beberapa pertanyaan umum terkait SEO. Untuk menghemat waktu, karena artikel ini panjang, mari kita langsung mulai saja.

Apa itu SEO?

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses untuk membuat website mendapat peringkat di hasil halaman hasil mesin pencari (SERP), sehingga mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik (tidak berbayar).

Sejarah SEO dimulai sekitar tahun 90-an. Itu ketika mesin pencari muncul untuk pertama kalinya di internet. Masih sangat sederhana SEO saat ini, Anda cukup memastikan meta title dan deskripsi sesuai dengan kata kunci target. Web Anda akan muncul di mesin pencari.

Namun, saat ini halaman mesin pencari menjadi salah satu sumber informasi yang paling banyak digunakan manusia di seluruh dunia. Sehingga, ada banyak orang ingin website muncu di mesin pencari. Persaingan menjadi semakin tinggi. Maka, standar kualitas menjadi lebih penting untuk mendapat peringkat.

Apalagi saat ini, SEO menjadi salah satu strategi pemasaran penting dan dapat diandalkan untuk banyak bisnis. SEO berkembang menjadi industri yang banyak dibicarakan.

Optimisasi mesin pencari hanya berfokus pada hasil pencarian organik. Jadi bukan optimasi Pay-Per-Click (PPC). Walau pun, SEO dan PPC adalah bagian dari strategi Pemasaran Mesin Pencari (SEM).

Baca di sini untuk lebih jelasnya: SEO vs SEM: Apa Hubungan & Perbedaannya?

Panduan Belajar SEO Pemula

Mesin pencari digunakan oleh pengguna, ketika mereka mencari sesuatu di internet.

Dan SEO ingin memberikan jawabannya untuk sesuatu itu. Tidak masalah apakah itu menjual produk atau layanan, menulis blog, menyebar informasi atau apa pun. SEO adalah suatu keharusan bagi setiap pemilik website. Jika ingin ditemukan orang dari mesin pencari.

Untuk membuatnya lebih sederhana bagi pemula yang belajar SEO:

SEO adalah semua tindakan yang dilakukan untuk membuat Google menganggap website terkait sebagai sumber berkualitas dan layak mendapat memberi peringkat lebih tinggi yang sesuai dengan kueri penelusuran target Anda.

Catatan Penting

Meskipun SEO adalah singkatan dari“Search Engine Optimization”, yang artinya seluruh mesin pencari, namun dengan dominasi Google saat ini, kita cukup menggunakan istilah“Pengoptimalan Google”. Sepakat?

Berdasakan pengalaman, situs yang mendapat peringkat di Google, sering mendapat peringkat juga di mesin pencari lain.

Jika menurut Anda belum cukup mengenal apa itu SEO? Anda dapat lebih akrab di sini: Apa itu SEO? Maksud Dan Tujuannya

SEO singkatnya

Anda tidak perlu mengetahui SEMUA faktor dan algoritma yang tepat yang digunakan Google untuk menentukan peringkat situs web Anda. Namun, Anda harus mencakup komponen kunci SEO agar berhasil.

Cara mudah untuk memahami 3 faktor terpenting, seperti digambarkan oleh Mangools berupa semangkuk sup – Sup SEO.

Sup SEO

Tiga aspek penentu SEO:

Sebenarnya, dalam sebuah acara tanya jawab antara web master dengan Google, Andrey Lipattsev yang berkapasitas sebagai Pakar Strategi Kualitas Penelusurannya menjawab pertanyaan, jika faktor peringkat Google di kerucutkan menjadi dua, maka itu adalah backlink dan konten. ‘

Sementara, faktor teknis, ini bisa anggap sebagai pondasi atau wadah dari kedua unsur SEO tersebut.

  1. Faktor Teknis – Jika merujuk pada gambar ilustrasi Sup SEO tadi, faktor teknis SEO digambarkan sebagai mangkuk. Sebagai wadah atau tempat, dan atau pondasi. Ini mewakili semua aspek teknis untuk memastikan situs Anda bekerja, dapat akses dengan baik oleh pengguna mau pun bot crawler mesin pencari. Sebagai pondasi dia harus kuat dan mumpuni. Beberapa pakar SEO sering memasukkan faktor teknis dalam elemen SEO 0n-page. Atau SEO dalam halaman.
  2. Konten yang hebat – Yess. Konten is King! Dan dalam ilustrasi Sup SEO, konten digambarkan sebagai Sup itu sendiri. Ini yang akan di nikmati pengguna dan di nilai oleh bot mesin pencari. Bagian terpenting di website itu sendir. Jika, konten berkualitas rendah = tidak ada peringkat, sesederhana itu konsepnya.
  3. Backlink berkualitas – Backlink atau tautan masuk adalah bagian integral dari sebuah website. Sulit untuk dikatakan itu sebuah website, jika tidak ada tautan sama sekali. Dalam ilustrasi, bumbu mewakili backlink. Ini yang membuat makanan menjadi penting. Sentuhan yang membuat Sup menjadi bernilai. Backlink berfungsi untuk meningkatkan otoritas website.

    Siapa pun dapat memiliki konten hebat dan website yang dibuat dengan sempurna, tetapi pada akhirnya, situs tersebut harus dianggap penting dan memiliki nilai (otoritas). Backlink berkualitas berfungsi untuk mendapatkan otoritas. Bahan yang memungkinkan Sup menjadi sempurna. Sehingga layak disajikan di meja makan mewah dan menjadi rebutan orang.

Dalam panduan SEO pemula ini, saya tidak akan membahas 200 rangking factor yang cenderung membuat shok. Namun lebih berfokus pada semua aspek penting dari sudut pandang praktis. Dan tentunya, berdampak besar pada upaya SEO Anda.

Istilah Penting Dalam SEO

Segera! Setelah Anda mulai melangkah ke dunia SEO, itu akan akan menemukan beberapa istilah umum. Istilah ini untuk mencoba mengkategorikan berbagai aspek atau pendekatannya, seperti diantaranya:

  • SEO On-page & SEO off-page
  • SEO Black Hat & SEO White Hat

Ini sebenarnya adalah istilah yang tidak begitu penting sudut pandang praktis. Namun, ada baiknya Anda mengetahui maksud yang ingin disampaikan dalama bahasa istilah itu.

SEO On-page & SEO off-page

Istilah SEO on-page dan off-page adalah untuk mengkategorikan aktivitas SEO berdasarkan; apakah Anda melakukannya di dalam website atau diluar website.

SEO on-page adalah apa pun yang Anda lakukan di website – mulai dari pengoptimalan konten hingga pekerjaan aspek teknis. Sabar, nanti juga Anda akan tahu, apa-apa tentang aspek teknis itu.

  • Riset kata kunci
  • Pengoptimalan konten
  • Pengoptimalan tag judul
  • Pengoptimalan kinerja halaman
  • Tautan internal

Tujuannya adalah untuk menyediakan konten dan UX yang sempurna sambil menunjukkan kepada mesin pencari tentang halaman tersebut.

Catatan : SyaratnyaSEO di halamandanSEO teknisterkadang digunakan secara bergantian dan terkadang digunakan untuk membedakan pengoptimalan terkait konten (misalnya tag judul) dan pengoptimalan berorientasi teknis (misalnya kecepatan halaman).

SEO di luar halaman kebanyakan tentang mendapatkan backlink berkualitas untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web Anda memiliki otoritas dan nilai. Pembuatan tautan mungkin melibatkan teknik seperti:

  • Blog tamu
  • Jangkauan email
  • Bangunan tautan rusak

SEO di luar halaman juga terkait erat dengan area pemasaran online lainnya, sepertipemasaran media sosialdanmerek, yang berdampak tidak langsung dalam membangun kepercayaan dan otoritas situs web Anda.

Ingatlah bahwa strategi SEO yang sukses terdiri dari aktivitas SEO on-page dan off-page.

SEO White Hat vs. SEO Black Hat

Topi hitam dan topi putih berasal dari film-film Barat. Mereka mewakili orang jahat dan orang baik.

Dalam SEO, istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan dua kelompok SEO – mereka yang mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Pedoman Webmaster Google dan mereka yang tidak.

Ilustrasi SEO Black Hat - White Hat
Ilustrasi SEO Black Hat Versus White Hat oleh Garuda Website

SEO Black Hat adalah serangkaian praktik tidak etis dan cenderung manipulatif dalam memeringkatkan website. Hal yang paling lazin adalah berisi spam. Intinya, strategi yang dijalankan melanggar pedoman kualitas mesin pencari. Seperti Pedoman Google Webmaster.

Mengapa banyak orang melakukannya, karena; Teknik-teknik ini dapat membawa website ke puncak hasil pencarian dalam waktu singkat. Namun, mesin pencari kemungkinan besar akan menghukum dan melarang website hasil kerja seperti ini. Cepat atau lambat.

SEO White Hat adalah serangkaian upaya untuk memeringkatkan website yang mengacu pada semua teknik SEO reguler. Lebih berpegang pada pedoman dan aturan. Sulit dan perlu kerja ektra keras memang.

SEO model ini adalah strategi jangka panjang. Di mana peringkat yang baik adalah produk sampingan dari pengoptimalan yang baik, konten berkualitas, dan pendekatan yang berorientasi pada pengguna.

Sebagian besar pakar SEO setuju bahwa “topi putih” adalah cara yang harus ditempuh, ada pendapat berbeda tentang teknik link building (termasuk pembelian tautan).

Saya pribadi tidak mempermasalahkan, jika untuk membangun backlink Anda menggunakan layanan pihak ketiga. Namun, pastikan bahwa orang yang bekerja dengan Anda memahami landasan dasar metode link building. Termasuk paten Google’s Reasonable Surfer Model, tentang bagaimana Google memberlakukan tautan dalam perspektif pemeringkatan.

Intinya, Anda bukan membeli backlink, melainkan membayar profesionalitas dan waktu yang mereka dedikasikan pada Anda.

Sulit untuk mendapat tautan alami, tanpa bantuan tangan Anda. Apalagi, jika website Anda tidak terkenal dan belum mendapat kepercayaan dari orang-orang.

FAQs SEO

Bisakah saya melakukan SEO sendiri?

Belajar SEO Sendiri

SEO itu tidak mudah! Tapi itu juga bukan ilmu langit yang tidak terjangkau sama sekali.

Ada hal-hal yang benar-benar dapat Anda terapkan segera. Hanya menunggu sentuhan ujung jarinya. Namun, ada beberapa elemen yang membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha.

Jadi ya, Anda bisa melakukannya sendiri. Bahkan memungkinkan untuk menjadi SEO Specialist sekalipun.

Satu-satunya pertanyaan penting adalah; apakah Anda bersedia menginvestasikan waktu, tenaga dan fokus Anda untuk mempelajari semua aspek SEO. Jika tidak, mungkin alternatif terbaik adalah mempekerjakan seorang profesional dan menginvestasikan waktu Anda ke hal lain.

Bagaimana saya bisa belajar SEO?

Panduan SEO Pemula

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk belajar SEO:

  • Baca sumber terpercaya
  • Dapatkan pengalaman langsung
  • Jangan takut bereksperimen
  • Memiliki kesabaran (karena SEO butuh waktu)
  • Panduan belajar SEO ini, mungkin bisa menjadi langkah awal Anda untuk mulai mendalami ilmu SEO.

    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar SEO?

    Waktu Belajar SEO

    Jika Anda membaca panduan belajar SEO ini satu jam. Itu adalah waktu yang Anda butuhkan. Namun, untuk dapat melakukannya hingga ada hasil (peringkat website), jawaban umum dari banyak pakar SEO hampir semua menjawab: tergantung.

    Meskipun mungkin Anda telah memahami dasar-dasar SEO yang hanya memakan waktu tidak lebih lama dari beberapa minggu, penguasaan sebenarnya dari disiplin ini sangat bergantung pada praktiknya. Itu jelas membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

    Jika Anda memulai SEO website hari ini, hasil akan terlihat beberapa bulan kemudian. Hingga Anda melihat fakta bahwa, apa yang dilakukan sudah benar atau salah.

    Terakhir, tetapi tidak kalah penting, tentang fakta bahwa SEO berkembang sepanjang waktu. Anda harus selalu terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru, eksperimen, dan berinovasi.

