Apa itu SEO? Maksud Dan Tujuannya

Apa itu SEO

Apa itu SEO? – Ini akan menjadi pembahasan yang panjang dan menarik. Khususnya bagi para pelaku bisnis online. Tapi, saya akan mencoba meringkasnya dalam beberapa paragraf saja. Selamat membaca..

Apa Itu SEO?

Dari perspektif tata bahasa sederhana, SEO merupakan akronim dari singkatan inisial istilah dalam bahasa Inggris Search Engine Optimization. Dengan ekstensi, istilah SEO juga mencakup pada orang yang berhubungan dengan aktivitas ini secara profesional; menawarkan dukungan untuk pengembangan untuk mencapai tujuan.

Tiga huruf yang fenomenal ini, mendorong aktivitas, yang menimbulkan ‘masalah’ bagi webmaster, pengembang, dan admin situs, yang dampaknya, menghasilkan jutaan halaman di SERP tentang saran, panduan, pertanyaan, hingga strategi: yang dianggap dapat membantu pencapaian SEO.

Search Engine Optimization secara harafiah jika diartikan dalam bahasa Indonesia, sama dengan optimasi masin pencari. Ini sebenarnya adalah serangkaian upaya untuk meningkatkan peringkat website di SERP. Mencakup pekerjaaan yang sangat luas. Baik unsur teknis mau pun non teknis. Termasuk strategi konten, link building hingga management proyek itu sendiri.

Mari kita ambil langkah mundur, mencoba untuk lebih mendefinisikan apa itu SEO dan apa artinya melakukan SEO saat ini, dalam fase evolusi konstan dari pekerjaan untuk peringkat di mesin pencari.

Arti SEO, klarifikasi

Mundur dari definisi gramatikal, SEO adalah seperangkat teknik dan prosedur yang dibutuhkan seseorang untuk meningkatkan posisi situs di peringkat halaman mesin pencari. Sehingga, meningkatkan visibilitasnya dan potensi traffic (lalu lintas) web secara gratis.

Lalu lintas jenis ini, umumnya disebut “murni” atau “organik” (di sini muncul ungkapan ” lalu lintas organik ” untuk jenis kunjungan yang diperoleh dengan klik yang dihasilkan dari halaman mesin pencari), mendiversifikasi dirinya dari SEM (pemasaran mesin pencari), yang juga mencakup kegiatan promosi dan berbayar, iklan.

Ini dalam artian, dengan memahami cara kerja SEO, siapa pun dapat membuat konten yang dicari oleh audiens yang ditargetkan—dan menyajikannya dengan cara terbaik—situs akan lebih sering muncul di hasil pencarian, melalui kata kunci yang bernilai konversi. Dimana hasil akhirnya, menghubungkan antara pemilik website dengan pengguna baru untuk pengembangan bisnis.

Tiga fase aktivitas SEO

Ingin meringkas pembahasan, kita dapat mengatakan bahwa intervensi SEO diperlukan untuk membuat struktur dan konten situs disukai oleh mesin pencari. Sehingga, mudah diindeks untuk sistem pemindaian mesin pencari, agar mendapatkan peringkat tinggi, di antara hasil pertama, ketika pengguna mencari kata kunci tertentu yang terkait dengan topik situs. 

Ada tiga jenis kegiatan utama dalam SEO: optimasi teknik, pembuatan konten yang strategis dan berkualitas, selanjutnya mempromosi konten tersebut. 

  1. Pekerjaan teknis sangat penting untuk memungkinkan perayap mesin telusur mengakses dan berhasil mengindeks halaman situs; 
  2. Pembuatan konten dengan standar “SEO copywriting” sangat dibutuhkan untuk membuat konten yang dihargai baik oleh pembaca maupun mesin telusur, yang dapat sesuai dengan maksud penelusuran pengguna dan menawarkan jawaban sempurna atas pertanyaan mereka. 
  3. Promosi konten adalah upaya yang efektif. Tidak ada yang bisa melupakan fase promosi konten, yang bahkan mengambil bentuk kutipan dengan tautan dari situs berpengaruh yang, seperti yang sudah kita ketahui, adalah salah faktor ranking Google paling penting. Sebagai parameter mengevaluasi sebuah kualitas situs .