    Apakah SEO Membutuhkan Alat?

    Tools SEO

    Yess! Jika Anda ingin mendalami ilmu SEO maka alat sangat dibutuhakn. Sangat penting data dan wawasan berguna yang disediakan oleh berbagai alat SEO. Dan ini memudahkan Anda untuk banyak hal. Memberi Anda keunggulan kompetitif yang besar dan menghemat banyak waktu.

    Berikut adalah beberapa alat SEO penting yang harus digunakan pelaku SEO:

  • Google Search Console
  • Alat analisis lalu lintas (mis. Google Analytics)
  • Alat penelitian kata kunci (mis. KWFinder)
  • Alat analisis backlink (mis. Ahref)
  • Pelacak peringkat (mis. SERPWatcher)
  • Apakah SEO sudah mati?

    Apakah SEO sudah mati

    Ketika beberapa orang menggunakan frasa“SEO sudah mati”, itu pada dasarnya untuk mereka yang terbiasa melakukan SEO black hat. Biasanya pendekatan SEO cenderung “upaya spam untuk menipu algoritma Google. Yang pernah berhasil dilakukan 10 tahun”

    Nah.. teknik seperti itu sudah mati.

    Namun, kebutuhan SEO dengan pendekatan baru itu akan terus ada. Ini adalah strategi pemasaran yang penting dan industri yang terus berkembang. Banyak bisnis membutuhkan SEO

    _ Chapter 2 _

    Mesin pencari

    Di bab 2 panduan belajar SEO untuk pemula ini, Anda akan berkenalan lebih dekat dengan mesin pencari, cara kerja, dan faktor ranking SEO terpenting di Google.

    Sebenarnya, saya sudah menulis secara spesifik tentang mesin pencari. Itu di sini: Apa Itu Mesin Pencari + 3 Fakta Cara Kerjanya

    Tapi disini, saya akan mengulasnya dalam satu babak permainan. Khusus terkait SEO.

    Apa itu mesin pencari?

    Mesin pencari adalah alat online yang sangat kompleks. Digunakan untuk membantu orang mengakses informasi di internet. Contoh tipikal? Itu adalah Google!

    Dan sebenarnya, dalam perspektif SEO Google mungkin satu-satunya contoh yang perlu Anda pelajari.

    Mari kita lihat grafik pangsa pasar mesin telusur di seluruh dunia (data oleh Statcounter):

    Source: StatCounter Global Stats – Search Engine Market Share

    Saat artikel ini ditulis, Google mengusasi 91.86% pasar di mesin pencari.

    Jadi ketika berbicara tentang mesin pencari dalam panduan SEO ini, yang saya maksudkan adalah Google. Mesin pencari lain bekerja dengan prinsip yang sama. Selama website bagus untuk Google, itu juga akan bagus untuk mesin pencari lain.

    Cara kerja mesin pencari

    Proses kerja mesin pencari terdiri dari langkah-langkah utama, Itu adalah sebagai berikut:

    1. Perayaban / Crawling
    2. Pengindeksan / Indexing
    3. Pemeringkatan / Rangking

    …dan hasil, itu yang ditampilkan di Search Engine Result Page (SERP) atau halaman hasil mesin pencari, yang dilihat oleh pengguna setelah mengetikkan kata kunci tertentu di kotak penelusuran.

    Prosesnya terlihat seperti ini:

    Cara Kerja Mesin Pencari 2

    Perayaban / Crawling

    Crawling adalah proses di mana bot (juga biasa disebut spider) mesin pencari memindai milyaran halaman web yang ada di internet secara terus menerus.

    Mesin pencari ini menggunakan program otomatis (disebut crawler atau bot) untuk mengikuti semua hyperlink dan menemukan halaman baru (dan atau pembaruan halaman yang mereka temukan sebelumnya).

    Martin Splitt, Analis Tren Webmaster Google, menjelaskan proses perayapan dengan cukup sederhana:

    “Kami memulai di suatu tempat dengan beberapa URL, dan kemudian pada dasarnya mengikuti tautan dari sana. Jadi kami pada dasarnya merangkak melalui internet (satu) halaman demi halaman, melalui tautan itu, kurang lebih.”

    Martin Splitt

    Pengindeksan

    Setelah website dirayapi, informasi diindeks. Mesin pencari mencoba menganalisis dan memahami halaman, mengkategorikannya, dan menyimpannya dalam indeks.

    Indeks mesin telusur pada dasarnya seperti perpustakaan raksasa dari semua website yang berhasil dirayapi dengan satu tujuan – untuk memahaminya dan menyediakannya untuk ditampilkan sebagai hasil pencarian.

    Dalam artian, saat Anda melihat URL di halaman SERP anda belum terhubung ke situs sebenarnya. Itu adalah data base mesin pencari. Dan saat Anda melakukan klik, baru Anda di arahkan ke situs sebenarnya.

    Tips

    Jika ingin mengetahui apakah halaman web Anda telah dirayapi dan diindeks, cukup membuka alat analisis Google Search Console (selengkapnya tentang alat ini di bab terakhir) dan gunakan fungsi Inspeksi URL:

    Inspeksi URL

    Anda akan melihat kapan halaman terakhir dirayapi serta peringatan tentang potensi masalah perayapan dan pengindeksan yang mungkin dimiliki Google dengan halaman Anda.

    Pemeringkatan / Rangking

    Langkah selanjuatnya, mesin pencari akan memilih hasil terbaik dan membuat daftar halaman web yang akan di munculkan di hasil pencarian saat pengguna melakukan pencarian.

    Ini adalah proses dimana mesin pencari menggunakan sinyal peringkat dari setidaknya 200 faktor sebagai bahan pertimbangan.

    Halaman Hasil

    Setelah pengguna internet mengirimkan permintaan pencarian, mesin pencari menggali ke dalam indeks dan mengeluarkan hasil terbaik. Daftar hasilnya dikenal sebagai SERP (Search Engine Result Page).

    Sekarang, kita akan melihat lebih dekat gambaran sistem Algoritma Pencarian Google. Dalam proses menentukan peringkat website.

    Algoritma Google

    Algoritma Penelusuran Google digunakan sebagai istilah umum untuk merujuk pada semua algoritme individual, sistem pembelajaran mesin, dan teknologi yang digunakan Google untuk menentukan peringkat website.

    Untuk memberikan hasil terbaik, Google akan mempertimbangkan berbagai faktor. Dan yang paling utama, diantaranya adalah:

    • Arti dari kueri– mesin pencari perlu memahami apa sebenarnya yang dicari pengguna
    • Relevansi halaman– halaman harus relevan dengan permintaan pencarian
    • Kualitas konten– mesin pencari mencoba untuk memilih hasil terbaik dalam hal kualitas konten
    • Kegunaan halaman– halaman juga harus dapat digunakan (dalam hal aksesibilitas, keterbacaan, keamanan, dll.)
    • Konteks dan pengaturan– terakhir namun tidak kalah pentingnya, lokasi pengguna, pengaturan, dan riwayat pencarian akan dipertimbangkan juga.

    Seperti halnya sistem kompleks lainnya, algoritme Google selalu diperbarui dan diubah secara teratur. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas halaman hasil.

    Selain pembaruan algoritma kecil yang terjadi setiap hari, Google biasanya meluncurkan beberapa pembaruan algoritma inti per tahun.

    Ini biasanya, secara resmi diumumkan oleh Google dan membuat banyak kepanikan di komunitas SEO.

    Menelusuri daftar pembaruan algoritme inti terpenting (mis. Panda, Penguin, Kolibri,…) bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan ikhtisar singkat tentang, bagaimana Google Penelusuran dan SEO berkembang dalam waktu ke waktu.

    Untuk mempelajari lebih lanjut, baca postingan mendetail: 21 Algoritma Google Yang Wajib Diketahui SEO

    Penilai Kualitas Penelusuran

    Selain algoritma, Google juga menggunakan input data manusia.

    Ada ribuan karyawan Google eksternal yang disebut “Penilai Kualitas Penelusuran” yang mengikuti pedoman ketat (tersedia untuk umum), mengevaluasi hasil penelusuran aktual, dan menilai kualitas halaman yang diberi peringkat.

    Contoh khas halaman yang menjalani evaluasi ketat semacam ini adalah yang disebut Halaman YMYL (Uang Anda, Hidup Anda)– halaman yang membahas topik penting yang dapat memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, keselamatan, atau kesejahteraan finansial seseorang.

    Penilai Kualitas tidak memengaruhi peringkat secara langsung, tetapi data mereka digunakan untuk meningkatkan algoritme penelusuran.

    Faktor peringkat

    Semua pakar SEO tahu, mesin pencari seperti Google menyimpan perhitungan yang tepat dari algoritma mereka secara rahasia. Meskipun demikian, banyak faktor peringkat yang cukup penting dan diketahui secara umum.

    Faktor peringkat adalah topik yang sangat dibahas dalam dunia SEO.

    Banyak dari mereka telah secara resmi dikonfirmasi oleh Google, tetapi banyak yang masih berupa spekulasi dan teori. Dari sudut pandang praktis, penting untuk fokus pada faktor-faktor yang memiliki dampak yang terbukti, tetapi juga perlu untuk mencoba dan menjaga “skor bagus” di semua area.

    Cyrus Sheppard dari Zyppy membuat daftar faktor sukses Google yang bagus (faktor yang berkorelasi dengan peringkat yang lebih tinggi).

    Berikut adalah 10 faktor peringkat website paling penting:

    Ilustrasi 10 Faktor Peringkat Website
    • Konten yang ditargetkan dengan baik– Anda perlu mengidentifikasi apa yang dicari orang dan membuat konten berkualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka
    • Website yang dapat dirayapi– ini mudah – jika Anda ingin mendapat peringkat, website Anda seharusnya dapat diakses dengan baik oleh mesin pencari.
    • Kualitas dan kuantitas tautan– semakin banyak halaman berkualitas yang tertaut ke website Anda, itu menunjukkan situs Anda populer. Seiring dengan itu otoritas juga meningkat di mata Google
    • Konten berorientasi pada niat pengguna– SEO bukan hanya tentang kata-kata apa yang Anda gunakan, tetapi juga tentang jenis konten dan kelengkapannya – jika pengguna senang, Google ikut senang. Begitu konsepnya.
    • Konten unik– berhati-hatilah dalam menggunakan konten duplikat di situs web Anda
    • E.A.T: Expertise, Authority, Trust (Keahlian, Otoritas, Kepercayaan)– sinyal E-A-T dievaluasi oleh Penilai Kualitas Google – jadi pastikan Anda membangun dan membuktikan keahlian dan kepercayaan Anda. Seperti menulis topik yang menunjukkan bukti bahwa Anda memang kredibel.
    • Konten segar– kesegaran konten itu artinya Anda up to date. Hanya menerbitkan konten yang relevan dengan apa yang terjadi saat ini.
    • Rasio klik-tayang– optimalkan tag judul dan deskripsi meta Anda untuk meningkatkan RKT halaman web Anda
    • Kecepatan website– pastikan pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengakses halaman, jika tidak, ada kemungkinan besar mereka akan pergi sebelum benar-benar mengunjunginya
    • Bekerja di perangkat apa pun– Website Anda harus responsive. Artinya, dapat bekerja dengan sempurna di perangkat dan ukuran layar apa pun (ingat bahwa sebagian besar pengguna internet menggunakan perangkat seluler!)

    Catatan Penting

    Konten adalah apa yang akan dikonsumsi oleh pengguna. Dan ini adalah faktor SEO nomor 1. Ini akan kita bahas pada bagian 4 nanti.

    Sedikit tambahan, ini adalah faktor peringkat yang cukup memberi dampak terhadap keberhasilan SEO Anda. Diantaranya adalah:

    • Kedalaman konten
    • Pengoptimalan gambar
    • Otoritas topikal
    • Halaman yang terstruktur dengan baik
    • Sinyal media sosial
    • Keamanan situs (Penggunaan HTTPS)

    Ada banyak mesin pencari, tetapi sejauh ini hanya Google yang paling maju dalam Pencarian Informasi, Pemahaman Bahasa Alami, dan Pemrosesan Bahasa Alami.

    Dalam 25 tahun terakhir, mesin telusur beralih dari evaluasi berbasis teks murni ke era pembelajaran mesin.

    Saat ini, Google mendalami tentang niat pengguna setiap bulan dan mampu mendeteksi nuansa kecil dalam keinginan sebenarnya dari para pencari: kualitas konten, penawaran produk, desain, pengalaman pengguna. Ini benar-benar tidak ada batasan.

    Dampaknya, SEO telah berubah dari mengoptimalkan kriteria tetap menjadi bekerja menuju pengalaman pengguna yang optimal.

    Belajar SEO yang cerdas, seharusnya memahami bahwa tekniknya harus melampaui backlink dan konten. Pendekatan optimasi lebih memprioritaskan kebutuhan pencari dalam konteks kata kunci.

    _ Chapter 3 _

    Riset Kata Kunci

    Riset kata kunci

    Cara orang mencari sesuatu di internet adalah mengetik frasa kata sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Ini kita sebut dengan kata kunci. Anda harus memahami kata kunci apa yang biasa digunakan oleh pengguna, saat mencari sesuatu yang ada di halaman website Anda.

    Riset kata kunci adalah teknik untuk mencocokkan antara konten Anda dengan kata kunci yang digunakan oleh pencari. Sehingga Anda dapat ditemukan dengan mudah.

    Riset kata kunci dapat dikatakan sebagai tugas dasar SEO. Dalam bab ini, Anda akan belajar bagaimana menemukan niche Anda dan bagaimana menentukan kata kunci yang cocok untuk dapat Anda rangking.

    Riset kata kunci harus menjadi langkah pertama dalam perjalanan SEO Anda. Ini sangat penting dalam dua skenario umum:

    • Mengenal niche Anda– saat memulai website baru, penelitian kata kunci dapat memberikan gambaran yang bagus tentang sub-topik apa yang menarik bagi orang-orang di niche atau industri Anda
    • Menemukan ide konten baru– penelitian kata kunci dapat membantu Anda menemukan peluang kata kunci yang paling menguntungkan dan merencanakan strategi konten Anda

    Bagaimana cara menentukan kata kunci?

    Ada berbagai cara untuk menemukan kata kunci.

    Tugas pertama Anda adalah membuat kata kunci benih– frasa yang akan Anda gunakan sebagai batu loncatan untuk menemukan lebih banyak ide kata kunci.

    Jika Anda menjalankan blog ayam, frasa sederhana seperti“jenis ayam”,“pakan ayam”atau“kandang ayam” akan bekerja dengan baik.

    Cara klasik untuk mencari kata kunci:

    Saran Google

    Google menawarkan banyak saran kata kunci langsung di SERP. Fitur seperti Autocomplete, Orang Juga Bertanya atau Pencarian terkait bisa menjadi sumber ide kata kunci yang bagus.

    Dengan fitur autocomplete, Anda hanya perlu menuliskan benih kata kunci ke dalam pencarian Google dan saran akan muncul secara otomatis.

    Riset Keyword di Google Sugest

    Anda dapat menggabungkan kata kunci benih dengan huruf yang berbeda dari alfabet untuk menemukan lebih banyak ide pelengkapan otomatis (mis.riset keyword, riset keyword b,…)

    Berikut contoh lain dari ide kata kunci yang dapat ditemukan di bagian penelusuran terkait:

    Keyowrd Penelusuran Terkait

    Saran didasarkan pada permintaan pencarian nyata yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Yang artinya, itu kata kunci yang biasa digunakan orang saat melakukan pencarian.

    Anda juga bisa menggunakan fitur “orang juga bertanya” untuk ide keyword, seperti ini:

    Orang juga bertanya

    Catatan

    Selain Google, ada banyak platform lain yang dapat membantu Anda menemukan ide kata kunci baru. Fokus pada yang digunakan oleh orang-orang di niche Anda untuk mengajukan pertanyaan, berkomunikasi, dan berbagi ide. Beberapa contoh: Reddit, Quora, YouTube, forum, grup Facebook…

    Alat riset kata kunci

    Ada banyak alat kata kunci gratis yang dapat memberi Anda ratusan ide kata kunci berdasarkan satu kata kunci awal. Masalahnya adalah: mereka sangat terbatas dalam hal fitur lain. Beberapa diantaranya:

    1. Google Trends;
    2. Keyword Generator;
    3. Keyword Sheeter;
    4. Answer the Public;
    5. Keyword Surfer;
    6. Keyworddit;
    7. Google Search Console;
    8. Questiondb;
    9. Bulk Keyword Generator;
    10. Google
    11. KWFinder
    12. UberSuggest

    Jadi, jika Anda menghasilkan uang dengan website Anda dengan cara apa pun, alat riset kata kunci berbayar berkualitas adalah investasi besar yang akan terbayar cepat atau lambat.

    Selain saran kata kunci, alat profesional menawarkan metrik dan wawasan SEO berguna lainnya untuk mengevaluasi kata kunci dan memilih yang terbaik. Jadi mereka dapat menghemat banyak waktu dan memberi Anda keunggulan kompetitif.

    Ada dua cara untuk memulai penelitian kata kunci dengan alat kata kunci:

    • domain/URL pesaing
    • kata kunci seed (benih)

    Berikut tampilan daftar saran kata kunci di UberSuggest:

    Cara Riset Keyword 2

    Metrik kata kunci

    Dalam proses riset kata kunci, seharusnya tujuan utama adalah menemukan kata kunci yang relevan dengan volume pencarian tinggi dengan tingkat kesulitan yang rendah– itulah kombinasi ideal dari tiga faktor terpenting dari penelitian kata kunci.

    Kata kunci yang ideal

    Jadi, dasar utama sebelum Anda melakukan riset, 3 element ini penting untuk menjadi landasan kata kunci yang dicari. Jika salah satu unsur tidak ada, itu akan membuat pekerjaan Anda menjadi sia-sia.

    Masa Lalu

    SEO masa lalu, pembuat konten melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci volume pencarian tinggi.

    Selanjutnya, memasukkannya ke dalam konten untuk mengelabui algoritma mesin pencari. Sehingga mendapat peringkat tinggi dalam pencarian organik. Hasil pencarian seperti ini, tidak memberi pengalaman yang baik pada pengguna.

    Google menyempurnakan sistem pemeringkatkan mereka. Sehingga, penelitian kata kunci menjadi jauh lebih kompleks.

    Kata kunci Long Tail vs. volume pencarian

    Banyak panduan penelitian kata kunci merekomendasikan untuk berfokus pada apa yang disebut long tail – keyword atau kata kunci ekor panjang; yang lebih spesifik dan biasanya terdiri dari lebih banyak kata.

    Alasannya sederhana:

    Long tail keyword cenderung memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah dan tingkat konversi yang lebih tinggi. Itu karena kuerinya lebih spesifik, jadi ada kemungkinan pengguna lebih dekat dengan tindatakan atau konversi.

    Pencarian yang serius cenderung akan mencari sesuatu yang lebih spesifik – perkiraannya sekitar 70% dari semua lalu lintas berasal dari kata kunci ekor panjang.

    Sementara, kata kunci pendek mungkin memiliki volume pencarian sangat tinggi. Namun, dengan maksud yang sangat luar. Cenderung ambigu. Jika Anda mencoba untuk memeringkatkanya, itu artinya harus berhadapan dengan situs-situs otoritas tinggi. Seperti Wikipedia atau situs e-commerce sekelas Tokopedia, Shopee dan kawan-kawannya.

    Hasil pencarian baju

    Coba Anda renungkan sejenak, ketika orang mengetik kata kunci “baju”; apa niat pencarian model ini? Apakah mau beli baju, lihat gambar baju, cara membuat baju, atau lainnya? Ambigu… sangat, beib…

    Longtail Keyword

    Tentu saja, sisi negatifnya adalah volume pencarian yang lebih rendah. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan semua aspek dan menemukan keseimbangan antara upaya dan potensi manfaat.

    Selain itu, peringkat hanya untuk kata kunci bervolume tinggi saja tidak selalu memungkinkan.

    Yang benar adalah bahwa sebagai website baru, Anda tidak akan dapat menentukan peringkat untuk kata kunci besar, atau kata kunci yang ditargetkan website besar.

    Namun, itu tidak berarti Anda tidak boleh mencobanya, apalagi jika telah mampu memantapkan diri di pasar dan mendapatkan otoritas.

    Ini semua tentang mengevaluasi peluang Anda yang sebenarnya. Metrik yang disebut “tingkat kesulitan kata kunci” dapat membantu dalam hal itu.

    Kesulitan kata kunci

    Setelah Anda menemukan kata kunci yang ingin Anda rangking, Anda harus mencari tahu seberapa sulitnya dengan mengevaluasi persaingan. Biasanya dinyatakan dengan metrik yang disebut kesulitan kata kunci.

    Di sebagian besar alat, nilai kesulitan kata kunci ditunjukkan pada skala dari 0 hingga 100. Semakin tinggi skornya, semakin sulit untuk menentukan peringkat di SERP.

    Ini didasarkan pada otoritas peringkat halaman untuk kata kunci yang diberikan.

    kata kunci toko baju

    Dengan memperhatikan kesulitan kata kunci:

    • Anda akan mendapatkan ikhtisar yang bagus tentang apa kata kunci “besar” dan pemain “besar” di niche pasar Anda
    • Anda akan dapat mengidentifikasi kata kunci yang memiliki peluang nyata untuk mendapatkan peringkat
    • Anda akan dapat menghemat banyak waktu dengan berfokus pada kata kunci yang dapat memberi Anda hasil meskipun Anda belum berada di otoritas tinggi

    Nilai kesulitan kata kunci dapat bervariasi di alat yang berbeda – Anda dapat melihat skor 30 di satu alat dan 50 di alat lain untuk kata kunci yang sama persis.

    Itu karena perhitungannya didasarkan pada metrik dan algoritme yang sedikit berbeda. Namun, ini cukup untuk menjadi pertimbangan awal Anda.

    Relevansi kata kunci

    Last but not least, kata kunci Anda harus relevan. Cara termudah adalah melakukan analisis SERP yang tepat untuk mengetahui:

    1. Apakah Anda mampu bersaing dengan website di SERP 1 (lihat bagian sebelumnya tentang kesulitan kata kunci)
    2. Apa maksud pencarian di belakang kata kunci yang ingin dioptimalkan. Ini biasa disebut sebagai search intent.

    Dengan melihat SERP, Anda dapat mengidentifikasi apa maksud pencarian di balik kueri dan apakah itu cocok dengan konten Anda.

    Ada 4 jenis maksud penelusuran yang berbeda:

    • Navigasi– mencari website/merek tertentu
    • Informasi– mencari informasi umum
    • Transaksional– pengguna ingin membeli sesuatu secara online
    • Komersial– pengguna melakukan penelitian sebelum membeli

    Lihat tabel ini untuk melihat beberapa contoh:

    SEARCH INTENTCONTOHTIPE CONTENT
    NAVIGASIGoogle Sarch ConsoleHomepage
    INFORMASICara Riset KeywordHalaman Blog, Video
    TRANSAKSIONALBeli Baju Kebaya TerdekatHalaman Produk
    KOMERSIALReview Laptop Gaming MSI gf63Halaman Review, Panduan Belanja
    Marshub.ORG

    Katakanlah Anda mengelola toko e-commerce yang menjual “peralatan kantor”. Anda ingin mengoptimalkan halaman produk set meja kantor model terbaru dan Anda menemukan kata kuncinya“meja kantor terbaik”. Ini memiliki volume pencarian yang solid dan kesulitannya tidak terlalu tinggi.

    Namun, jika Anda melihat hasil pencarian, bahwa semua peringkat halaman untuk“meja kantor terbaik” adalah ulasan dan panduan pembelian, bukan halaman produk. Dengan kata lain, Google menganggapnya frasa tersebut sebagai kata kunci komersial, bukan kata kunci transaksional.

    Pandangan sekilas yang ada di halaman SERP akan memberi tahu Anda hal itu. Mudah bukan?