Panduan Pengantar SEO

Kita berbicara tentang mesin pencari, sebagai jamak, tetapi pada kenyataannya sebagian besar aktivitas SEO terkait erat dengan Google, sistem yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dan algoritmanya, yang tetap “misterius”. Sebagai rahasia yang membuat mereka tumbuh menjadi raksasa internet. 

Secara khusus, kita hanya tahu bahwa Google menggunakan sekitar 200 faktor peringkat untuk menentukan situs mana yang layak di munculkan di SERP (akronim untuk Halaman Hasil Mesin Pencari), bobot dan karakteristik spesifik yang pada dasarnya hanya diketahui oleh Googler (orang-orang yang benar-benar mengerjakan Big G’s Sistem pencarian).

Sementara saya dan banyak pakar SEO lain, mencoba untuk bertindak pada intervensi yang efektif untuk membuat situs yang dioptimasi (dan kata kunci yang relevan), bisa mendapat peringkat di SERP Google.

Pedoman Google Adalah Titik Awal Yang Sebenarnya

Titik referensi memang ada, dan diwakili oleh dokumen “ Panduan pengantar untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO) “, alias pedoman Google untuk aktivitas SEO ini.

Panduan yang hanya berisi beberapa halaman itu, berisi indikasi dan petunjuk kepada siapa pun; “yang memiliki, mengelola, memonetisasi, atau mempromosikan konten online, melalui Google Riset”. Tidak masalah apakah itu adalah “pemilik aktivitas yang berkembang dan sukses, webmaster untuk selusin situs, Pakar SEO di agensi web, atau pakar SEO DIY yang tertarik dengan semua jenis info tentang mekanisme Riset Google”.  

Danny Sullivan (seharusnya Anda tahu laki-laki ini), pernah mengatakan bahwa Google sebenarnya melakukan SEO untuk situs mereka, tanpa perlakuan khusus dan hanya dengan mengikuti panduan yang sama itu….

Prosedur Yang Valid Untuk Semua Website

Tidak ada rahasia, sungguh, hanya serangkaian praktik terbaik dan prinsip dasar untuk setiap jenis halaman web yang, jika disatukan secara efektif, dapat menghasilkan “dampak yang mengesankan pada pengalaman pengguna dan kinerja situs pada hasil penelitian organik ”. 

Titik awalnya sederhana: website harus dipikirkan dan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, mengingat mesin pencari sebagai salah satu pengguna dengan karakteristik khusus: untuk membantu “peselancar” lainnya menemukan konten tersebut.

Point ini, akan Anda temukan dibanyak artikel lain dalam situs ini. Karena ini ada tujuan Google! Sehinggga, dapat menjadi kiblat SEO terbaik.

SEO Adalah Disiplin Yang Strategis Dan Sangat Praktis

Jadi, prosees optimasi mesin pencari, berarti bekerja agar Google dan mesin pencari lainnya, dapat memahami dan menyajikan konten website terkait. 

Secara praktis, SEO adalah disiplin yang mengacu pada aspek teknis dan strategis: penelitian kata kunci untuk memilih kata kunci yang tepat untuk difokuskan, manajemen link building (baik tautan masuk dan keluar), optimalisasi konten teks dan gambar, peningkatan struktur situs, analisis pasar dan pesaing, perhatian pada pengalaman pengguna, kecepatan dan peluang untuk juga mengakses dari perangkat seluler dan seterusnya.

Pakar SEO mana pun, akan selalu berenang di dalam aturan yang diwajibkan (tertulis atau tidak) sepanjang waktu. Jika ingin mencapai dan mempertahankan peringkat di SERP.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Apa itu SEO dan cara kerjanya

Jika Anda ingin menjadi SEO Specialitas, memahami apa itu SEO dan cara kerjanya, adalah penting. Google sendiri telah mempublikasi panduan dasar SEO. Namun, jelas itu hanya menggores permukaan. Faktanya, jika SEO semudah panduan yang dibuat Google pada satu halaman web itu, semua website telah mendapat peringkat semua di mesin pencari.

Semua orang akan menghadapi kenyataan bahwa, mendapat peringkat di mesin pencari adalah persaingan bisnis yang sangat sengit. Ini adalah medan perang untuk memperebutkan traffic yang bernilai uang.

Dimana ada gula, di situ pasti ada semut. Dan ada berbagai model ‘SEMUT’ dengan tingkah dan kemampuan yang tidak terukur.

Ini adalah persaingan global! Karena peringkat yang baik untuk kata kunci bernilai bisnis; bisa membuat siapa pun kaya! Mendapat uang hingga ke jumlah yang tidak terpikirkan.