    Jadi dalam pengembaraan mencari kata kunci, selalulah ingat hal ini. Sehingga Anda tidak akan mengoptimalkan kata kunci yang salah.

    Sebagian besar orang yang melakukan penelitian kata kunci, “sering lupa daratan” saat melihat volume pencarian yang tinggi. Sehingga, cenderung melakukan kesalahan terbesar. Hanya melihat angka di alat kata kunci. Dan mengabaikan faktor search intent.

    Untuk berada pada tempat yang tepat dan tujuan tercapai, Anda harus mempertimbangkan niat pencarian. Bahkan lebih penting daripada volume pencarian.

    100 volume pencarian untuk niat yang tepat, itu bisa berdampak konversi tinggi. Ketimbang, 1.000 pencarian tapi Anda berada di jalan yang salah.

    Mengapa?

    Pertama, Google benar-benar tahu jenis konten apa yang ingin mereka tampilkan untuk setiap kueri. Jika Anda memeriksa hasil teratas, Anda akan sering melihat hasil yang serupa.

    Jadi, jika Anda tidak termasuk dalam kategori yang ingin Google tampilkan, peluang peringkat Anda sangat rendah, bahkan jika website Anda memiliki semua metrik SEO terbaik.

    Konten Anda, dianggap tidak relevan dengan niat pencarian penguna mereka.

    Kedua, bahkan jika Anda benar-benar mendapatkan pengunjung dari Google, perubahan kecil dalam kueri memiliki arti yang sangat berbeda bagi orang-orang dan beberapa mungkin tertarik untuk membeli barang-barang Anda, sementara yang lain benar-benar tidak peduli. Bahkan merasa berada di halaman yang salah.

    Sebagai contoh:

    Jika Anda memeriksa kata kunci“vacuum cleaner” banyak orang yang mencarinya (40.500 rata-rata volume pencarian bulanan).

    Vacuum Cleaner

    Tetapi orang lebih cenderung mencari hasil merek dan halaman e-niaga. Inilah mengapa Google menampilkan hasil pencarian di SERP seperti, Tokopedia, Shoppee, Bhinneka, Philips dll.

    Vacuum Cleaner 2

    Dan kemungkinan besar Anda tidak akan menjual apa pun kepada mereka.

    Sedangkan pertanyaan“Vacuum Cleaner Terbaik” memiliki volume pencarian yang jauh lebih sedikit (5.400 volume pencarian bulanan rata-rata). Tetapi kuerinya jauh lebih komersial, itulah sebabnya Google menunjukkan panduan pembelian alih-alih halaman produk Shoppe atau Tokopedia.

    Vacuum Cleaner Terbaik

    Jadi saat melakukan riset kata kunci, jangan hanya fokus pada volume pencarian, niat adalah metrik yang paling penting.

    _ Chapter 4 _

    Content SEO

    Pengoptimalan konten

    SEO dan konten seharusnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan. SEO yang sukses, selalu didukung konten yang hebat. Jadi, Anda tidak bisa lari dari strategi konten untuk penerapan SEO itu sendiri.

    Istilah kuno bahwa konten adalah raja, itu masih berlaku hingga saat ini. Dengan kata lain: tidak ada gunanya melakukan SEO jika konten Anda sampah.

    Karena konten adalah nomor satu dalam daftar faktor peringkat, ini akan kita bahas secara mendalam. Dan seharusnya, Anda lebih serius pada bagian ini.

    Identifikasi topik & organisasi

    Dalam panduan belajar SEO untuk pemula ini, strategi konten harus didasarkan pada pemahaman yang tepat tentang; niche yang Anda. Ini menyangkut rencana yang terkait dengan kebutuhan audiens target Anda.

    Dibagian atas, kita sebenarnya telah memasuki bagian pertama untuk strategi konten SEO –menemukan kata kunci yang tepat– adalah awal yang penting. Langkah kedua adalah mengidentifikasi topik.

    Pada beberapa hal, banyak kata kunci merupakan topik yang berdiri sendiri. Tapi tidak selalu seperti itu.

    Lihatlah contoh berikut:

    Strategi konten

    Katakanlah Anda merencakan konten cara membuat toko online. Maka Anda akan menemukan beberapa kata kunci seperti:

    • Cara membuat toko online
    • Bagaimana cara memulai toko online
    • Cara memulai toko online
    • Tutorial membuat blog sendiri
    • dst.

    Anda mungkin memperhatikan bahwa meskipun kata-katanya berbeda, semuanya tentang hal yang sama – membuat toko online.

    Tidak masuk akal untuk membuat pos terpisah untuk masing-masing kata kunci tersebut. Sebagai gantinya, Anda mungkin dapat mengelompokkannya ke dalam satu topik –cara membuat toko online – dan membahasnya dalam panduan komprehensif yang berpotensi memberi peringkat untuk masing-masing kata kunci ini.

    (Jika Anda melakukan analisis SERP cepat, Anda akan melihat bahwa hasil pencarian hampir sama untuk semuanya).

    Setelah Anda menetapkan topik, Anda dapat kembali ke tingkat kata kunci dan memilih salah satu yang paling mewakili topik Anda – kata kunci fokus (juga disebut kata kunci target).

    Prinsip dasar strategi konten untuk SEO sederhana:

    1 halaman = 1 topik = 1 kata kunci fokus

    Untuk memilih kata kunci fokus, Anda harus mengikuti prinsip-prinsip penelitian kata kunci yang telah kita bahas secara luas di bab sebelumnya – pertimbangkan tentang volume pencarian, kesulitan dan relevansi.

    Bagaimana cara mengatur topik?

    Cara yang bagus untuk merencanakan dan mengatur topik Anda adalah dengan menggunakan apa yang disebut hub konten.

    Hub konten adalah kumpulan halaman yang semuanya terkait dengan topik tertentu.

    Halaman-halaman tersebut saling terkait dan memberikan gambaran umum tentang topik tersebut serta wawasan yang lebih dalam tentang sub-topik.

    Ada dua jenis konten untuk mencapai itu:

    • Konten pilar– halaman pilar yang memberikan gambaran umum tentang topik yang luas, biasanya menargetkan kata kunci yang luas (misalnya blogging)
    • Konten kluster– halaman pendukung yang berfokus pada subtopik dalam tema secara rinci (misalnya manfaat manfaat blogging, cara blogging, cara membuat blog)
    HUB CONTENT

    Strategi ini memiliki banyak manfaat:

    • Konsep ini memberi nilai lebih untuk pembaca dengan membahas setiap topik secara mendetail – mereka tidak perlu mengunjungi website lain untuk mempelajari semua tentang topik tertentu.
    • Konsep ini perlu rencana penyusunan konten yang mencakup semua kata kunci penting dari niche terkait. Itu seharusnya secara sistematis dan terstruktur dengan baik. Anda akan terlihat sebagai E.A.T dalam topik tersebut.
    • Konsep ini juga berkonstribusi dalam meningkatkan otoritas topikal dengan menghubungkan halaman yang terkait erat secara topikal

    Targetkan berbagai jenis niat

    Saat memilih topik untuk konten, ingatlah bahwa ada berbagai jenis maksud pencarian (lihat bab sebelumnya) – informasional, navigasi, transaksional, dan komersial.

    Anda tidak harus “menjual” di setiap postingan. Dengan berfokus pada berbagai jenis maksud penelusuran (termasuk yang bersifat informasional), itu dapat menargetkan berbagai tahap perjalanan pembeli. Ini biasanya disebut strategi content marketing.

    Sebagai manfaat sampingan:

    • Anda akan menetapkan diri Anda sebagai otoritas di industri terkait
    • Anda akan membangun kepercayaan dan kesadaran merek
    • Anda akan menjangkau pengguna baru (yang mungkin akan berkonversi nanti)

    Optimasi kata kunci fokus

    Setelah memiliki kata kunci fokus, itu dapat digunakan untuk mengoptimalkan halaman konten sesuai topik yang telah direncakan.

    Berikut daftar semua elemen yang perlu mendapat sentuhan kata kunci fokus tersebut:

    • Tag judul dan deskripsi meta
    • URL
    • Judul dan subjudul
    • Teks isi
    • Metadata gambar
    • Teks jangkar dari tautan internal
    Fokus Keyword Visualisasi

    Tag judul dan deskripsi meta

    Menempatkan kata kunci fokus Anda di tag judul (dan, pada tingkat lebih rendah, dalam deskripsi meta) sangat penting. Idealnya, sedekat mungkin dengan awal.

    Jika Anda menulis tentang topik tertentu, wajar saja jika kata kunci target muncul di elemen halaman yang merangkum konten halaman.

    Berikut adalah contoh cuplikan SERP untuk posting tentang “21 Algoritma Google” dengan kata kunci fokus “algoritma Google”.

    Optimasi Meta SEO

    Kita akan membahas lebih banyak tentang tag judul dan pengoptimalan deskripsi meta di bab berikutnya.

    URL

    URL Anda harus pendek dan mudah dibaca. Ini bukan faktor SEO yang paling penting, tetapi dapat membantu.

    Algoritma Google 2

    Salah satu manfaatnya: Jika seseorang menautkan ke halaman Anda dengan apa yang disebut “URL telanjang”, backlink akan menyertakan kata kunci fokus Anda.

    Judul dan isi teks

    Ini adalah praktik terbaik untuk menggunakan kata kunci fokus Anda di judul H1 halaman. Jika sesuai, ini dapat digunakan di beberapa subpos.

    Belajar optimasi SEO Tag Judul

    Pada akhirnya, di sub artikel saya kembali menggunakan kata kunci fokus, itu akan muncul di teks isi beberapa kali.

    algoritma Google jenis

    Selalu ingat bahwa, tidak ada yang namanya jumlah tampilan kata kunci yang ideal (alias kepadatan kata kunci) di sebuah halaman. Beberapa Plugin SEO di WordPress menyarankan pengulangan kata kunci dilakukan setiap minimal 300 kata. Namun itu tidak baku.

    Jangan sampai, karena terlalu mengoptimalkan kata kunci pada konten, malah itu merusak gaya tulisan. Sehingga menggangu kenyamanan pengguna. Anda tetap harus membuatnya natural.

    Metadata gambar

    Anda dapat memasukkan kata kunci fokus ke dalam berbagai metadata gambar, yaitu:

    • nama file gambar judul gambar
    • keterangan gambar
    • teks alternatif gambar

    Teks alternatif adalah yang paling penting dari sudut pandang SEO– ini juga berfungsi untuk mendeskripsikan gambar untuk pengunjung tunanetra serta perayap (yang juga tidak dapat “melihat” gambar).

    Jenis Algoritma Google

    Khusus untuk teks alt, Anda tidak perlu memasukan semua frasa kata pada judul.

    Jika kata kunci fokus Anda adalah“cara belajar SEO untuk pemula”dan Anda akan menampilkan gambar seorang wanita yang sedang bekerja di laptop, Anda tidak perlu menggunakan teks alt“seorang wanita sedang membaca panduan cara belajar SEO untuk pemula”.

    Teks jangkar dari tautan internal

    Last but not least, Anda harus menggunakan kata kunci fokus dalam teks jangkar tautan internal.

    Anchor text adalah bagian link yang terlihat. Jika berisi kata kunci fokus, Anda memberi tahu Google tentang halaman yang Anda tautkan.

    Dan pada akhirnya, di halaman lain Cara mendapatkan Backlink saya membuat tautan dengan anchor text: Algoritma Google.

    Belajar Internal Link

    Catatan

    Konsep anchor text pada tautan juga berlaku untuk tautan eksternal. Namun, Anda tidak selalu dapat memengaruhi anchor text apa yang akan digunakan pada halaman eksternal di situs orang lain yang tertaut ke situs Anda.

    Disisi lain, ada potensi bahaya memanipulasi teks jangkar dari tautan balik Anda (ini adalah masalah besar dimata Google). Selengkapnya, baca: Panduan Link Building SEO Untuk Pemula

    Sekarang, inilah bagian terpenting tentang optimasi halaman SEO terkait kata kunci fokus: Jangan paksa penempatannya jika itu membuatnya tidak alami.

    Gunakan akal sehat dan tulislah secara alami.

    Bagaimana dengan kata kunci LSI?

    Banyak “ahli” SEO menyarankan untuk menggunakan apa yang disebut kata kunci LSI.

    Maksudnya adalah, Anda harus menemukan sinonim dan kata kunci terkait dan “menaburkannya” di seluruh halaman untuk memastikan Google tahu tentang apa itu.

    Sebenarnya, kata kunci LSI hanyalah mitos SEO yang berbahaya.

    Inilah alasannya:

    • istilah itu tidak masuk akal dan tidak ada hubungannya dengan algoritme pengindeksan semantik laten asli, “teknik” terlalu menekankan gagasan
    • menggunakan kata-kata tertentu secara artifisial, yang menimbulkan risiko besar bagi integritas teks Anda (dan biasanya mengarah ke isian kata kunci)

    John Mueller, Analis Tren Webmaster di Google, menyimpulkan fenomena kata kunci LSI dengan cara berikut:

    “Tidak ada yang namanya kata kunci LSI – siapa pun yang memberi tahu Anda sebaliknya salah, maaf.”

    Apa yang harus dilakukan?

    Pikirkan tentang “cara membuat postingan serelevan mungkin”, bukan “cara mengisi postingan dengan kata kunci agar menurut Google relevan”.

    Ini sebenarnya cukup sederhana: Analisis pesaing Anda, pelajari topiknya dan bahas secara komprehensif. Jika Anda melakukannya, Google akan mencari tahu topik halaman Anda.

    Kualitas konten

    Saat ini, peringkat untuk hampir semua kata kunci jauh lebih sulit daripada di masa lalu –sebagian besar nihce sudah terlalu jenuh.

    Tetapi ada satu strategi yang bekerja dengan sempurna – membuat konten yang 10x lebih baik dari pesaing Anda, juga dikenal sebagai strategi “konten 10x”.

    Konten 10x

    Inilah artinya dalam praktik:

    Kualitas yang lebih baik

    • Tutupi topik lebih menyeluruh daripada pesaing Anda (Anda benar-benar dapat melihat halaman peringkat teratas dan mencoba mencari tahu apa yang dapat dilakukan dengan lebih baik)
    • Memberikan informasi dan data yang lebih up-to-date
    • Berikan lebih banyak keahlian (wawasan fitur dari para ahli di niche Anda) dan kepercayaan (kutip sumber tepercaya)
    • Jadilah orisinal, gunakan data unik, berikan sudut pandang baru, lakukan eksperimen
    • Tautan ke sumber daya relevan lainnya yang berkualitas tinggi

    Apakah “menautkan” ke website lain baik untuk SEO?

    Banyak orang takut menautkan ke wesbsite lain karena mereka tidak ingin “mengusir pengunjung mereka”. Yang benar adalah, menautkan ke sumber daya berkualitas lainnya, bisa baik untuk Anda dari sudut pandang SEO.

    Menautkan ke konten yang relevan membantu memperkuat sinyal topikal halaman Anda. Ini dapat membantu Google untuk lebih memahami konteks situs Anda dan memberikan nilai tambah bagi pengunjung Anda.

    Desain yang lebih baik

    • Gunakan tata letak unik untuk konten terpenting Anda
    • Tambahkan media visual yang memukau (ilustrasi, infografis, bagan, gif, tangkapan layar, video)
    • Gunakan ilustrasi Anda sendiri dan hindari stok foto

    UX yang lebih baik

    • Pastikan teks dapat dibaca (jenis dan ukuran font) dan bebas dari kesalahan tata bahasa
    • Hindari teks panjang yang berputar-putar– tulis paragraf pendek yang mudah dicerna
    • Gunakan elemen navigasi (misalnya daftar isi) untuk halaman yang lebih panjang
    • Gunakan kutipan, kotak info, daftar berpoin, kalimat yang dicetak tebal
    • Optimalkan aspek teknis (lebih lanjut tentang itu di bab berikutnya.)

    Panjang konten

    Banyak orang berpikir bahwa panjang konten adalah salah satu faktor peringkat. Ada penelitian terkenal dari Backlinko yang menunjukkan bahwa postingan dengan sekitar 2.000 kata memiliki peringkat lebih baik di Google.

    Panjang Artikel

    Meskipun benar bahwa konten yang lebih panjang memiliki peringkat yang lebih baik di Google, bukan jumlah kata yang membawa peringkat tinggi. Itu fakta bahwa posting panjang, biasanya mencakup topik dengan cara yang lebih komprehensif.

    Hari ini, saya tidak pernah membuat blog di bawah 2.000 kata, jika tujuan saya adalah untuk menentukan peringkat untuk kata kunci fokus.

    Bahkan, untuk membuktikannya sendiri, tulisan ini mungkin bisa menjadi salah satu contoh. Dan buktinya, Anda berapa di sini, saat ini.

    Masalahnya adalah bahwa sebagai seorang penulis, Anda tidak dapat “menggertak” melalui 2.000-5.000 kata tentang topik Anda.

    Dan untuk mendapatkan peringkat tersebut – untuk mendapatkan kualifikasi “Keahlian – Kewenangan – Keterpercayaan” (EAT) dari Google – Anda harus menjadi ahli dalam topik terkait.

    Panjang konten dan kelengkapannya pada dasarnya mencentang kotak “ahli” itu. Sekali lagi, tidak ada jalan pintas. Anda harus menjadi ahli dalam topik yang Anda tulis, dan Anda harus membuktikannya saat menulis konten.

    Jadi bagaimana cara membuat konten panjang?

    • Lihatlah jumlah kata rata-rata dari halaman yang diberi peringkat untuk kata kunci fokus Anda untuk memberi Anda gambaran kasar, tentang berapa panjang konten seharusnya. (mis. jika setiap posting di SERP pertama memiliki 2.000+ kata, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapat peringkat dengan artikel 800 kata)
    • Tutupi topik secara komprehensif yang mencakup semua hal. Yang mungkin ingin diketahui oleh calon pembaca.
    • Ingatlah selalu bahwa, jumlah kata yang tinggi saja tidak akan meningkatkan peringkat Anda. Fokus pada kualitas konten, bukan hanya kuantitas.

    Catatan

    Korelasi tidak selalu berarti sebab akibat dalam SEO. Jika sesuatu (seperti posting yang lebih panjang) berkorelasi dengan peringkat yang lebih tinggi, itu tidak berarti bahwa itu adalah faktor peringkat langsung.

    Pembaruan konten

    Pembusukan konten adalah hal yang nyata.

    Tidak peduli seberapa sukses suatu konten, ada kemungkinan besar lalu lintas akan berkurang secara bertahap kecuali Anda tetap memperbarui dan memperbaruinya.

    Andrew Tate memperhatikan bahwa banyak postingan blog yang sukses memiliki kurva lalu lintas yang sama dan menggambarkan fenomena ini sebagai 5 fase siklus hidup konten:

    the shape of successful content 2
    Source: The Science Behind 100,000-View Blog Posts

    Lantas, bagaimana caranya agar postingan Anda tidak terlupakan seiring berjalannya waktu?

    Jawabannya adalah: pembaruan rutin.

    Pembaruan konten secara teratur adalah teknik SEO yang penting (namun sering diabaikan).

    Salah satu alasan mengapa pembaruan konten dapat berdampak positif pada peringkat Anda adalah karena Google memperhatikan frekuensi pembaruan dan cenderung menyukai halaman yang sering diperbarui untuk beberapa pertanyaan.

    Artinya, tidak setiap topik membutuhkan kesegaran konten, tetapi banyak bagian yang memerlukan itu.

    Bahkan jika itu bukan kasus Anda, pembaruan adalah cara yang relatif mudah untuk meningkatkan kualitas konten Anda, yang tidak pernah menjadi hal yang buruk untuk dilakukan.

    Memperbarui vs. menerbitkan ulang

    Meskipun perubahan kecil pada halaman Anda tidak memerlukan langkah khusus, remake besar-besaran mungkin layak untuk diterbitkan ulang postingannya– sehingga ditampilkan di bagian atas feed blog Anda dan pembaca tahu bahwa postingan tersebut mengalami pembaruan besar.

    Berikut adalah beberapa kasus ketika Anda dapat mempertimbangkan untuk memublikasikan ulang postingan Anda:

    • Pembaruan memengaruhi lebih dari 50% konten
    • Anda telah menambahkan sejumlah besar konten baru
    • Anda telah menggabungkan 2 postingan atau lebih menjadi satu

    Penerbitan ulang juga merupakan peluang bagus untuk mempromosikan posting Anda lagi di media sosial dan buletin, atau memulai kampanye pembuatan tautan baru.

    Anda tidak perlu 1000 konten yang biasa-biasa saja, tapi Anda perlu 100 konten luar biasa.

    Teknikal SEO

    SEO Teknis

    Pada bab sebelumnya, kita telah membahas teknik SEO on-page yang terkait dengan konten. Sekarang, kita akan melihat aspek yang lebih teknis. Mari selami.

    Navigasi bab

    • Tautan internal
    • Peta Situs
    • HTTPS
    • Ramah seluler
    • Kecepatan halaman
    • Teks alternatif gambar
    • Tag judul dan deskripsi meta
    • Cuplikan unggulan

    Tautan internal

    Tautan internal pada dasarnya memiliki pengaruh yang cukup penting. Namun banyak pelaku SEO sibuk mencari tautan eksternal dan cenderung mengabaikan strategi internal link building.

    Ya, backlink dari situs luar itu sangat penting dalam SEO. Tetapi, memiliki struktur tautan internal yang tepat, juga sama pentingnya. Dan ini berada di ujung jari Anda.

    Inilah alasannya:

    • Tautan internal meningkatkan aksesibilitas perayapan website Anda. Jika halaman Anda saling terkait dengan baik, crawler mesin pencari akan lebih mudah untuk menemukan dan mengindeks semua halaman Anda.
    • Tautan internal meningkatkan UX dan keterlibatan. Jika Anda memiliki navigasi yang jelas, pengunjung Anda akan menemukan apa yang mereka butuhkan dengan lebih mudah. Dengan tautan kontekstual yang relevan, mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan konten Anda, halaman perhalaman. Sehingga tidak meninggalkan website untuk menemukan jawaban mereka di tempat lain.
    • Tautan internal dapat meningkatkan peringkat Anda. Ya, tautan internal juga juga membawa ekuitas link juice. Jika halaman memiliki banyak tautan internal yang relevan dengan teks jangkar deskriptif, Google akan memahami halaman tertaut dengan lebih baik, menganggapnya penting dalam struktur halaman dan menganggap itu lebih menonjol.

    Penting untuk diperhatikan dalam membangun tautan internal, idealnya: Halaman mana pun harus berjarak paling banyak 3 klik dari beranda Anda.

    struktural internal link

    Jadi, bagaimana cara mendapatkan situs web yang saling terkait dengan baik?

    Gunakan elemen navigasi yang jelas

    Kunci untuk memiliki website yang saling terkait dengan baik adalah memiliki elemen navigasi yang terstruktur dengan baik.

    Orang-orang terbiasa menavigasi website dengan cara tertentu. Dalam standar desain UX, ini disebut pengetahun prosedural. Anda harus membuat proses ini semudah dan sejelas mungkin bagi pengguna.

    • Menu– elemen navigasi utama yang harus jelas dan deskriptif
    • Breadcrumbs– sangat berguna jika Anda memiliki struktur lapisan halaman yang lebih dalam
    • Kategori– pengelompokan konten ke dalam kategori logis, sehingga orang dapat menemukan konten serupa dengan mudah

    Tautan dari badan halaman

    Selain tautan internal struktural, adalah praktik yang baik untuk juga menautkan ke halaman lain yang relevan dari dalam badan halaman.

    Tautan ini termasuk: tautan dalam teks kontekstual atau kotak “bacaan lebih lanjut” yang menautkan ke halaman lain dari website Anda yang mungkin menarik bagi pengunjung Anda.

    Contoh, baca lebih lebih lanjut: Cara Menjadi SEO Specialist Dalam 5 Langkah Utama

    Pelajari saja dua praktik sederhana ini:

    1. Setiap kali Anda akan menerbitkan posting baru, pikirkan tentang konten Anda yang lain yang mungkin berguna bagi pembaca dan menautkannya secara kontekstual.
    2. Setelah posting atau halaman baru diterbitkan, tambahkan beberapa tautan internal dari halaman lain yang relevan secara topik.