SEO bekerja dengan membantu perayap mesin pencari dan algoritme mengakses dan memahami konten website, memungkinkan mereka untuk mengetahui apakah halaman itu adalah pilihan terbaik untuk permintaan pencarian.

Sederhana, jika sebatas itu bukan?

Nah, berbicara tentang apakah situs layak mendapat peringkat, ini artinya perlu memahami sejumlah faktor perinkat. Google sebagai mesin pencari terpopluer di dunia, menyebutkan bahwa, mereka setidaknya memiliki 200 ranking factor yang diperhitungkan dalam penentuan peringkat.

Untuk hal-hal esensial, faktor peringkat yang diperhitungkan saat ini, itu mulai dari seperti memberi label (tag alt) dengan benar pada gambar, hingga menata seluruh pendekatan untuk pengembangan konten. 

Salah satu kunci adalah membuat konten dengan bahasa deskriptif. Itu seharunya, sangat jelas untuk dipahami pengguna serta menyertakan frasa kunci yang berpotensi ditelusuri pengguna saat mencari informasi, produk, atau layanan yang terkait dengan bisnis. 

Bahkan dalam hal ini, beberapa kehalusan dan kehati-hatian diperlukan; mencoba mempermainkan algoritme mesin pencari dengan metode black hat SEO akan menjadi bumerang di masa akan datang.

Faktor-faktor lain yang berkontribusi pada SEO termasuk relevansi kata kunci, pengalaman situs, arsitektur situs, hingga ke faktor eksternal seperti backlink—berapa banyak website lain yang menautkan secara organik. Namun pada akhirnya, kunci utama tetap kembali ke konten. Kemampuan Anda menyesuaikan konten dengan hal-hal yang dicari audiens.

Mengapa SEO Penting?

SEO penting karena ini menyangkut potensi bisnis dari traffic organik itu sendiri. Saat pengguna mengklik hasil URL situs di halaman hasil pencari, seperti Google, itu adalah cara mengarahkan pengunjung dari internet ke halaman website Anda. Secara GRATIS!

Faktanya, pencarian organik dapat mengarahkan kunjungan website, sebanyak 94 persen lebih besar dari iklan — dan sebagai hasilnya, lebih dari setengah dari semua lalu lintas website dimulai dengan pencarian. 

Jadi, jika situs bisnis tidak muncul di hasil pencarian, itu artinya akan kehilangan setengah dari audiens potensial. Yang bernilai dengan tingkat konversi tinggi.

Website bisnis, tidak cukup hanya muncul di hasil pencarian; melainkan harus mendapat peringkat yang baik juga. Inilah yang menjadi alasan bahwa, apa itu SEO menjadi menarik bagi seluruh pemasar online.

Banyak studi menunjukkan bahwa, lima hasil pencarian teratas Google mendapat traffic lebih dari dua pertiga (67,6 persen) dari total klik yang terjadi. Source: Forbes – The Value Of Search Results Rankings

Namun, peringkat yang baik lebih, memang lebih mudah untuk diucapkan. Tapi akan sulit untuk dilakukan. Jika ada cara sederhana dan pasti untuk mengelabui mesin pencari agar memberi peringkat website lebih tinggi, semua orang akan melakukannya (dan jangan salah—banyak orang sudah mencobanya). 

Berada di daftar halaman pencarian mungkin gratis. Tetapi siapa pun tidak dapat membayar untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik secara organik. Kecuali Anda beriklan. Dan itu namanya, bukan hasil organik!

Meningkatkan peringkat website—menggunakan teknik SEO—adalah seni gelap yang sangat dinamis. Membutuhkan perpaduan khusus antara strategi, sains, seni dan kreativitas. Dan harus inovatif!

Karena, fakta lain tentang bagaimana mesin pencari melakukan update algoritma untuk menyempurnakan pengalaman pengguna menjadi lebih baik— itu artinya standar kualitas SEO juga, secara otomatis meningkat. Sepanjang waktu!

Pada Akhirnya, SEO Masih Jauh Dari Mati!

Alasan utama mengapa kami masih membicarakannya tentang apa itu SEO, secara terus-menerus, ini mencoba untuk mengikuti perkembangan baru SEO, untuk meramalkan apa lagi yang harus dilakukan untuk tetap menjadi terdepan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top