    Hal ini tidak hanya memberi pengalaman pengguna menjadi lebih baik – orang secara alami cenderung mengklik gambar dan judul untuk membaca sesuatu, – tetapi Anda tidak perlu juga tautan internal ke setiap artikel, hanya mengatakan ‘Baca selengkapnya’.

    Ini saran dasar, tentu saja, Anda tetap harus menggunakan logika agar tetap nyaman bagi pengguna.

    Peta Situs

    Peta situs adalah daftar terstruktur dari semua halaman di website yang tersedia untuk dirayapi oleh mesin pencari. Memilikinya, adalah cara lain untuk memudahkan crawler menemukan semua halaman Anda.

    Jenis situs apa yang akan mendapat manfaat dari peta situs (menurut Google):

    • Website besar dengan ratusan atau ribuan halaman
    • Website dengan sedikit atau tanpa backlink
    • Website yang tidak memiliki banyak tautan internal (misalnya, situs tersebut berisi halaman tanpa tautan internal)
    • Website dengan banyak file media (mis. galeri gambar)

    Apakah Anda selalu membutuhkan peta situs?

    Tidak. Terutama jika Anda memiliki website kecil dengan beberapa halaman yang saling terkait dengan baik.

    Di sisi lain, memiliki peta situs tidak akan pernah merugikan Anda. Terlebih lagi, ini berisi beberapa informasi tambahan yang berguna, seperti lastmod atribut – tanggal saat pembaruan terakhir halaman dilakukan, sehingga crawler akan mengetahui apakah halaman perlu di-crawl ulang.

    Jika website Anda berjalan di WordPress (yang kemungkinan besar memang demikian), sebaiknya buat peta situs dengan plugin SEO. Seperti Yoast SEO atau Rankmatch.

    Ini akan terlihat seperti ini:

    Sitemap

    Untuk memberi tahu Google tentang peta situs Anda, Anda dapat mengirimkannya ke Google Search Console.

    Caranya, login ke Google Search Console > Peta Situs dan tempel di kolom tambah peta situs baru:

    Sitemap xml

    HTTPS

    Yang satu ini tidak perlu dikatakan lagi. Benar-benar tidak ada alasan untuk tidak menggunakan sertifikat SSL akhir-akhir ini, terutama karena ada opsi gratis yang tersedia (seperti Let’s encrypt).

    Keamanan pengunjung website Anda harus menjadi prioritas bagi Anda.

    Bukan hanya karena alasan yang jelas, tetapi juga karena penggunaan protokol HTTPS telah menjadi sinyal peringkat kecil sejak tahun 2014. Dengan kata lain, website Anda mungkin dianggap berkinerja buruk di Google jika Anda tidak menggunakan HTTPS.

    Mobile Friendly

    Mulai tahun 2019, Google menggunakan pengindeksan yang mengutamakan seluler. Ini berarti bahwa, sebagian besar website dirayapi dan diindeks dalam versi seluler mereka, bukan versi desktop.

    Memiliki website yang ramah seluler adalah tugas SEO yang penting. Dalam prakteknya berarti:

    • Tata letak yang responsif
    • Menu yang mudah dinavigasi di perangkat seluler
    • Gambar terkompresi
    • Tidak ada pop-up agresif
    • Font yang dapat dibaca

    Jika Anda tidak yakin apakah website Anda mobile-friendly, Anda dapat mengujinya dengan alat ini dari Google atau membuka Search Console dan melihat apakah ada masalah di Kegunaan Seluler bagian.

    Untungnya, sebagian besar pengembang web sudah merancang situs dengan mempertimbangkan faktor keramahan seluler akhir-akhir ini, jadi jika Anda memilih tema WordPress yang berkualitas, Anda akan baik-baik saja.

    Tetapi ada satu faktor SEO seluler tertentu yang harus Anda perhatikan. Kecepatan halaman.

    Kecepatan halaman

    Kecepatan halaman adalah salah satu aspek terpenting dari SEO teknis dan faktor UX yang penting. Tidak ada yang mau menunggu lebih dari beberapa detik untuk memuat halaman.

    Terlebih lagi, kecepatan halaman adalah faktor peringkat yang dikonfirmasi Google.

    Ada banyak alat berguna yang akan membantu Anda mengukur kecepatan halaman dan menemukan masalah terkait itu yang paling umum. Yaitu:

    Sekarang, mari kita lihat lebih dekat praktik terbaik untuk menjaga kecepatan halaman Anda pada tingkat yang memuaskan:

    1. Gunakan web hosting yang berkualitas

    Hosting web Anda adalah hal pertama yang memengaruhi kecepatan halaman.

    Jika hosting Anda memiliki waktu respons server yang buruk, hanya sedikit yang dapat Anda lakukan dengan pengoptimalan lebih lanjut.

    Anda tidak perlu khawatir tentang milidetik, tapi jangan berharap kinerja luar biasa dari penyedia yang menawarkan hosting seharga $0,10/bulan.

    Catatan: Sebagian besar pemula dan pemilik situs kecil akan baik-baik saja dengan hosting bersama berkualitas. Itu terjangkau dan dapat ditingkatkan di masa depan jika diperlukan.

    Terakhir, pastikan lokasi fisik server sedekat mungkin dengan audiens target Anda (misalnya jika Anda menargetkan pasar Indonesia, jangan pula menyewa server yang berlokasi di Jerman.

    2. Terapkan caching

    Caching adalah proses di mana bagian halaman Anda diingat (baik oleh server atau browser pengunjung) untuk membuat pemuatan berikutnya lebih cepat.

    Ada dua jenis utama cache:

    • Cache peramban– caching dilakukan di sisi pengguna; jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan salah satu dari banyak plugin seperti WP Rocket atau W3 Total Cache (selalu gunakan hanya satu!)
    • Caching sisi server– berjalan pada tingkat yang lebih rendah dan lebih efektif; biasanya disediakan oleh layanan hosting web terkelola

    3. Pertimbangkan AMP

    Teknologi Accelerated Mobile Pages memungkinkan distribusi konten yang lebih cepat di perangkat seluler. Dalam praktiknya, ini berarti konten disajikan dalam versi halaman Anda yang lebih sederhana di ponsel.

    Ini bisa sangat berguna untuk website yang sarat konten (seperti portal berita atau blog yang lebih besar). Jika Anda menjalankan situs WordPress, ada plugin AMP resmi untuk membantu Anda menerapkannya.

    4. Batasi skrip pihak ketiga

    Setiap skrip pihak ketiga yang Anda gunakan di website, itu sama saja Anda menambahkan beberapa waktu yang diperlukan untuk memuat halaman. Ini termasuk:

    • Plugin WordPress
    • Skrip analisis dan pemasaran ulang
    • Layanan komentar (mis. Disqus)
    • Widget Chat

    Itu tidak berarti Anda tidak boleh menggunakan salah satu dari ini. Cukup ikuti aturan sederhana ini:

    • Gunakan hanya layanan yang benar-benar Anda butuhkan. Ini sangat penting dengan plugin WordPress. Jangan gunakan plugin khusus untuk setiap fitur kecil di website Anda. Terlalu banyak plugin dapat memperlambat website.
    • Jika memungkinkan, tunda aktivasi skrip pihak ketiga, sehingga mereka dimuat hanya setelah beberapa detik atau ketika pengunjung menggulir halaman ke bawah. Ini dapat diterapkan pada layanan komentar serta widget chat.

    5. Optimalkan gambar Anda

    File gambar besar adalah salah satu faktor paling umum yang menyebabkan pemuatan halaman lambat.

    Berikut adalah beberapa praktik pengoptimalan gambar yang harus Anda ikuti untuk memastikan gambar Anda tidak terlalu besar:

    a) Gunakan jenis file yang tepat

    Menggunakan format file gambar yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik dan mengurangi ukuran file.

    • JPEG– foto
    • PNG– gambar garis, tangkapan layar, gambar yang mengandung teks
    • GIF– gambar animasi
    • SVG– logo, ikon, ilustrasi sederhana

    Format generasi berikutnya

    Solusi ideal pasti menggunakan apa yang disebut format generasi berikutnya (WebP, JPEG 2000 dan JPEG XR) karena dirancang khusus untuk menghemat sumber daya.

    Namun, mereka belum memiliki dukungan browser 100% (tidak didukung di WordPress) sehingga Anda dapat menggunakannya secara selektif atau menunggu hingga digunakan di semua platform.

    Lihatlah panduan sederhana ini untuk memilih jenis file gambar yang tepat:

    Panduan Penggunaan tipe format Gambar

    b) Ubah ukuran gambar Anda

    Banyak orang mengunggah gambar yang terlalu besar. Jika lebar area konten blog Anda adalah 800px, menggunakan gambar dengan lebar 2500px merupakan tindakan yang berlebihan.

    Sebelum mengunggah gambar Anda ke server, gunakan editor gambar untuk mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan lebar website Anda. Ini bisa sedikit lebih lebar, tetapi Anda jarang membutuhkan ukuran penuh (terutama dengan foto).

    c) Kompres gambar Anda

    Kompresi gambar adalah proses yang menghilangkan beberapa data gambar yang tidak perlu, namun tetap menjaga kualitas gambar.

    Anda dapat melakukannya secara manual dan mencoba menemukan rasio terbaik antara kualitas dan ukuran file atau otomatiskan seluruh proses dengan plugin (mis. Imagify, ShortPixel, Tiny PNG).

    d) Pertimbangkan Lazy Load

    Lazy Load adalah proses sederhana di mana konten yang terlihat di atas lipatan halaman diberikan prioritas dan sisanya dimuat kemudian. Hal ini sangat berguna untuk halaman gambar-berat.

    Teks alternatif gambar

    Teks alt gambar (juga disebut tag alt) adalah potongan teks dalam kode HTML yang menjelaskan gambar dan muncul jika gambar tidak dapat dimuat.

    Ini sangat penting karena 2 alasan:

    • Dari sudut pandang UX– pembaca layar dapat membaca teks alternatif untuk pengunjung tunanetra
    • Dari sudut pandang SEO– teks alt memberikan konteks yang lebih baik untuk perayap karena mereka tidak dapat “melihat” gambar Anda

    Catatan

    Anda tidak selalu perlu menggunakan teks alternatif, terutama jika gambar tidak menyampaikan makna apa pun.

    Untuk menulis teks alternatif yang baik, Anda harus:

    • menjadi deskriptif– jelaskan gambar dengan cara
    • sebaik mungkin, tetap singkat– 5 hingga 10 kata idealnya
    • hindari isian kata kunci– teks alternatif bukanlah tempat untuk memasukkan kata kunci Anda secara tidak wajar
    Ilustrasi teks alt SEO

    Selain teks alt, Anda juga harus menggunakan:

    Ilustrasi Penggunaan Teks Alt SEO
    • nama file gambar deskriptif (wanita-bermain-gitar.jpeg selalu lebih baik dari DCIM1523xxxx.jpeg)
    • judul gambar dan
    • keterangan deskripsi (opsional)

    Tag judul dan deskripsi meta

    Tag judul dan deskripsi meta adalah elemen HTML yang mewakili judul dan deskripsi halaman. Pengaturan bagian ini akan menentukan apa yang ditampilkan di halaman hasil mesin pencari atau saat berbagi di media sosial.

    Title Tag Meta Deskripsi

    Title Tag dan Meta Deskripsi sangat penting dari sudut pandang SEO. Tag judul dan deskripsi meta yang ditulis dengan baik adalah satu-satunya kesempatan untuk menarik perhatian pengguna di SERP. Tingkat CTR salah satunya dipengaruhi oleh ini.

    Berikut adalah beberapa tips tentang cara menulis tag judul dan deskripsi meta yang baik:

    1. Sertakan kata kunci fokus

    Seperti yang telah disebutkan di bab sebelumnya, tag judul dan deskripsi meta halaman adalah tempat terbaik untuk meletakkan kata kunci fokus.

    Praktik terbaik adalah menempatkan kata kunci fokus di dekat awal tag judul. Namun, ini tidak wajib. Jadi jangan paksakan, jika malah terkesan kacau.

    2. Hati-hati dengan panjangnya

    Batas panjangnya adalah 600px untuk tag judul dan 960px untuk deskripsi meta.

    Jika terlalu panjang, itu akan dipotong oleh Google secara otomatis. Sehingga, tampak menjadi tidak terlalu bagus dan dapat menurunkan rasio klik-tayang Anda.

    Meta Deskripsi

    Jika Anda menjalankan website di WordPress Anda biasanya akan dibantu oleh plugin SEO seperti Yoast atau lainnya. Contoh dibawah ini, saya menggunakan plugin SEO RankMath;

    Rankmat Check List

    Ini yang kemudian akan membawa kita ke poin berikutnya…

    3. Menonjol dari keramaian

    Berikut adalah beberapa elemen yang dapat Anda gunakan untuk membuat tag judul Anda unik:

    • nomor pertanyaan
    • tahun
    • kata huruf besar semua
    • kurung nama merek
    • atau lainnya.

    Cuplikan unggulan

    Cuplikan unggulan (terkadang disebut “posisi nol”) adalah hasil penelusuran terpilih yang muncul di atas 10 hasil standar dalam penelusuran Google. Tujuannya adalah untuk menjawab pertanyaan pengguna secara langsung di SERP.

    Berikut ini contoh tipikal cuplikan unggulan dalam bentuk daftar:

    4000 backlink gratis

    Ada 3 jenis utama cuplikan unggulan:

    • Gugus kalimat– biasanya jawaban singkat untukbagaimana,siapa,mengapa,Kapan, atauApapertanyaan
    • Daftar– sebagian besar petunjuk atau resep langkah demi langkah
    • Tabel– sering ditampilkan untuk grafik perbandingan, tabel data, dll.

    Keuntungan terbesar memiliki cuplikan unggulan adalah Anda dapat “mengungguli” pesaing Anda, meskipun halaman Anda memiliki posisi yang lebih rendah. Karena fitur tersebut menempatkanya pada bagian paling atas.

    Banyak halaman yang muncul di cuplikan unggulan, sebenarnya tidak menempati peringkat pertama. Mereka biasanya akan muncul di posisi ke-2, ke-3 atau bahkan lebih rendah.

    Jika ingin berada pada cuplikan unggulan, saya merekomendasikan Anda untuk membaca ini, nanti: Apa itu Google Featured Snippets + 4 Contoh Hasil Terbaik

    _ Chapter 6 _

    Backlink & Link Building

    Dalam bab 6 panduan belajar SEO untuk pemula ini, kita akan membahas backlink – salah satu aspek terpenting dari optimasi mesin pencari.

    Apa itu backlink?

    Backlink adalah tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Jika halaman A menautkan ke halaman B, saya mengatakan bahwa, halaman B memiliki backlink dari halaman A.

    Backlink adalah salah satu sinyal peringkat yang paling penting. Ada korelasi langsung antara kuantitas dan kualitas backlink dan peringkat.

    Ilustrasi apa itu backlink

    Mengapa backlink begitu penting?

    Backlink merupakan faktor peringkat nomor 2 setelah konten. Itu artinya ini sangat berpengaruh dari algoritma mesin pencari sejak awal.

    Backlink bekerja sebagai kutipan akademis atau rujukan. Pengembang mesin pencari menyadari bahwa, jika banyak sumber daya berkualitas menautkan ke halaman tertentu, itu berarti halaman tersebut berharga dan dapat dipercaya. Dengan begitu halaman yang mendapat banyak tautan layak untuk dipromosikan di SERP.

    Ekuitas tautan

    Ekuitas tautan (juga disebut “jus tautan”) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan otoritas yang ditransfer halaman ke halaman lain melalui tautan. Atau semacam kredit point atau nilai tautan itu.

    Google PageRank

    Pada awalnya, Google menciptakan sebuah algoritma yang disebut PageRank untuk memasukkan kualitas dan kuantitas backlink ke dalam sistem peringkatnya dan menentukan kepentingan relatif laman web dalam hasil penelusuran.

    Asumsi PageRank

    Tiga faktor yang mempengaruhi PageRank suatu halaman adalah:

    • Jumlah backlink– semakin banyak backlink yang dimiliki halaman, semakin baik
    • Jumlah tautan di halaman penautan– nilai (disebut ekuitas tautan) didistribusikan di antara semua halaman yang ditautkan dari halaman penautan
    • PageRank dari halaman yang terhubung– backlink dari halaman dengan PageRank yang lebih tinggi melewati lebih banyak ekuitas tautan

    Metrik PageRank

    Jangan bingung antara algoritma PageRank dengan metrik lama dengan nama yang sama yang digunakan oleh Google untuk menampilkan peringkat halaman dari 0 hingga 10.

    Mereka tidak sama dan sementara metrik PageRank dihentikan, namun algoritma PageRank masih menjadi bagian dari peringkat Google.

    Jenis tautan

    Link dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori. Berikut adalah yang paling dasar yang harus Anda ketahui:

    Tautan internal vs. eksternal

    Yang ini cukup jelas.

    Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain dalam situs web yang sama, sedangkan tautan eksternal adalah tautan dari situs web eksternal.

    Tautan nofollow

    Tautan nofollow adalah tautan yang berisi atribut rel = “no follow” dalam kode HTML-nya.

    Ilustrasi Juice Link
    jus link nofollow

    Itu diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Google dan memberitahu mesin pencari untuk tidak meneruskan ekuitas tautan ke halaman yang ditautkan.

    Contoh atribut nofollow biasanya digunakan untuk:

    • Link di komentar– membantu memerangi spam komentar karena membuat tautan di komentar menjadi kurang berharga)
    • Tautan afiliasi dan sponsor– dengan atribut nofollow, Anda tidak akan melanggar aturan Google tentang membeli backlink
    • Tautan ke website yang tidak ingin Anda dukung– terkadang Anda perlu menautkan ke halaman yang tidak ingin Anda dukung.

    Catatan

    Secara teknis, tidak ada yang namanya backlink “dofollow” karena tidak ada parameter “dofollow”. Istilah ini digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk membedakan tautan yang melewati ekuitas tautan sebagai lawan dari tautan nofollow. Dofollow adalah atribut default tautan.

    Meskipun tautan nofollow tidak berdampak pada otoritas, mereka dapat membawa manfaat lain:

    • Mereka mungkin berfungsi sebagai petunjuk untuk Google– pada tahun 2019, Google mengumumkan bahwa mereka akan memperlakukan tautan nofollow sebagai petunjuk untuk lebih memahami dan menganalisis tautan
    • Mereka dapat memberi Anda lalu lintas– tautan nofollow mungkin tidak memberi Anda “poin SEO” apa pun, tetapi tetap dapat memberi Anda lalu lintas yang relevan
    • Mereka mendiversifikasi profil tautan Anda– tautan nofollow adalah bagian alami dari setiap profil tautan dan akan aneh jika tidak ada; lihat poin selanjutnya…

    Profil Tautan

    Profil tautan adalah istilah SEO penting lainnya yang harus Anda ketahui. Digunakan untuk menggambarkan semua tautan yang mengarah ke website Anda.

    Kualitas profil tautan Anda berkorelasi langsung dengan peringkat Anda.

    Seperti apa profil tautan yang bagus?

    • Beragam– profil tautan yang sehat adalah campuran dari berbagai jenis tautan (baik standar maupun nofollow) dan teks jangkar alami
    • Backlink berkualitas– profil tautan yang baik terdiri dari tautan tautan balik berkualitas dari situs web yang relevan

    Di sisi lain, terlalu banyak tautan berkualitas rendah dari website berisi spam akan diabaikan dan sangat merugikan website Anda.

    Teks Jangkar (Anchor Text)

    Teks jangkar adalah bagian hyperlink yang terlihat dan dapat diklik. Ini membantu perayap untuk menunjukkan tentang halaman yang ditautkan.

    Anchor text

    Kita dapat membedakan berbagai jenis teks jangkar:

    • Nama merk– misalnya “Marshub”
    • Pencocokan kata kunci– misalnya “Panduan SEO”
    • Cocok sebagian– misalnya “tutorial SEO praktis”
    • Umum– misalnya “Baca selengkapnya”
    • URL telanjang– misalnya “https://www.marshub.org/belajar-seo/”

    Jika lebih banyak halaman menautkan ke Anda dengan istilah relevan yang digunakan dalam teks jangkar, ini dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk istilah ini di mesin pencari.

    Ini tidak berarti Anda harus mencoba mendapatkan teks jangkar berisi kata kunci dengan biaya berapa pun.

    Justru sebaliknya, Anda harus sangat berhati-hati dan membidik campuran alami dari berbagai jenis teks jangkar.

    Setiap upaya nyata untuk memanipulasi teks jangkar tautan, itu dapat dideteksi dan dihukum oleh Google.

    Atribut dari backlink yang berharga

    Tidak semua backlink dibuat sama.

    Selain perbedaan yang jelas antara tautan internal dan eksternal dan tautan standar vs. nofollow, dua backlink mungkin memiliki nilai yang berbeda (dan melewati jumlah ekuitas tautan yang berbeda) berdasarkan banyak faktor lainnya.

    Inilah tampilan backlink yang berharga:

    1. Relevan

    Backlink yang berharga seharusnya relevan secara topikal. Ini berarti halaman yang ditautkan harus memiliki topik yang sama atau mirip dengan halaman yang ditautkan.

    Sebagai contoh:

    Jika Anda memiliki posting tentang tips mendaki dan Anda memiliki dua backlink, satu dari pos tentang olahraga di luar ruangan dan yang lainnya dari postingan tentang berita politik, saya kira Anda dapat menilai mana backlink yang relevan dengan topik tips mendaki.

    2. Dari website resmi

    Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya dengan PageRank, halaman dengan tautan berkualitas yang mengarah ke sana juga memberikan lebih banyak ekuitas tautan ke halaman Anda.

    Semakin otoritatif halaman yang menghubungkan, semakin banyak nilai yang dimiliki backlink untuk Anda.

    Tidak ada metrik resmi oleh Google yang akan mewakili otoritas halaman. Tetapi ada banyak metrik oleh alat komersial yang dapat membantu Anda dengan estimasi. Pengalaman sangat penting dalam hal ini.

    3. Unik

    Keunikan sebuah backlink dapat didiskusikan pada berbagai tingkatan:

    a) Tingkat website

    Backink dari website yang belum menautkan ke Anda sebelumnya, biasanya lebih berharga daripada tautan dari situs yang telah menautkan ke Anda sebelumnya.

    Lebih baik memiliki 10 backlink dari 10 website berbeda, daripada 50 backlink dari situs yang sama.

    Catatan

    Ini tidak berarti bahwa memiliki lebih banyak backlink dari situs yang sama adalah hal yang buruk (jika itu terjadi secara alami). Tautan mungkin saja memiliki nilai yang lebih rendah, namun tetap ada ekuitas jika itu menambah nilai pada pengguna.

    b) Tingkat halaman

    Jika Anda memiliki dua tautan dari halaman yang sama, yang muncul pertama mungkin memiliki nilai lebih dari yang kedua.

    (Google dulu hanya menghitung teks jangkar pertama pada tahun 2009. Saya tidak tahu bagaimana mereka memperlakukannya saat ini, tetapi mungkin menganggap itu tidak berubah.)

    c) Jumlah tautan lain

    Last but not least, PageRank didistribusikan secara merata di seluruh halaman yang ditautkan.

    Jadi ada perbedaan besar antara backlink dari halaman yang menautkan ke 3 sumber dan backlink dari halaman yang menautkan ke 30 sumber.

    4. Ditempatkan di dekat bagian atas di tubuh

    Tautan berkualitas adalah tautan yang juga dapat memberi Anda lalu lintas.

    Tidak hanya untuk alasan yang jelas (pengunjung baru) tetapi juga dari sudut pandang SEO.

    Google menggunakan apa yang disebut Google’s Reasonable Surfer Model (yang memprediksi seberapa besar kemungkinan pengguna mengeklik tautan:“Jumlah PageRank yang mungkin diteruskan tautan didasarkan pada kemungkinan seseorang mengeklik tautan.”

    Matt Cutts, mantan kepala webspam di Google, mengatakan secara khusus bahwa Anda harus“… letakkan tautan berharga di bagian atas posting blog.”

    Semakin menonjol sebuah backlink ditempatkan, semakin besar bobot yang diberikan oleh Google.

    Dengan kata lain, backlink dari atas artikel lebih baik daripada backlink dari bawah. Dan backlink dari bawah artikel lebih baik daripada yang ada di footer atau sidebar.

    5. Memiliki teks jangkar yang relevan

    Anchor text memainkan peran penting dalam membangun tautan.

    Yaitu, backlink dengan teks jangkar yang relevan dengan halaman tertaut lebih berharga daripada yang memiliki jangkar yang tidak relevan atau generik.

    Ini berlaku untuk teks di sekitar tautan juga, karena tautan dapat membawa konteks di sekitarnya.

    Haruskah Anda melakukan pembuatan tautan?

    Di dunia yang ideal, yang Anda perlukan untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah membuat konten yang hebat. Dan secara alami, orang akan menautkannya.

    Kenyataannya sedikit lebih rumit:

    • Sangat sulit (jika bukan tidak mungkin) untuk mendapatkan backlink berkualitas tanpa upaya lebih lanjut dari pihak Anda. Terutama untuk website baru.
    • Sangat sulit (jika bukan tidak mungkin) untuk menentukan peringkat tanpa backlink. Terutama untuk website baru.

    Itu sebabnya pembuatan tautan adalah bagian besar dari SEO. Tapi itu juga topik yang agak kontroversial.

    Google tidak suka dengan segala upaya untuk memanipulasi PageRank situs Anda. Inilah yang mereka nyatakan dalam Pedoman Kualitas:

    Tautan apa pun yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema tautan dan melanggar Pedoman Webmaster Google.

    Apakah itu berarti Anda tidak dapat mencoba mempengaruhi jumlah dan kualitas backlink Anda dengan cara apa pun?

    Saya tidak berpikir begitu. Tidak semua bentuk link building adalah spam atau manipulatif.

    Ada banyak teknik yang dapat membantu Anda mendapatkan backlink sambil memberikan nilai kepada pengguna. Mereka tidak secepat menulis komentar spam atau membeli banyak tautan dari Fiverr.

    Untuk berkreasi, Anda sebaiknya membaca ini: 9 Cara Mendapatkan Backlink Untuk SEO Terbaik

    Haruskah Anda membeli tautan?

    Sekarang membeli backlink adalah bab yang sangat berbeda. Sebagian besar pakar SEO akan memberi tahu Anda bahwa itu tidak sepadan.

    Berikut adalah dua kelemahan utama dari pembelian tautan:

    • Itu berisiko– membeli backlink adalah larangan besar bagi Google dan jika mereka mengetahuinya, Anda akan mendapatkan penalti manual, yang mungkin tidak dapat dipulihkan oleh website Anda
    • Itu mahal– backlink berkualitas mahal (mulai dari sekitar $100/backlink, hingga ribuan dollar); tentu saja, satu backlink tidak akan membuat Anda peringkat. Sehingga Anda harus menghabiskan banyak biaya untuk mendapatkan hasil

    Namun, industri penjualan tautan cukup hidup dan membeli backlink adalah praktik umum.

    Keputusan akhir terserah Anda. Ingatlah bahwa ini adalah strategi yang sangat berisiko yang mungkin tidak akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

    Sebaiknya, Anda baca ini: Haruskah Membeli Backlink?

    Analisis & metrik

    Di bab terakhir panduan SEO lengkap kami, kami akan melihat alat dan metrik analisis data penting yang harus diketahui dan digunakan setiap pemilik situs web.

    Navigasi bab

    • Google Search Console alat analisis
    • Google Analytics
    • Pelacakan peringkat
    • Kiat dan praktik terbaik analitik

    Analisis situs web adalah bagian penting dari optimasi mesin pencari.

    PepatahnyaApa yang diukur akan ditingkatkanadalah 100% benar dalam SEO.Menggunakan alat yang tepat untuk melacak dan menganalisis kinerja situs web Anda akan membantu Anda menjawab pertanyaan penting tentang SEO, seperti:

    • Kata kunci apa yang Anda rangking di Google
    • Berapa rasio klik-tayang halaman Anda dalam hasil pencarian
    • Dari negara mana pengunjung Anda berasal?
    • Saluran apa yang memberi Anda lalu lintas paling banyak?
    • Bagaimana pengunjung Anda terlibat dengan halaman Anda
    • Apa halaman yang paling sering Anda kunjungi?

    Untuk membantu Anda memahami dasar-dasarnya, kami akan membahas 3 alat analisis penting yang harus dimiliki setiap pemilik situs web:Google Search Console alat analisis,Google Analyticsdanalat pelacakan peringkat.

    Google Search Console alat analisis

    Search Console adalah alat online gratis (atau serangkaian alat) oleh Google yang membantu webmaster melihat kinerja situs mereka di Google Penelusuran dan mengoptimalkan visibilitas situs web mereka.

    Gambar Dasboard Google Search Console.png

    Google Search Console adalah alat penting yang sulit diganti. Setiap pemilik situs web harus menggunakannya.

    Catatan

    Untuk menyiapkan Google Search Console, Anda harus memverifikasi kepemilikan situs web terlebih dahulu. Itu tidak sulit, Anda hanya membutuhkan email Google @gmail.com

    Search Console terdiri dari beberapa dasbor mulai dari ikhtisar dasar kinerja situs web Anda hingga laporan masalah kritis yang harus Anda tangani.

    • Kinerja– memberi Anda wawasan tentang kinerja situs Anda di hasil Google Penelusuran
    • Inspeksi URL– memberi Anda informasi tentang versi terindeks Google dan atau meminta bot untuk merayapi halaman baru atau ada pembaharuan laman yang lama.
    • Cakupan– menunjukkan halaman apa yang diindeks di Google dan melaporkan masalah apa pun dengan pengindeksan
    • Peta Situs– memungkinkan Anda untuk menambahkan peta situs baru dan melihat kiriman atau masalah Anda sebelumnya
    • Penghapusan– berfungsi sebagai alat untuk memblokir sementara halaman apa pun dari hasil pencarian
    • Peningkatan– memberikan informasi tentang penyempurnaan Anda (seperti AMP, tautan situs, dll.) dan pengalaman pengguna serta masalah kegunaan
    • Tindakan manual– menunjukkan apakah Anda memiliki penalti manual dari Google
    • Masalah keamanan– melaporkan masalah keamanan yang terdeteksi di situs Anda
    • Tautan– memberikan gambaran dasar tentang tautan Anda (baik eksternal maupun internal)

    Untuk cara penggunaan Google Search Console akan dijelaskan secara terpisah pada posting lain. Jadi tunggu saja

    Google Analytics

    Google Analytics adalah alat analisis situs web gratis yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web dan perilaku pengguna. Ini adalah alat yang ampuh yang menawarkan banyak data berguna.

    Masalahnya adalahbanyak pemula yang merasa tersesat dan kewalahan saat membuka akun GA mereka.

    Ini benar-benar normal. Ada terlalu banyak laporan, terlalu banyak metrik, terlalu banyak grafik yang berbeda, dan navigasi yang rumit.

    Catatan:Menyiapkan Google Analytics tidak rumit. Anda hanya perlu memasukkan potongan kode khusus di situs web Anda. Baca panduan mendetail ini tentang cara melakukannya.

    Jadi, bagaimana Anda belajar menggunakan Google Analytics?

    Satu langkah pada satu waktu.

    Jenis data apa yang dapat Anda temukan di GA?

    Google Analytics terdiri dari berbagai laporan.

    Dasbor beranda akan menampilkan ikhtisar singkat tentang metrik kinerja dasar. Untuk melihat lebih banyak, Anda dapat menavigasi ke laporan terperinci.

    Laporan dibagi menjadi 5 kategori utamaberdasarkan jenis data yang mereka berikan. Anda dapat menemukannya di menu sebelah kiri.

    • Waktu sebenarnya– aktivitas pengguna seperti yang terjadi secara real time
    • Hadirin– semua yang perlu Anda ketahui tentang pengunjung Anda (demografi, minat, teknologi yang digunakan, dll.)
    • Akuisisi– dari mana lalu lintas Anda berasal (saluran lalu lintas, laman perujuk teratas, dll.)
    • Perilaku– apa yang dilakukan pengunjung di situs web Anda (halaman apa yang mereka kunjungi dan bagaimana mereka terlibat dengan mereka)
    • Konversi– detail tentang bagaimana pengunjung Anda berkonversi (sesuai dengan tujuan Anda; misalnya pembelian, langganan, klik tautan afiliasi, dll.)

    Google Analytics, juga alat SEO yang sangat penting. Dan saya akan mengulas secara mendalam di halaman lain.

    Tip

    Lihatlah data secara realistis. Meskipun bagus jika Anda pindah dari posisi 90 ke posisi 45 untuk kata kunci besar itu, ingatlah bahwa biasanya hanya berada di halaman pertama SERP yang menghasilkan lalu lintas organik. Dan itulah tujuan SEO.

    Kiat dan praktik terbaik analitik

    Analisis SEO dan beberapa alat yang dibutuhkan adalah hal penting lain. Karena ini berfungsi untuk mengukur sejauh mana progres yang telah dijalankan. Apa yang bekerja baik dan apa yang perlu ditingkatkan. Disisi lain, Anda juga membutuhkan informasi hal-hal teknis yang mungkin tidak bekerja sempurna dan perlu perbaikan secepatnya.

    Pantau informasi apa pun terkait kinerja, gali detailnya

    Kinerja Anda kemungkinan besar akan berfluktuasi dari hari ke hari. Itulah mengapa selalu baik untuk melihat gambaran yang lebih besar daripada terobsesi dengan setiap perubahan kecil setiap hari.

    Di sisi lain, Anda hampir tidak pernah bisa menarik kesimpulan dari laporan default, jika ada perubahan yang tidak terduga. Aturan analitik pertama adalah selalu menggali sedalam mungkin untuk menemukan akar masalahnya.

    Pahami metriknya

    Ingatlah bahwa Anda tidak perlu menganalisis semua metrik setiap saat, tetapi sebaiknya Anda perlu tahu gambaran umum dasar tentang apa yang mereka maksud untuk menghindari kesalahan interpretasi data.

    Selalu mencoba untuk memahami konteksnya

    Jangan mengambil data begitu saja, tetapi cari alasan mengapa sesuatu terjadi.

    Misalnya, ketika dalam proses pemecahan masalah penurunan peringkat, mungkin ada berbagai alasan, baik internal maupun eksternal:

    • Perubahan terbaru di website
    • Pembaruan algoritma Google
    • Masalah teknis
    • Tindakan manual Google
    • Kesalahan dalam alat pelacak peringkat

    Pemeriksaan menyeluruh terhadap Google Search Console, Google Analytics, dan pelacak peringkat Anda akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang masalahnya – yang berarti Anda akan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang langkah Anda selanjutnya.

    Gunakan anotasi untuk menambahkan konteks

    Google Analytics dan sebagian besar pelacak peringkat akan memungkinkan Anda membuat anotasi untuk menambahkan konteks ke dasbor analitik Anda.

    Anda dapat memberi anotasi pada tindakan atau peristiwa tertentu untuk melihat apakah tindakan tersebut memengaruhi kinerja situs web Anda. Sebagai contoh:

    • Pembaruan algoritma Google
    • Setiap perubahan signifikan di website Anda
    • Pembaruan artikel
    • Memulai kampanye pemasaran
    • Masalah website down
    • Acara musiman (mis. Black Friday)

    Siapkan peringatan untuk diberi tahu tentang perubahan dramatis apa pun

    Sebagian besar alat analitik memungkinkan Anda mengatur peringatan email yang akan memberi tahu Anda jika kondisi tertentu terpenuhi.

    Ini adalah cara yang bagus untuk tetap mendapat informasi tentang perubahan dramatis apa pun tanpa menghabiskan waktu terpaku pada layar dengan tabel data.

    Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Scroll to Top